Tuesday, September 29, 2020
Home / Rumah Tangga / Siapkan Ini Sebelum Renovasi Rumah

Siapkan Ini Sebelum Renovasi Rumah

imagesf

Anda bingung karena hendak merenovasi rumah? Mulai tidak tahu apa dulu yang harus dilakukan, sampai khawatir perhitungan-perhitungan yang sudah dilakukan salah?

Tips dari Laman Ayahbunda berikut semoga bisa membantu Anda.

Sebelum melakukan renovasi rumah, sebaiknya perhitungkan kemampuan finansial Anda terlebih dahulu serta mengukur lamanya waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses renovasi.

  • Lakukan survey jumlah biaya total yang dibutuhkan, lalu siapkan dana cadangan sebanyak 30% dari jumlah biaya total. Sebab, seringkali dalam pelaksanaannya biaya yang harus dikeluarjan akan membengkak.
  • Setelah Anda memperoleh angka perkiraan biaya total beserta dana cadangan yang harus disiapkan, maka Anda dapat mulai menyisihkan dana untuk memenuhinya sejak jauh hari. Anda dapat menyediakan dananya dengan cara menabung atau berinvestasi.
  • Bila Anda berencana menyediakan dananya dengan cara mengambil pinjaman dari bank, pastikan Anda memiliki kemampuan finansial yang kuat untuk membayar cicilan setiap bulan. Yang ideal adalah jumlah cicilan setiap tidak lebih dari 30% penghasilan Anda.
  • Bila Anda bermaksud menerima tawaran kredit dana renovasi rumah yang saat ini banyak ditawarkan, lakukan perbandingan berdasarkan jangka waktu pembayaran, contohnya 5 tahun atau 10 tahun. Pilihlah yang sesuai dengan kemampuan Anda membayar cicilan.

Cek Artikel Ini Sis..

Ide Seru Mengisi Liburan di Rumah

Liburan di rumah aja? Jangan sedih, jangan gundah. Ada banyak cara kreatif agar liburan di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.