Saturday, July 27, 2024
Home / Kesehatan & Sex / Manfaat Membaca untuk Kesehatan

Manfaat Membaca untuk Kesehatan

093417_womanreadbookts

Kehadiran buku digital disebut mempermudah orang untuk membiasakan membaca. Meski tidak dapat dipungkiri jika tidak sedikit orang yang lebih memilih membaca buku fisik dibandingkan buku digital.

Keduanya memang memberikan kelebihan masing-masing dengan tujuan untuk membuka jendela pengetahuan sang pembaca. Ternyata, membaca buku menyimpan manfaat untuk kesehatan.

Tidur Lebih Lelap
Sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh National Sleep Foundation pada orang berusia 13 – 64 tahun, sekitar 43 persen merasa tidak pernah tidur nyenyak di malam hari. Hal tersebut tidak terlepas dari kebiasaan satu jam jelang tidur yang digunakan untuk mengakses perangkat berbasis teknologi yang memancarkan cahaya yang membuat otak tetap terjaga.

Berbeda dengan orang yang memiliki kebiasaan membaca yang ada saatnya membuat otak merasa lelah hingga membutuhkan waktu istirahat. Mereka yang memiliki kebiasaan membaca di pagi, siang atau sore hari diketahui tidur lebih lelap dan berkualitas di malam hari. Seperti dilansir Dream.

Lebih Kreatif
Bagi anda yang dituntut untuk selalu menghasilkan karya-karya kreatif, maka membaca adalah kuncinya. Selain dilatih untuk berpikir kritis dalam menarik benang merah dari sebuah buku, otak mendapatkan stumulus untuk menghasilkan karya dan inovasi baru.

Menurunkan Stres
Penelitian yang dilakukan oleh Mindlab International di University of Sussex menemukan aktivitas membaca membuat otak bekerja lebih keras dan cepat dibandingkan aktivitas lainnya. Sekitar 68 persen peserta yang membaca hanya dalam waktu enam menit diketahui mengalami penurunan stres.

Cek Artikel Ini Sis..

Efek Samping Terlalu Sering Pakai Hand Sanitizer

Merebaknya pandemi virus corona membuat lebih hati-hati dengan melakukan tindakan preventif. Salah satu cara yang …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.