Tuesday, September 29, 2020
Home / Kesehatan & Sex / Ruangan Ber-AC Tidak Menyehatkan

Ruangan Ber-AC Tidak Menyehatkan

hidup-sehat-di-ruangan-ber-ac

Bayangkan saat siang hari cuaca panas, kemudian Anda memasuki ruangan ber-AC. Nyessss, nyaman kan? Eits, tapi ternyata berada di ruangan ber-AC tidak sehat lho. Terutama Anda yang bekerja lebih dari 8 jam di ruangan ber-AC.

Penelitian membuktikan ketika kita sedang berada di luar ruangan atau ruang terbuka, tubuh memperkuat sistem kekebalan karena sel-sel darah putih bisa bekerja dengan efektif karena mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Berbeda dengan ketika berada di dalam ruangan ber-AC. Kesehatan Anda bisa saja terganggu.

Yang paling sering terjadi adalah infeksi pernafasan seperti flu dan pilek. Tak jarang juga Anda akan terserang sakit kepala juga tenggorokan gatal. Menurut konsultan bedah THT, Dr. Gauri Mankekar dari Hinduja Hospital yang dikutip Vemale, “AC membuat dingin melalui proses penguapan sehingga bisa mengeringkan selaput lendir di hidung dan juga mulut.” Padahal, hidung, sinus dan tenggorokan bergantung pada kelembaban yang berfungsi untuk melindungi kekebalan tubuh.

Ketika kondisi lembab, sel-sel imun mampu menarik virus, bakteri dan alergen ke dalam perangkap sebagai pertahanan tubuh. Sayangnya, kebanyakan AC tidak dilengkapi humidifier jadi malah menghasilkan udara kering. Ini yang kemudian melemahkan pertahanan tubuh.

Selain itu, sering terpapar udara dari AC juga bisa merusak kulit dan menghilangkan elastisitasnya. Parahnya, Anda juga bisa terkena gatal-gatal ketika terlalu sering berada di ruangan ber-AC.

Jangan panik dulu,  7Glitz juga berbagi tips untuk mengurangi dampak buruk karena berlama-lama di ruangan ber-AC:

1. Pastikan suhu AC di kantor tidak terlalu ekstrem. Paling tidak, tubuh Anda tidak terkejut ketika berpindah tempat dari luar dan masuk ke dalam ruangan. Ini bisa mempengaruhi kesehatan sendi Anda.

2. Pilih pakaian dengan bahan yang tidak terlalu tipis. Anda pasti apa yang terbaik untuk Anda pakai jika AC di kantor terlalu dingin. Setidaknya pilih pakaian dengan bahan yang bisa menghangatkan tubuh Anda.

3. Luangkan waktu untuk menghirup udara segar, bisa dilakukan ketika makan siang atau ketika pekerjaan tidak terlalu menumpuk.

4. Mengkonsumsi air putih yang cukup agar tubuh terhidrasi dengan baik. Jangan tunggu sampai merasa haus.

Cek Artikel Ini Sis..

Cara Mencegah Penularan Virus Corona Menurut WHO

Virus ini diperkirakan berasal dari hewan, seperti kelelawar dan unta, dan bisa menular dari hewan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.