Tuesday, March 31, 2020
Home / Rumah Tangga / Tips Mencuci Baju Putih

Tips Mencuci Baju Putih

kaos atau baju putih
Kaos putih

Pemutih pakaian bikin baju putih cepat rusak? Baju putih memang rentan menguning dan menjadi kusam. Jangan kuatir, ada beberapa tips mencuci baju putih yang terlanjur terkena noda.

Baju putih yang bernoda harus segera dicuci agar tidak susah dibersihkan.

1. Roti gandum putih

Untuk menghilangkan noda lipstik atau foundation, kamu bisa menggunakan sepotong roti putih. Kamu bisa Gosokkan roti tersebut di bagian noda pada baju, kemudian cuci seperti biasa.

2. Gunakan cairan pencuci piring, peroksida, dan soda kue

Campurkan cairan pencuci piring, peroksida, dan soda kue. Kemudian oleskan dengan kuas pada bagian baju putih yang terkena noda.

Kamu juga bisa merendam baju tersebut dalam 2 liter air yang dicampur campuran tadi.

3. Pembersih kaca

Untuk menghilangkan noda dari spidol pada baju putih, kamu bisa menggunakan pembersih kaca. Semprotkan pembersih kaca pada bagian noda dan diamkan selama 5 menit. Kemudian cuci pakaian seperti biasa.

4. Amonia

Gunakan amonia untuk menghilangkan noda membandel seperti darah. Usahakan untuk menggunakan sarung tangan dan buka ventilasi udara.

Rendam baju dengan amonia dan tambahan hidrogen peroksida dalam 2 liter air, kemudian cuci dengan detejen biasa.

5. Aspirin

Masukkan 3 atau 4 butir aspirin ke dalam mesin cuci untuk mengurangi noda kekuningan pada baju putih kamu. Kamu juga bisa menggunakannya langsung ke noda pakaian tersebut.

Rendam pakaian dengan aspirin kemudian diamkan beberapa jam, lalu kamu bisa mencuci baju putih seperti biasa.

6. Kapur

Dilansir Liputan 6, kapur bisa digunakan untuk menghilangka noda minyak. Gosoklah pakaian yang terkena noda minyak dengan kapur sebelum mencucinya.

Kapur dapat menyerap dengan bagus dan bisa mudah mengangkat noda minyak.

7. Lemon

Air lemon juga dipercaya mampu menghilangkan noda pada baju putih. Caranya sebelum mencuci baju tersebut, rendamlah di air lemon beberapa saat sebelum mencucinya.

8. Asam borat

Asam borat cocok untuk menghilangkan noda kuning akibat keringat. Campurkan satu sendok makan asam borat dengan air dan oleskan ke noda.

Biarkan selama 15 sampai dengan 20 menit, lalu cuci seperti biasa. Kamu juga bisa menambahkan asam borat dengan detergen saat mencuci menggunakan mesin cuci.

9. Bubuk pencuci piring

Jika kamu ingin mendapatkan warna pakaian seperti baru, kamu bisa menambahkan bubuk pencuci piring dengan deterjen dalam ukuran yang sama, kemudian gunakan untuk mencuci pakaian.

Perlu diingat ya, kamu harus mencuci baju putihmu dengan segera setelah terkena noda. Jangan tunggu beberapa hari baru dicuci.

Selain itu, mencuci baju putih juga harus dipisah dengan pakaian lain yang berwarna agar tidak kelunturan. Siap baju putihmu kembali kinclong?

Cek Artikel Ini Sis..

Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir

Usai banjir perlahan surut, ada pekerjaan rumah yang menunggu. Yaitu membersihkan rumah dan isinya. Berikut …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.