Thursday, October 1, 2020
Home / Beauty / Mau Punya Kulit Sehat? Ini Rahasianya

Mau Punya Kulit Sehat? Ini Rahasianya

Memasuki ke usia 25 tahun, proses regenerasi kulit tidak lagi sebagus saat masih ABG, skin barrier semakin mudah rusak, dan juga produksi kolagen semakin berkurang. Atau dengan kata lain, kerutan makin mudah muncul dan elastisitas kulit jadi berkurang. Saat masuk usia mid-twenties sebetulnya kita sudah mulai harus waspada terhadap proses penuaan pada kulit wajah. Maka dari itu sebenarnya merubah kebiasaan kita sehari-hari sejak dini menjadi penting untuk menjaga keremajaan kulit. Berikut beberapa kebiasaan baik yang bisa kita mulai sejak dini.

Lebih Banyak Makan Sayur dan Buah

Sayur dan buah-buahan yang mengandung banyak antioksidan di dalamnya, bisa membawa manfaat baik untuk tubuh sekaligus kulit. Antioksidan yang dipercaya bisa bantu menangkal radikal bebas, dan tentunya membantu memperlambat proses penuaan pada kulit. Beberapa sayur dan buah yang mengandung banyak antioksidan di antaranya adalah, buah delima, alpukat, tomat, blueberry, dan juga bayam.

Gunakan Produk Anti-Aging

Tidak ada salahnya jika fokus memakai produk yang bisa mencerahkan kulit. Kondisi kulit kusam dan bintik hitam juga termasuk dari tanda penuaan yang bisa muncul di wajah kita. Tapi, kulit kendur dan kerutan juga hal yang harus kita pikirkan cara mengatasinya. Jadi, supaya kedua masalah tersebut bisa diatasi dengan baik, kamu bisa coba produk anti-aging yang juga punya manfaat mencerahkan wajah.

Jaga Jam Tidur

Kulit wajah kita bisa lebih cepat menua salah satunya adalah gara-gara stres. Salah satu cara untuk menstabilkan hormon pemicu stress (kortisol) adalah dengan tidur yang cukup. Dilansir Female daily, dengan tidur selama 7-8 jam sehari, akan membantu tubuh memproduksi kolagen dengan lebih baik. Artinya, elastisitas kulit juga bisa terjaga dengan baik sehingga menjadikan wajah kita tetap terasa kenyal. Tidur yang cukup juga bisa membantu melancarkan peredaran darah, sehingga sel-sel dalam tubuh bisa ternutrisi lebih baik dan membuat kulit terhindar dari tampilan yang kusam.

Olahraga

Saat berolahraga, tentunya jantung akan berdetak lebih cepat, sehingga pembuluh darah jadi melebar dan akhirnya sirkulasi oksigen serta nutrisi ke seluruh tubuh menjadi lebih baik dan pastinya akan terlihat ke area wajah juga. Kulit lebih glowing dan segar adalah efek instan yang bisa terlihat saat kita berolahraga. Efek jangka panjangnya adalah, olahraga yang rutin bisa bantu meningkatkan produksi kolagen dan membentuk otot jadi lebih kencang. Jadi, secara otomatis, kalau otot lebih kencang, kulit kita juga nggak akan terlihat kendur.

Lindungi Kulit Dari Sinar UV

Salah satu hal yang sangat penting adalah memakai sunscreen. Sinar UVA dan UVB yang makin mudah merusak kulit menjadi salah satu sumber utama penuaan kulit (photoaging). Kalau kulit tidak dilindungi oleh sunscreen, maka photoaging ini akan mengurangi serat elastin kulit serta kolagen di dalamnya. Kerusakan pada elastin dan kolagen ini lah yang bisa menyebabkan kulit jadi kendur, berkerut, kering, dan menurunkan fungsi kekebalan kulit kita. Belum lagi sinar UV ini bisa memicu produksi melanin sehingga pigmentasi pada kulit akan lebih rentan terjadi.

Cek Artikel Ini Sis..

Bagian yang Sering Terlewatkan Saat Menggunakan Sunscreen

Penggunaan krim tabir surya atau sunscreen sudah mulai banyak diterapkan mengingat pentingnya melindungi kulit dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.