Thursday, October 22, 2020
Home / Info Glitz / Gaya Hidup ‘Minimalis’ yang Malah Bikin Duit Habis

Gaya Hidup ‘Minimalis’ yang Malah Bikin Duit Habis

gaya hidup minimalis

Gaya Hidup Minimalis

Gaya hidup minimalis saat ini makin banyak pengikutnya, terutama dari kalangan milenial. Sayangnya tidak semua orang yang menerapkan konsep hidup minimalis benar-benar memahaminya secara utuh.

Ada yang mendeklarasikan dirinya minimalis, karena memiliki rumah dan perabotan serba putih, berpakaian serba hitam putih, atau punya hobi baru yaitu membeli dekorasi rumah yang katanya sih ‘minimalis’.

Nah, 7Glitz akan membagikan apa saja kebiasaan yang sering dikira minimalis, tapi sebenarnya malah bikin duit habis.

  1. Makan di Luar Rumah
gaya hidup minimalis

Minimalis sering diidentikkan dengan jumlah barang yang dimiliki. Padahal selain barang-barang, ada kebiasaan yang tanpa disadari bikin dompet mengalami kebocoran halus, alias mendadak kehabisan duit sebelum waktu gajian tiba.

Pengeluaran untuk makan memang yang paling susah untuk dikendalikan, apalagi kalau dikit-dikit harus makan di luar rumah untuk mencoba kuliner baru, atau beli bubble tea yang lagi ngehitz. Padahal masakan ibu di rumah jauh lebih aman, hemat, dan yang penting nggak bikin duit cepat habis.

  1. Home Decor

Pernah nggak kalian nonton Youtube tiba-tiba ada video yang muncul di beranda, yang kontennya adalah minimalist room tour, atau makeover kamar tidur minimalis. Padahal justru isinya malah memperlihatkan isi rumah atau kamar dengan barang-barang baru dan banyak printilan atau dekorasi.

Sekilas terlihat minimalis dan lucu, tapi kalau dihitung-hitung, untuk membeli satu set bunga tulip lengkap dengan vasnya, cermin meja berbentuk lingkaran, meja warna kayu natural ala pinterest, berbagai tanaman dekorasi, atau karpet bulu warna putih yang dibilang minimalis itu, biayanya ternyata tidak sedikit.

Kalian harus benar-benar selektif, apalagi sekarang perabotan untuk dekorasi rumah semua tersedia lengkap di situs belanja online.
Ingat ya, sedikit demi sedikit, lama-lama menjad bukit. Begitu juga dengan belanjaan untuk mendekor rumah. Jangan mudah tergoda dengan review home decor jika tidak benar-benar membutuhkannya. Tanpa sadar banyak paket dekorasi datang, dan rumah kamu malah dipenuhi barang-barang dekorasi, yang akhirnya, jauh dari kata minimalis.

Rumah yang tidak diberi ruangan kosong dan penataan ruangan akan membuat ruangan tampak penuh, sesak, dan sempit.

Padahal yang kita perlukan adalah kamar atau rumah yang bersih dan mudah dibersihkan tanpa terlalu banyak barang. Bayangin ya, semakin banyak barang dekorasi, artinya makin banyak pula barang yang harus dibersihkan dari debu dan kotoran secara rutin.

Tidak terasa waktu seharian tiba-tiba habis untuk bersih-bersih debu di rumah. Padahal salah satu tujuan hidup minimalis adalah memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk hal produktif.

  1. Perabotan Rumah dari Toko dengan Embel-embel Minimalis.

Gaya hidup minimalis yang pertama kali dipopulerkan oleh orang Jepang ini membuat sejumlah brand menambahkan embel-embel minimalis untuk barang-barang yang mereka jual.

Mulai dari box organizer minimalis, set meja kursi minimalis, perlengkapan makan minimalis, hingga perlengkapan alat tulis minimalis. Padahal harganya sama sekali tidak minimalis.
Masih banyak toko lain yang menjual barang dengan warna dan kualitas yang tidak jauh berbeda tapi punya harga yang lebih terjangkau.

Kalian bisa memanfaatkan kotak sepatu bekas yang masih bersih menjadi box organizer, dibanding menyiapkan anggaran khusus untuk membeli tempat penyimpanan.
Tanpa sadar, uang yang kita miliki justru habis untuk membeli box organizer saja.

  1. Aktivitas Do It Yourself (DIY)

Melakukan aktivitas DIY yang sesuai dengan hobi akan sangat menyenangkan dan bisa menekan anggaran. Tapi, jika tidak benar-benar memahami caranya, justru akan menghabiskan lebih banyak uang untuk kegiatan tersebut. Apalagi kalau DIY yang dikerjakan tidak bertujuan untuk kebutuhan komersil yang menghasilkan uang.

Jadi, pastikan hobi DIY kamu bisa menghasilkan uang dan menghemat pengeluaran juga yah.

Itulah beberapa kesalahan dari konsep hidup minimalis yang sering tidak disadari.

Tags:

hidup minimalis
minimalis indonesia
gaya hidup minimalis
hidup minimalis marie kondo
hidup minimalis ala jepang
konmari
konmari method
marie kondo
seni hidup minimalis
fumio sasaki
goodbye things, barang yang tidak dibutuhkan minimalis

Cek Artikel Ini Sis..

Cuti Bersama 2020 Nambah 4 Hari, Cek Tanggalnya

Pemerintah merevisi jadwal hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2020, berdasarkan hasil rapat sejumlah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.