Friday, September 18, 2020
Home / Rumah Tangga / Menu Sahur Praktis

Menu Sahur Praktis

Berikut ini beberapa makanan berserat yang baik dikonsumsi saat sahur. Menu ini bisa disajikan tanpa ribet. Cocok untuk anak kos, atau yang bangun kesiangan dan mepet waktu imsak.

Sereal

Sereal juga mengandung serat yang tinggi. Sereal diperkaya vitamin dan mineral yang mampu memberikan nutrisi tambahan sebagai bekal selama puasa.

Roti

Kamu bisa coba menambahkan selai kacang, kerju lunak atau pisang saat mengonsumsi roti. Agar tidak mudah lapar saat berpuasa, dianjurkan makan sahur di akhir waktu sebelum imsak. Agar tidak mudah lapar dan tetap fit selama berpuasa dianjurkan minum air putih yang cukup.

Oats

Oats terbuat dari gandum utuh, menu ini mudah ditemukan di swalayan. Banyak oats instan yang dijual di pasaran dimana penyajiannya tinggal diseduh menjadi bubur. Kamu bisa menganti air putih hangat dengan yogurt atau susu segar untuk menyeduh oats. Kamu bisa menambahkan buah-buahan agar menambah serat pada menu sahur mu. Seperti dilansir Tribun.

Yogurt

Kamu bisa mengonsumi yogurt sebagai hidangan penutup sahur. Yogurt memiliki kandungan nutrisi seperti protein, kalsium, yodium, dan vitamin B. Menu olahan susu ini akan membuat kamu tidak mudah lapar saat berpuasa. Yogurt bisa dikombinasikan dengan sereal atau buah untuk menambah kandungan lain yang bermanfaat bagi tubuh.

Abon

Bahkan di luar bulan Ramadan, abon pada dasarnya memang selalu menjadi menu rekomendasi untuk anak kost. Sifat abon yang praktis dan dapat disimpan untuk waktu yang lama membuat abon cocok dijadikan sebagai salah satu menu praktis untuk sahur.

Kamu bisa melengkapi menu nasi dan abon dengan menu sayur seperti cah kangkung, sayur bayam, atau tumis sayuran lainnya. Jika tidak tersedia nasi, abon juga cocok dikonsumsi bersama dengan roti tawar.

Omelette sayuran

Selain murah, telur juga bergizi dan mudah diolah serta divariasikan. Salah satu menu telur yang paling praktis adalah omelette atau telur dadar. Campuran beberapa jenis sayuran seperti tomat, kubis, bawang daun akan membuat telur lebih lezat dan juga bergizi.

Jika merasa bosan dengan bentuk omelette, kamu bisa mencoba variasi telur orak-arik yang juga dikombinasikan dengan sayuran. Bahan lain seperti jamur atau kornet juga bisa menjadi pilihan dalam mengolah telur sebagai menu sahur.

Sup ayam dan sayuran

Membuat sup ayam dan sayuran tidak sulit, lho. Bahkan menu satu ini dapat dimasak dengan menggunakan magic com jika tidak tersedia kompor.

Jika ingin memasak menu yang satu ini, siapkan bahan-bahan sejak malam hari, sehingga saat sahur Anda dapat segera memasaknya. Bahan yang perlu disiapkan adalah seperti wortel, kentang, kubis, daun seledri, daging ayam tanpa lemak, dan kaldu ayam.

Rebus ayam bersama dengan wortel dan kentang. Setelah wortel empuk, segera masukkan bahan lainnya dan bumbu. Sup ayam siap dijadikan bersama dengan nasi untuk sahur.

Pasta

Pasta instan dengan pilihan berbagai macam saus dapat menjadi pilihan. Sebagai pelengkap, bisa ditambahkan sayuran seperti wortel atau kacang merah sebagai tambahan.

Sarden

Dilansir Laman Doktersehat, ikan yang dikemas kalengan ini juga ideal dijadikan sebagai menu sahur karena mudah disajikan dan tertunya bernutrisi tinggi. Sama seperti pasta, sarden juga bisa menambahkan bahan lain untuk sarden seperti sayuran atau bahkan sumber protein seperti tahu dan tempe.

Nasi goreng

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi goreng sangat sederhana, yaitu nasi dan bumbu nasi goreng. Kamu dapat menggunakan bumbu instan atau dapat juga membuat bumbu sendiri dari campuran cabai, bawang merah, bawang putih, dan juga tomat.

Tambahan telur mata sapi dapat membuat nasi goreng lebih bernutrisi. Jika tersedia, tambahan sayuran, kornet, atau daging ayam juga bisa menjadi pilihan untuk menambah kelezatan nasi goreng.

Susu

Sudah makan sahur tapi belum merasa kenyang? Kamu bisa menambahkan susu dalam menu sahur. Pilihlah susu rendah lemak untuk menu sahur. Susu juga baik untuk memenuhi kebutuhan protein selama berpuasa.

Buah-buahan

Sama halnya seperti susu, buah-buahan juga termasuk pelengkap menu sahur. Pilihan buah-buahan yang mengandung banyak cairan sangat baik untuk dikonsumsi saat sahur. Buah-buahan memiliki kandungan serat tinggi sehingga dapat membantu memelihara pencernaan selama berpuasa.

Cek Artikel Ini Sis..

Ide Seru Mengisi Liburan di Rumah

Liburan di rumah aja? Jangan sedih, jangan gundah. Ada banyak cara kreatif agar liburan di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.