Saturday, July 27, 2024
Home / Beauty / Cara Mudah Agar Kulit Wajah Sehat dan Cerah

Cara Mudah Agar Kulit Wajah Sehat dan Cerah

23Dr. Vinia, dokter spesialis kulit menjelaskan bahwa kulit sehat itu lebih penting dibanding kulit yang putih. Tidak hanya sekedar putih, kulit sehat adalah kulit yang cerah, bebas flek hitam dan jerawat, kenyal, flawless (mulus) dan glowy (bersinar). Cara mudah untuk mendapatkan kondisi kulit sehat adalah dengan melakukan perawatan wajah harian yang tepat. Berikut tipsnya:

Mengetahui Jenis Kulit
Sebelum merawat kulit, terlebih dahulu Anda harus tahu jenis kulit Anda. Apakah kulit kering, sensitif normal atau berminyak. Mengetahui jenis kulit sangat penting untuk menyesuaikan dengan produk yang akan dipakai.

Pembersihan
Sebaiknya mencuci wajah gunakan air hangat, agar pori-pori terbuka dan kotoran di dalamnya keluar lalu akhiri dengan air dingin. Selain itu hindari menggunakan sabun yang memiliki formula yang keras, karena dapat menghilangkan minyak alami kulit. Akibatnya kulit menjadi kering dan bersisik. Pilihlah sabun yang lembut dan tidak mengandung deterjen (busa). Bila memiliki kulit sensitif, hindari menggunakan produk perawatan yang mengandung parfum ataupun bahan pemutih karena dapat mengiritasi kulit.

Pelembab
Pelembab memiliki peranan untuk menarik kelembapan dari lingkungan ke kulit dan menahannya di kulit. Namun Anda juga harus berhati-hati, terlalu banyak menggunakan pelembab dapat merusak kulit, seperti timbulnya jerawat.

Waktu terbaik menggunakan pelembap adalah setelah mandi atau mencuci muka, ketika kulit masih dalam keadaan lembap, sehingga kelembapan dari moisturizer dapat tertahan di kulit lebih lama.

Tabir Surya
Dilansir Wanitaindonesia, sunblock atau tabir surya sangat penting digunakan untuk melindungi kulit dari sinar UV A & B, penyebab utama kanker kulit, kerutan dan bintik hitam. Sebaiknya, Anda menghindari aktivitas di luar rumah dari pukul sembilan pagi hingga pukul tiga sore dimana matahari sedang sangat terik dan sinarnya dapat merusak kulit.

Kosmetik
Selain untuk memberi efek cerah pada wajah, bedak juga dapat melindungi kulit dari debu dan polusi.

Perawatan Wajah Malam Hari
Perawatan malam hari tidak kalah penting untuk dilakukan. Gunakan serum dan krim malam, setelah wajah benar-benar bersih. Serum dapat memberikan nutrisi pada kulit dan krim malam dari meregenerasi kulit lebih cepat saat kulit istirahat.

Cek Artikel Ini Sis..

Kepoin Parfum “My ID is Gangnam Beauty”

Penasaran sama “Parfum My ID is Gangnam Beauty” yang jadi booming? Drama Korea (drakor) “My …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.