Tuesday, August 11, 2020
Home / Woman Techno / Ingat! Pakai Handphone Juga ada Etikanya Lho

Ingat! Pakai Handphone Juga ada Etikanya Lho

139069_wanita-sedang-menelepon_663_382

Mudahnya akses komunikasi via handphone atau smartphone kadang membuat orang lupa diri. Mudahnya komunikasi justru bisa mengganggu kepentingan orang lain. Orang-orang di sekitar kita (terutama di tempat umum) bisa kesal jika kita tidak memiliki etika saat menggunakan handphone, smartphone atau iPad.

Jangan sampai smartphone yang kita pakai justru membuat kita tidak tampil smart karena tidak tahu etikanya. Agar kita tidak salah menempatkan diri, pelajari etikanya yuk?

Tidak Perlu Bersuara Keras Saat Menelepon

Saat Anda ada di ruang publik, akan lebih baik jika Anda berbicara dengan suara pelan saat berbincang melalui handphone. Sebisa mungkin lakukan pembicaraan singkat. Kalaupun Anda harus melakukan pembicaraan panjang, minta izin untuk meninggalkan meja makan, ruangan dan teman-teman Anda ke ruangan yang lebih sepi dan tidak banyak dilalui orang. PASTIKAN pembicaraan ini memang serius dan tidak dapat ditunda.

Melihat atau Membalas Pesan Tertulis

Saat berbicara dengan orang lain, hindari melihat pesan yang masuk, melihat status teman atau membalas pesan. Hal ini tidak sopan dan Anda dianggap tidak menghormati orang yang sedang Anda ajak bicara. Terutama saat Anda meeting, wawancara kerja, sedang dilayani oleh pramusaji, kasir dan sebagainya. Jika Anda mendapat pesan tertulis (yang dirasa sangat penting) dan ingin membaca atau membalasnya, mintalah izin (setelah selesai membicarakan hal serius).

Memilih Ringtone

Ada jutaan ringtone yang bisa Anda pilih, mulai dari musik, lagu, bahkan ringtone berisik yang mengganggu. Sebisa mungkin pilih ringtone klasik, apalagi jika Anda ada di kawasan umum. Ringtone dengan suara keras atau nada yang mengganggu apalagi tidak sopan bisa membuat orang lain tidak nyaman dan menatap Anda dengan pandangan sinis.

Silent atau Matikan Handphone Saat…

Anda berada di dalam bioskop, sedang wawancara kerja, sedang meeting, sedang melakukan pembicaraan penting, sedang berada di rumah ibadah, sedang berada di pemakaman dan sebagainya. Anda pasti tidak suka jika ibadah Anda terganggu karena suara ringtone orang lain, termasuk saat Anda nonton film di bioskop. Jika Anda tidak ingin mematikan handphone, pilih fungsi getar. Seperti yang disarankan Vemale.

Hindari Obrolan Pribadi

Obrolan pribadi butuh ruang pribadi. Jika Anda sedang berada di tempat umum, tunda obrolan ini. Jangan sampai orang lain tidak nyaman mendengar obrolan pribadi Anda. Dalam hal ini, termasuk obrolan kangen dengan pacar atau obrolan mesra lainnya, bagi Anda so sweet, tapi ini mengganggu kenyamanan orang lain, atau bahkan membuat orang lain risih.

Lebih Baik Menelepon Jika…

Lebih baik menelepon ketimbang SMS saat Anda membutuhkan informasi yang cepat. Termasuk saat Anda mengucapkan pesan duka cita, ucapan pernikahan dan berbagai kabar penting lainnya. Saat Anda mengirim pesan, belum tentu sang penerima langsung membaca pesan Anda.

Fokuslah Dengan Kendaraan Anda!

Jangan pernah menelepon saat Anda berkendara, termasuk mengetik SMS/BBM balasan, menulis status dan sebagainya. Fokuslah pada kendaraan Anda! Hal ini akan mendukung keselamatan Anda dan keselamatan pengguna jalan yang lain. Jika Anda sedang menunggu telepon penting dan berdering saat sedang menyetir kendaraan, pinggirkan kendaraan terlebih dahulu, baru angkat telepon.

Yang Harus Anda Ingat!

Hormati dahulu orang yang ada di hadapan Anda, sebelum menyentuh handphone (untuk mengecek email, status, BBM dan lain sebagainya). Jangan pernah membiarkan orang lain bicara pada Anda tetapi jari dan mata sibuk membalas pesan di handphone, itu sangat sangat tidak sopan.

Bijak memakai handphone akan membuat Anda dan orang lain nyaman.

Cek Artikel Ini Sis..

Instagram Rilis Stiker Anti Bullying

Instagram meluncurkan koleksi stiker “Create Don’t Hate” terbaru di Instagram Stories. Stiker ini adalah bentuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.