Friday, September 25, 2020
Home / Kesehatan & Sex / Hindari Makanan Ini Saat Mau Tidur

Hindari Makanan Ini Saat Mau Tidur

20130319-184327

Beberapa orang biasanya merasa lapar ketika mau tidur, entah karena makan malam yang terlewatkan atau makan malam yang terlalu awal dari jam makan biasanya. Ada makanan yang sebaiknya dihindari jika akan tidur. Sebab makanan-makanan ini tak hanya akan membuat Anda terjaga lebih lama, tetapi juga bisa mengganggu kualitas tidur.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari jika Anda tak ingin tidur Anda terganggu:

1. Cokelat hitam
Selain kafein, cokelat juga mengandung theobromine yang membuat orang insomnia atau sulit tidur. Dilansir Merdeka, Theobromine juga bisa memicu detak jantung sehingga akan membuat Anda gelisah serta tak bisa tidur cepat. Hindari mengonsumsi cokelat lima jam sebelum tidur.

2. Alkohol
Alkohol memang bisa membuat orang tidur lebih cepat. Namun alkohol akan membuat kualitas tidur Anda memburuk dan terganggu. Banyak orang yang terbangun tengah malam dan mengalami insomnia karena terlalu banyak minum alkohol. Selain itu, alkohol tak hanya membuat Anda kehilangan tidur nyenyak dalam satu malam, tetapi juga membuat Anda insomnia bermalam-malam setelahnya.

3. Makanan pedas
Penelitian mengungkap bahwa mengonsumsi makanan pedas di malam hari akan membuat kualitas tidur memburuk. Kualitas tidur partisipan yang baru makan makanan pedas menurun drastis. Jumlah jam tidur mereka menjadi lebih singkat dan mereka sering terbangun di malam hari.

4. Makanan berlemak
Makanan berlemak tak hanya membuat Anda cepat gemuk, tetapi juga bisa menyebabkan gangguan pada siklus tidur mereka. Makanan berlemak akan membuat orang kesulitan tidur dan menyebabkan orang sering terbangun di malam hari. Terdapat kaitan antara siklus tidur dengan proses pengolahan makanan berlemak dalam tubuh.

5. Kopi
Tentu sudah tak mengejutkan bahwa kopi yang mengandung kafein bisa membuat Anda insomnia dan terjaga lebih lama. Tak hanya itu saja, kafein di dalamnya juga membuat Anda sering terbangun di malam hari. Jika ingin tidur nyenyak, konsumsi minuman berkafein paling lambat enam jam sebelum tidur.

Itulah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari jika ingin tidur nyenyak. Makanan di atas tak hanya bisa membuat Anda sulit tidur, tetapi juga menurunkan kualitas tidur dan membuat Anda sering terbangun di malam hari.

Cek Artikel Ini Sis..

Cara Mencegah Penularan Virus Corona Menurut WHO

Virus ini diperkirakan berasal dari hewan, seperti kelelawar dan unta, dan bisa menular dari hewan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.