Saturday, July 27, 2024
Home / Rumah Tangga / Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir

Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir

membersihkan rumah setelahbanjir

Usai banjir perlahan surut, ada pekerjaan rumah yang menunggu. Yaitu membersihkan rumah dan isinya. Berikut ini tips membersihkan rumah setelah banjir:

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membersihkan rumah setelah banjir:

  1. Bersihkan barang yang terkena lumpur

    Bersihkan barang-barang atau perabotan terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan semprotan kebun atau selang untuk membersihkan secara maksimal.

  2. Bersihkan seluruh permukaan

    Bersihkan lantai dan tembok yang juga terkena lumpur. Jika memungkinkan bersihkan menggunakan air panas dan sabun pembersih. Pakai cairan desinfektan atau pembunuh kuman untuk memastikan tidak ada bakteri yang mengendap. Kamu harus memastikan area tersebut benar-benar kering agar tidak ditumbuhi jamur. 

  3. Pilah perabotan yang masih bisa digunakan atau yang harus dibuang

    Dilansir dari IDNTimes, kita sebaiknya menyelamatkan barang yang terendam banjir dalam kurun waktu 48 jam. Ini berfungsi untuk menghindari kerusakan dan kontaminasi lebih lanjut dari air kotor.

    Jangan ragu untuk membuang perabotan yang rusak karena air banjir. Misalnya karpet, peralatan kayu, kain, dan kasur yang terendam air lebih dari 24 jam. Menurut lamanEmbassy Cleaner, barang-barang tersebut tidak akan bisa kembali seperti semula dan mengandung berbagai kuman yang tidak baik untuk kesehatan. 

  4. Kembalikan barang yang masih bisa diselamatkan ke tempat semula

    Tempatkan perlatan elektronik, kayu, dan barang yang penting ke tempat lebih tinggi sebagai upaya berjaga-jaga. jika banjir datang lagi.

  5. Perhatikan furniture yang rawan berjamur

    Untuk perabotan yang terbuat dari kain, pastikan untuk menyikat semua lumpur yang tertinggal. Untuk bantal dan kasur, pastikan tidak ada area yang tertinggal agar tak ditumbuhi jamur. Jangan ragu pula untuk menyewa jasa profesional untuk membersihkannya sehingga kamu tak ragu saat memakainya kembali, terutama untuk membersihkan sofa.

  6. Pastikan tidak ada aliran listrik

    Periksa terlebih dahulu tidak ada sumber aliran listrik yang membahayakan selama proses pembersihan.

membersihkan rumah setelah banjir

Cek Artikel Ini Sis..

10 Aplikasi Fitness Terbaik untuk Meningkatkan Kebugaran Anda di Tahun 2023

10 Aplikasi Fitness Terbaik untuk Meningkatkan Kebugaran Anda di Tahun 2023 Meningkatkan kebugaran tubuh adalah …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.