Thursday, October 1, 2020
Home / Beauty / Inilah Penyebab Mata Panda

Inilah Penyebab Mata Panda

Mata Panda

Lingkaran hitam di mata atau sering disebut mata panda membuat seseorang terlihat kelelahan. Biasanya orang lain mengiranya kurang tidur atau lembur bekerja. Penyebabnya tak hanya karena kelelahan tapi gaya hidup seseorang juga berpengaruh.

Apa pun gaya hidup seseorang, baik normal atau stres masih bisa menyingkirkan lingkaran hitam di mata.

Seperti dikutip dari Laman Liputan6 dalam istilah medis, lingkaran mata itu disebut lingkaran periorbital, yakni lingkaran gelap berwarna hitam di bawah mata dan dengan mudah terlihat karena itu merupakan pembuluh darah yang bisa dilihat melalui kulit.

Apalagi kulit di sekitar mata itu tipis. Jika muncul lingkaran hitam di mata, semakin bersih kulitnya akan semakin jelas noda hitam yang terlihat. Sebenarnya apa yang menyebabkan lingkaran hitam di mata?

1.  Paparan sinar matahari

Kebanyakan terkena sinar mata hari bisa menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak melanin sehingga terjadi penggelapan kulit di bawah mata.

2.  Hareditary

Lingkaran hitam bisa karena pigmen di area mata terlalu banyak. Ini umumnya terjadi pada orang keturunan Asia dan Afrika

3.  Alkohol

Alkohol bisa menyebabkan dehidrasi yang menyebabkan kulit disekitar mata lemah dan tenggelam.

4. Terlalu banyak makeup

Seberapa sering Anda berias? Kemungkinan bisa setiap hari. Apakah Anda membersihkannya? Tidur tanpa menghapus riasan mata bisa mengiritasi mata dan menyebabkan cairan berkumpul yang menyebabkan mata bengkak.

5. Merokok

Apakah Anda seorang perokok (biasa atau pasif)? Merokok bisa melemahkan kolagen di bawah mata, menyebabkan kerutan dini dan kendur.


6. Obat

Obat-obatan tertentu menyebabkan pembuluh darah membesar, sehingga menyebabkan kulit lebih gelap di bawah mata. Setipis apa pun kulit Anda, bisa membuat aliran darah terlihat dengan jelas.

7. Diet yang tidak seimbang

Para ahli percaya, kurangnya mineral seperti zat besi mengurangi pasokan oksigen yang dibutuhkan jaringan tubuh yang menjadi alasan mata menjadi bengkak.

8. Masalah kesehatan

Pada beberapa orang, tiroid atau masalah ginjal dapat menyebabkan penggelapan kulit di bawah mata.

9. Penuaan

Penyebab umum lainnya adalah usia karena bertambah tua, kulit kehilangan kolagen yang membuatnya menjadi tipis dan lebih lemah.

Cek Artikel Ini Sis..

Cara Mencegah Penularan Virus Corona Menurut WHO

Virus ini diperkirakan berasal dari hewan, seperti kelelawar dan unta, dan bisa menular dari hewan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.