Friday, September 18, 2020
Home / Uncategorized / Tips Menabung Agar Uang Tak Sekedar Lewat

Tips Menabung Agar Uang Tak Sekedar Lewat

Tips Menabung

Tips Menabung

Siapa yang kalau habis gajian merasa jadi orang terkaya di dunia? Tapi 3 hari setelah gajian, jiwa misqueen meronta-ronta? Lalu bilang, “ah, nggak masalah 27 hari lagi udah gajian”. Jangan sampai terulang terus seperti itu tiap bulan ya.

Biasanya orang beralasan tidak bisa menabung karena gaji pas-pasan, pengeluaran memang banyak, tergoda diskon di pusat perbelanjaan, atau duit habis sebelum nabung karena keseringan nongkrong unyu.

Zaman sekarang orang yang keren bukan karena pakai barang-barang branded nan mahal kok. Juga bukan karena kendaraan apa yang mereka pakai. Justru orang keren itu yang financial freedom (kebebasan finansial).

Financial freedom hanya akan menjadi jargon atau impian saja jika tidak dikaitkan dengan tujuan finansial. Head of Wealth Management & Client Growth Commonwealth Bank, Ivan Jaya, seperti dikutip Liputan6, mengatakan, sangat penting untuk menentukan tujuan finansial, kemudian menentukan strategi yang tepat untuk mencapainya.

Berikut beberapa tips menabung agar uang tak sekedar lewat:

1. Catat Pengeluaran

Di tahap mencatat pengeluaran ini kita bisa mengetahui berapa banyak pengeluaran setiap bulannya mulai dari pengeluaran untuk makan, ngopi, belanja bulanan dan lain-lain.

Setelah mengumpulkan semua data pengeluaran, kelompokkan masing-masing pengeluaran ke kategori seperti transportasi, sembako, cicilan rumah atau biaya kontrakan, dan jumlahkan semua totalnya.

2. Lunasi Utang

Ingin menabung tapi masih memiliki utang yang menggunung? Lebih baik mulai dengan melunasi utang-utang terlebih dahulu. Jika sudah bebas dari lilitan utang dan bunganya, uang tersebut bisa dimasukkan ke tabungan.

3. Buat Tujuan Menabung

Salah satu tips menabung untuk masa depan paling yang membantu adalah dengan menetapkan tujuan menabung. Pikirkan kalian ingin menabung untuk jangka pendek atau jangka panjang.

Tabungan jangka pendek misalnya untuk biaya liburan atau down payment mobil baru. Tabungan jangka panjang misalnya untuk down payment mobil, pendidikan anak atau pensiun.

Setelah menentukan tujuannya, bisa menentukan berapa banyak uang yang butuh untuk ditabung dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai jumlah tersebut.

4. Sisihkan di Awal Bulan

Setelah gajian, sebaiknya langsung pisahkan uang yang hendak ditabung sebelum menggunakan sisanya untuk kebutuhan yang lain. Tapi sebelumnya, tentukan dulu berapa persen uang yang ingin disisihkan, sebaiknya jangan muluk-muluk agar tidak menghambat proses menabung.

Dilansir Wolipop, persentase uang yang disisihkan bisa berkisar 10-15% dari pendapatan. Agar tidak ribet, kalian juga bisa mengatur auto debit di bank agar bisa langsung mengirimkan uang ke rekening tabungan tiap bulannya.

5. Kurangi Pengeluaran Tidak Penting

Tips menabung jangka panjang lainnya adalah dengan mengurangi pengeluaran tidak penting. Misalnya saat pagi atau sore hari sering beli bubble tea atau kopi kekinian di kafe.

Mungkin segelas kopi tersebut terbilang murah, tapi jika dihitung jumlahnya selama satu bulan cukup besar dan bisa menggerogoti pendapatan. Jika memang doyan ngopi setiap hari, coba ganti dengan menyeduh segelas kopi sendiri di kantor yang pasti lebih hemat dibanding segelas kopi kekinian.

6. Simpan Uang Receh

Jangan sekali-kali meremehkan uang receh ya! Pernah dengar orang beli HP pakai uang receh? Mulai sekarang simpan uang recehan yang sering kamu dapatkan dari kembalian. Biasanya banyak orang yang suka mengabaikan uang recehan, padahal uang recehan itu sangat membantu. Tanpa disadari uang recehan jika dikumpulkan juga akan jadi banyak.

7. Download dan Pakai Aplikasi Tabungan dari HP

Kalau masih kesulitan mencatat pengeluaran, kamu bisa memanfaatkan aplikasi smartphone, yakni dengan menggunakan aplikasi tabungan.

Sudah banyak aplikasi yang tersedia seperti Wally, Spendee, Dompetsehat dan lain sebagainya di smartphone kamu. Aplikasi tersebut bisa cukup membantu kamu untuk mengetahui seberapa banyak pengeluaran yang telah kamu keluarkan untuk berbelanja dan lain sebagainya. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk menabungkan uang kamu, karena sudah memiliki rincian pengeluaran.

Selamat menabung ya!

Cek Artikel Ini Sis..

Ujian Nasional Dihapus, Ini Daftar Nama Jadulnya

Ujian Nasional (UN) dihapus mulai 2021. Nantinya, UN akan diganti dengan konsep Asesmen Kompetensi Minimum …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.