Sunday, March 3, 2024
Home / Rumah Tangga / Ragam Kue Lebaran Malaysia yang Bikin Lidah Bergoyang

Ragam Kue Lebaran Malaysia yang Bikin Lidah Bergoyang

Ragam Kue Lebaran Malaysia yang Bikin Lidah Bergoyang

Hari raya atau lebaran adalah momen penting bagi masyarakat muslim di seluruh dunia, termasuk di Malaysia. Lebaran adalah waktu yang tepat bagi keluarga untuk berkumpul dan merayakan bersama-sama dengan sajian kue-kue lezat yang hanya muncul pada saat lebaran. Berbagai macam kue lebaran tersedia di Malaysia, dan setiap kue memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya unik, baik dari segi rasa maupun bentuk.

Berikut ini beberapa ragam kue lebaran Malaysia yang bikin lidah bergoyang:

1. Dodol

Dodol adalah kue tradisional Malaysia yang terbuat dari campuran gula kelapa, tepung ketan, dan santan. Dodol biasanya dibuat dalam bentuk persegi panjang atau bulat dan memiliki rasa manis yang khas. Kue ini sangat populer di Malaysia selama lebaran dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh.

2. Ketupat

Ketupat adalah makanan tradisional Malaysia yang tidak bisa dilewatkan pada saat lebaran. Ketupat terbuat dari tepung ketan yang dikukus dalam anyaman daun kelapa. Biasanya, ketupat dimakan bersama dengan rendang atau opor ayam.

3. Lapis Legit

Lapis Legit merupakan kue lebaran yang sangat populer di Indonesia dan juga Malaysia. Kue ini terbuat dari lapisan-lapisan tipis dari campuran telur, tepung terigu, dan mentega. Rasa manis dan teksturnya yang lembut membuat Lapis Legit menjadi salah satu kue lebaran favorit.

4. Kuih Karas

Kuih Karas merupakan kue tradisional Malaysia yang terbuat dari adonan tepung terigu, santan, dan parutan kelapa yang digoreng dalam minyak. Kue ini memiliki tekstur yang renyah dan gurih. Biasanya, Kuih Karas disajikan pada waktu sore menjelang maghrib.

5. Kuih Kapit

Kuih Kapit atau Kue Lapis merupakan kue lebaran yang sangat populer di Malaysia dan Singapura. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, santan, dan gula pasir yang digoreng antara dua plat perunggu sampai menghasilkan kue tipis dan renyah.

6. Serunding

Serunding merupakan makanan tradisional Malaysia yang terbuat dari daging yang dipotong-potong halus dan di masak dalam campuran rempah-rempah. Serunding biasanya disajikan bersama dengan ketupat.

7. Kuih Sepit

Kuih Sepit adalah kue tradisional Malaysia yang terbuat dari adonan tepung terigu, kelapa parut, dan gula. Kue ini kemudian digulung dan digoreng sampai setengah matang. Kue ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang manis.

8. Bahulu

Bahulu adalah kue tradisional Malaysia yang terbuat dari campuran tepung terigu, telur, dan gula. Kue ini biasanya dicetak dalam berbagai macam bentuk dan dibuat dalam jumlah yang banyak. Bahulu sering dijadikan oleh-oleh pada saat lebaran.

FAQs

1. Apa itu lebaran?

Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah hari raya yang dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia sebagai penutup bulan Ramadhan.

2. Apa saja kue-kue lebaran yang populer di Malaysia?

Beberapa kue lebaran yang populer di Malaysia antara lain dodol, ketupat, Lapis Legit, Kuih Karas, Kuih Kapit, Serunding, Kuih Sepit, dan Bahulu.

3. Apakah kue-kue lebaran di Malaysia hanya tersedia pada saat lebaran?

Ya, kue-kue lebaran hanya tersedia pada saat lebaran sebagai makanan khas lebaran.

4. Dapatkah kue-kue lebaran dihasilkan secara massal?

Ya, kue-kue lebaran dapat dihasilkan secara massal, terutama Bahulu dan Lapis Legit.

5. Apa keistimewaan dari kue Lebaran Malaysia?

Kue Lebaran Malaysia memiliki rasa yang sangat khas dan unik, serta biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh yang dapat dibawa pulang ke rumah.

Cek Artikel Ini Sis..

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera Kue kering lucu imut menjadi salah satu …