Thursday, October 1, 2020
Home / Woman Techno / Kecanduan Socmed Bikin Orang Jadi Tidak Realistis

Kecanduan Socmed Bikin Orang Jadi Tidak Realistis

social_networking_iconpack_4523

Apakah Anda termasuk orang yang ingin selalu update dengan social media (socmed)? Mulai dari facebook, twitter, sampai instagram. Menyenangkan memang, namun socmed membuat Anda berubah lho. Mulai membuat orang menjadi tidak realistis, membuat orang ingin menjadi seleb twit, ketagihan ‘like’, hingga membuat orang suka melakukan ‘pencitraan’ di social media

Berikut ini penjelasan dari efek samping dari kecanduan social media.

1. Melakukan ‘pencitraan’ di social media. Tidak semua status teman, twit, gambar, atau foto itu lebih indah dari yang sebenarnya terjadi. Bisa jadi di dunia sebenarnya, hal itu tak sebagus apa yang Anda lihat di ponsel.

2. Tanpa disadari, interaksi Anda di dunia nyata  jadi lebih terbatas, karena merasa dunia maya menawarkan apa yang lebih menyenangkan untuk dilihat atau untuk diperlihatkan.

3. ‘Mengoceh’ apapun tentang hidup agar orang lain tahu. Update status berkali-kali dalam sehari. Meski Anda memiliki akun pribadi, namun tak semuanya harus Anda ceritakan. Bagi orang lain, bisa jadi hal itu sangat mengganggu. Orang lain juga bisa memanfaatkan informasi itu untuk tindak kejahatan. Misalnya saat ia tahu Anda sendirian di rumah dan Anda mengatakannya di social media, kriminalitas bisa mengincar Anda.

4. Social media banyak digunakan untuk kepentingan ‘mendapat kesenangan’. Oleh karena itu, Anda jadi tidak sabar menanti liburan, karena Anda akan punya banyak foto untuk diunggah di FB atau Instagram. Memang tidak jadi masalah, namun banyak orang yang jadi lebih fokus akan hal-hal seperti ini daripada fokus pada hal penting seperti karir dan keluarga.

5. Bangga ketika mendapatkan ‘like’ atau retweet. Kalau sudah terobsesi, hal ini bisa membuat orang jadi tinggi hati. Seperti dilansir Vemale.

6. Ada efek samping yang tak disadari banyak orang. Banyak orang yang ingin menjadi seleb twit, seleb social media atau bangga dengan followers mereka yang lebih banyak daripada jumlah orang yang mereka ikuti.

7. Perasaan iri. Anda ingin mendapatkan kehidupan yang indah seperti yang Anda lihat di Instagram orang lain. Ingin memiliki pacar romantis seperti teman Anda di Facebook dan sejenisnya.

Mulai sekarang, tidak ada salahnya kalau kita bijak dalam menggunakan social media ya.

Cek Artikel Ini Sis..

Instagram Rilis Stiker Anti Bullying

Instagram meluncurkan koleksi stiker “Create Don’t Hate” terbaru di Instagram Stories. Stiker ini adalah bentuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.