Saturday, July 27, 2024
Home / Kesehatan & Sex / Mata Sering Lelah? Ini Penyebabnya

Mata Sering Lelah? Ini Penyebabnya

James P. McCulley, ahli kesehatan mata University of Texas Medical School mengatakan, mata adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki otot paling aktif. Itulah mengapa banyak orang sering mengeluhkan rasa lelah pada mata.

Inilah penyebab mata lelah serta solusi mengatasinya:

1. Terlalu Lama di Depan Komputer dan Membaca
Mata terdiri dari tiga grup otot, salah satunya bekerja melihat objek berjarak dekat. Dilansir Vemale, semakin dekat jarak mata dengan objek, semakin berat kerja otot mata untuk membuat tampilan objek menjadi jelas. Sehingga mata akan mengalami kelelahan jika kita tak memberi jarak yang cukup saat bekerja menatap komputer atau membaca.

Cara mengatasinya, disela-sela bekerja lihatlah objek tertentu yang letaknya jauh agar mata rileks.

2. Jarang Berkedip Saat Bekerja
Menurut Dr. Ronald Schachar, seorang Association for the Advancement of Ophthalmologi, saat mata lelah, maka cenderung untuk lebih jarang berkedip sehingga mata mengalami kekeringan. Ini sering terjadi pada pegawai yang bekerja dengan komputer.

Disarankan untuk meninggalkan komputer tiap satu jam sekali, sekitar lima hingga sepuluh menit.

3. Pencahayaan yang Buruk
Otot -otot sphincter dan dilatory pada mata akan bekerja terlalu keras jika kita membaca denga n pencahayaan terlalu gelap atau terlalu terang.

Yang perlu dilakukan adalah mengatur pencahayaan ruangan hingga membuat mata nyaman. Jangan duduk dengan posisi menghadap matahari karena terlalu silau.

4. Gangguan Kesehatan Mata
Orang-orang yang mengalami rabun dekat yang memiliki otot ciliary yang bekerja lebih keras. Solusinya, jangan lupa memeriksakan mata walaupun merasa mata masih sehat dan normal.

Cek Artikel Ini Sis..

Efek Samping Terlalu Sering Pakai Hand Sanitizer

Merebaknya pandemi virus corona membuat lebih hati-hati dengan melakukan tindakan preventif. Salah satu cara yang …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.