Saturday, July 27, 2024
Home / Beauty / Ini Lho Penyebab Flek Hitam di Wajah

Ini Lho Penyebab Flek Hitam di Wajah

penyebab-flek-hitam-di-wajah

Salah satu tanda penuaan kulit adalah flek. Kondisi flek adalah berupa bercak-bercak kecoklatan yang timbul pada permukaan kulit akibat proses penuaan. Kondisi tersebut diperburuk oleh kondisi paparan sinar matahari.

Dr. Vinia Permata memaparkan beberapa hal yang menyebabkan flek hitam, seperti dilansir Tabloidwanitaindonesia:

Hormon
Hormon bisa menjadi penyebab flek hitam di wajah. Seperti hormon estrogen, progesteron, dan MSH (Melanin Stimulating Hormone). Pigmentasi akibat hormonal biasanya terjadi pada trimester ketiga ibu hamil, namun penggunaan pil kontrasepsi juga dapat memicu hormon yang menyebabkan terjadinya flek hitam.

Genetik & Ras
Pigmentasi juga bisa dipengaruhi karena faktor keturunan. Biasanya timbul flek karena faktor keluarga yang mempengaruhi sekitar 20-70 persen. Selain itu, faktor ras juga mempengaruhi timbulnya flek. Biasanya dijumpai pada golongan Hispanik dan golongan kulit berwarna gelap.

Sinar Ultraviolet
Sinar matahari menjadi penyebab utama terjadinya flek hitam. Itulah mengapa menggunakan sunblock sangatlah penting untuk melindungi kulit dari jahatnya sinar ultraviolet. “Sinar Ultraviolet merusak gugus sulfihidril di epidermis sehingga tidak bisa berikatan dengan ion Cu dari enzim tirosinase. Akibatnya, tak ada yang menghambat proses pigmentasi yang menyebabkan pembentukan pigmen-pigmen yang akan terjadinya flek,” ungkap doker yang berpraktek di Erha Clinic itu.

Obat
Obat-obatan juga dapat memicu timbulnya pigmentasi atau flek di kulit. Jika seseorang mengonsumi obat-obatan difenilhidantoin, mesantoin, klorpromazine, sitostatik dan minosiklin maka flek bisa muncul.

Kosmetika
Terutama kosmetik yang mengandung parfum, zat pewarna atau bahan-bahan tertentu dapat menyebabkan fotosensitivitas atau produk-produk yang digunakan dan menjadi sensitif terhadap sinar matahari ketika digunakan.

Cek Artikel Ini Sis..

Kepoin Parfum “My ID is Gangnam Beauty”

Penasaran sama “Parfum My ID is Gangnam Beauty” yang jadi booming? Drama Korea (drakor) “My …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.