Friday, June 21, 2024
Home / Rumah Tangga / 5 Resep Masakan Ikan Laut Berkuah yang Lezat dan Nikmat

5 Resep Masakan Ikan Laut Berkuah yang Lezat dan Nikmat

Ikan laut memang menjadi salah satu bahan makanan yang sangat populer di Indonesia. Tidak heran, banyak orang yang menyukai masakan ikan laut. Salah satu resep yang bisa dicoba adalah masakan berkuah. Berikut adalah lima resep masakan ikan laut berkuah yang lezat dan nikmat.

1. Sup Kepiting Bawang Putih
Sup kepiting bawang putih adalah masakan berkuah yang sangat kaya rasa dan cocok disajikan sebagai makanan pembuka. Untuk membuatnya, siapkan bahan seperti kepiting yang sudah dicuci bersih, bawang putih, jahe, kaldu ayam, santan, dan daun bawang. Pertama-tama, tumis bawang putih dan jahe hingga harum, lalu masukkan kepiting dan tumis beberapa menit. Setelah itu, tuangkan kaldu ayam dan masak hingga matang. Masukkan santan dan daun bawang, aduk hingga rata. Sup kepiting bawang putih siap disajikan.

2. Kuah Kunyit Asam Pedas
Kuah kunyit asam pedas adalah masakan berkuah yang gurih dan asam. Bahan yang dibutuhkan antara lain ikan tenggiri, kunyit, serai, daun salam, air asam, dan garam. Pertama-tama, tumis bumbu seperti kunyit, serai, dan daun salam hingga harum. Masukkan ikan tenggiri dan tambahkan air asam. Masukkan garam secukupnya, aduk hingga rata dan masak hingga ikan matang.

3. Gulai Ikan Tongkol
Gulai ikan tongkol adalah masakan berkuah yang sangat cocok disajikan saat santap malam bersama keluarga. Bahan yang dibutuhkan seperti ikan tongkol, santan, serai, daun jeruk, cabai merah, kunyit, dan garam. Pertama-tama, tumis bumbu seperti serai, daun jeruk, kunyit, dan cabai merah hingga harum. Masukkan ikan tongkol dan santan, masak hingga matang dan kuahnya menjadi kental.

4. Sop Ikan Kakap
Sop ikan kakap adalah masakan berkuah yang segar dan nikmat. Bahan yang dibutuhkan antara lain ikan kakap, wortel, kentang, bawang merah, bawang putih, jahe, garam, merica, dan kaldu ayam. Pertama-tama, tumis bawang merah, bawang putih, dan jahe hingga harum. Masukkan potongan ikan kakap dan tambahkan air hingga merendam ikan. Setelah itu, tambahkan wortel dan kentang ke dalam sup. Masak hingga semuanya matang dan kuahnya mendidih.

5. Soto Laut
Soto laut adalah masakan berkuah yang menyegarkan dan lezat. Bahan yang dibutuhkan seperti ikan tenggiri, santan, air asam, ketumbar, kunyit, daun jeruk purut, sereh, bawang putih, dan bawang merah. Pertama-tama, blender bumbu seperti ketumbar, bawang putih, bawang merah, kunyit, dan sereh. Tumis bumbu hingga harum, masukkan potongan ikan tenggiri, santan, dan air asam. Masukkan daun jeruk purut dan masak hingga semua bahan matang.

FAQs

Q: Haruskah ikan laut yang digunakan untuk masakan berkuah selalu segar?
A: Iya, ikan laut yang digunakan untuk masakan berkuah harus selalu segar agar tidak menimbulkan bau dan rasa yang tidak sedap.

Q: Bolehkah menggunakan ikan laut beku?
A: Sebaiknya tidak, karena ikan laut beku sering kali sulit diproses dan cenderung lebih berbau daripada ikan laut segar.

Q: Apakah santan wajib digunakan pada masakan berkuah?
A: Tidak, santan bukanlah bahan utama pada masakan berkuah. Namun, kehadiran santan bisa menambahkan kelezatan kuah pada masakan.

Q: Haruskah ikan laut diolah dengan cara dipanggang sebelum dimasak berkuah?
A: Tidak, tidak semua masakan berkuah memerlukan ikan laut yang dipanggang terlebih dahulu. Namun, ini tergantung pada bahan makanan dan selera pribadi.

Q: Bisakah resep masakan berkuah ikan laut disajikan dengan nasi?
A: Ya, resep masakan berkuah ikan laut sangat cocok disajikan bersama nasi putih.

Cek Artikel Ini Sis..

Perbandingan Lengkap Smartphone Terbaru 2024: Fitur, Performa, dan Harga

Perbandingan Lengkap Smartphone Terbaru 2024: Fitur, Performa, dan Harga Pendahuluan Tahun 2024 telah tiba, dan …