Friday, October 2, 2020
Home / Rumah Tangga / Berapa Kali Seharusnya Mengganti Perlengkapan Kamar Tidur?

Berapa Kali Seharusnya Mengganti Perlengkapan Kamar Tidur?

Desain-Kamar-Tidur-Utama

Mengganti perlengkapan kamar tidur kadang masih sering terabaikan. Padahal ada beberapa perlengkapan yang justru menjadi sarang kuman. Kapan sebaiknya mengganti perlengkapan kamar tidur? Seminggu,sebulan atau berapa lama ya?

Kasur:  Dua Kali Setahun

Sebetulnya, Anda tidak perlu mencuci kasur bila tidak ada noda atau kotoran yang cukup menganggu. Namun sebaiknya coba membalikkan setiap enam bulan sekali. Untuk menjaga kebersihan sehari-hari, Anda bisa gunakan vacuum cleaner untuk bebaskan debu setiap mengganti seprai.

Bila kasur Anda terkena noda, sebaiknya sikat permukaan kaus dengan memakai sampo atau deterjen, yang dicampur air hingga berbusa. Cukup bersihkan arena yang terkena noda dengan spons yang telah dibasahi air hangat. Yang penting, jangan biarkan bagian dalam kasur basah atau lembab. Untuk mengeringkannya Anda bisa memakai kipas angin, hair dryer atau bisa juga dijemur di luar ruangan.

Seprei :  1 Minggu Sekali

Tahukah Anda kalau setiap orang melepaskan 25 gram sel kulit setiap minggunya?  Sel yang mati ini akan menjadi sumber makanan bagi 10.000 ekor tungau,  yang hidup di tempat tidur Anda. Nah, agar tempat tidur bebas dari tungau dan seprai selalu harum menyegarkan,  sebaiknya cucilah seprei setiap 7 hari sekali. Upayakan juga dengan menggunakan air  pada suhu 60 ° Celcius sehingga Anda tanpa memerlukan banyak deterjen.

Baju Tidur :  Dua Kali Seminggu

Tanpa disadari, kita mengeluarkan keringat setengah liter setiap malam. Keringat ini sebagian besar diserap oleh baju tidur atau pijama. Jika termasuk orang yang mandi teratur setiap hari, Anda boleh mengganti baju tidur setiap 3-4 hari. Namun, bila udara panas dan Anda tidur di kamar tanpa pendingin, usahakan ganti baju tidur setiap hari.

Bantal : Dua Kali Setahun

Menurut suatu penelitian seperti dilansir Wanitaindonesia, pada bantal yang sudah berumur dua tahun, 10 % beratnya akan terdiri dari serpihan kulit mati, tungau berikut kotorannya. Solusi untuk membunuh tungau, simpan bantal Anda dalam plastik dan letakkan dalam lemari es selama 6 jam. Anda juga harus mencuci bantal setiap enam bulan. Untuk sarung bantalnya cuci minimal dua kali seminggu.

 

Cek Artikel Ini Sis..

Ide Seru Mengisi Liburan di Rumah

Liburan di rumah aja? Jangan sedih, jangan gundah. Ada banyak cara kreatif agar liburan di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.