Friday, September 18, 2020
Home / Rumah Tangga / Hobi Traveling Bikin Rekening Tipis? Ini Solusinya

Hobi Traveling Bikin Rekening Tipis? Ini Solusinya

Waktu lagi liburan, segala tempat wisata rasanya ingin segera dikunjungi, tidak ketinggalan godaan kuliner lezat yang selalu menarik buat dicicipi. Belum lagi banyak oleh – oleh lucu yang ingin dibeli. Tapi, jangan sampai pulang liburan justru saldo rekening menipis lalu ingin nangis. Nggak mau kan ya, pulang hore – hore liburan terus sampai rumah nangis dan harus ngirit karena duit habis?

Untuk mencegahnya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan buat menghindarinya.

Buat Rencana Detail

Supaya kebahagiaan traveling nggak terenggut dengan kondisi keuangan yang nggak karuan usai liburan, saatnya lakukan perencanaan yang matang. Sebaiknya agendakan traveling jauh-jauh hari, dengan begitu kamu bisa mencari promo tiket pesawat atau hotel yang membantu menghemat budget. Selain itu, lakukan juga survey kecil-kecilan di kota tujuan, seperti hotel low budget yang murah tapi nyaman, makanan yang hemat di kantong, sampai transportasi yang dibutuhkan selama berada di tempat tujuan. Cara ini bisa membantu kamu membuat anggaran liburan yang tepat, jadi nggak perlu lagi bikin pusing setelahnya.

Atur dan Disiplin dengan Budget yang Sudah Dibuat

Dilansir Fimela, seringnya teori berbeda jauh dengan praktek. Budget memang sudah dipersiapkan dengan cermat, tapi sampai di tempat tujuan, malah pengeluaranmu melebihi dari yang sudah dianggarkan. Biar hal ini nggak terjadi, pastikan kamu disiplin dengan budget yang sudah ada. Biasanya pengeluaran membengkak untuk keperluan yang bisa diminimalisir, seperti membeli oleh-oleh atau terlalu banyak jajan selama liburan. Mau nggak mau kamu harus disiplin dengan anggaran yang sudah ada biar nggak sedih melihat saldo rekening saat pulang ke rumah nanti.

Sesuaikan Destinasi dengan Budget

Godaan paling utama saat liburan adalah keinginan mengunjungi semua destinasi yang ada di kota tujuan. Tapi, jelas hal ini bakal menghabiskan lebih banyak biaya. Jangan terlalu gelap mata saat melihat godaan spot traveling yang Instagramable. Sesuaikan destinasi yang dipilih dengan budget yang ada, pilih beberapa yang paling ingin dikunjungi. Kalau bisa melakukannya, keuangan bakal tetap aman saat liburan sudah berakhir.

Jangan Merasa Seolah Ini adalah Traveling Terakhir

Jangan merasa nggak ada waktu lagi untuk menjelajahi destinasi wisata yang menarik hati di Instagram. Jika belum semuanya dikunjungi, masih ada kesempatan traveling di lain waktu yang bisa digunakan untuk menuntaskan keinginan petualanganmu. Biar traveling hari ini bukan yang terakhir, pastinya kamu harus semangat menabung mempersiapkan budget jalan-jalan tersebut. Hal ini penting juga untuk menghindari stres finansial setelah traveling berakhir. Kalau perlu, bikin rekening khusus untuk tabungan jalan-jalan.

 

Cek Artikel Ini Sis..

Ide Seru Mengisi Liburan di Rumah

Liburan di rumah aja? Jangan sedih, jangan gundah. Ada banyak cara kreatif agar liburan di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.