Thursday, June 13, 2024
Home / Rumah Tangga / Resep Kue Kering Oven: Cara Mudah Membuat Kue Kering yang Renyah dan Enak

Resep Kue Kering Oven: Cara Mudah Membuat Kue Kering yang Renyah dan Enak

Resep Kue Kering Oven: Cara Mudah Membuat Kue Kering yang Renyah dan Enak

Kue kering merupakan salah satu jenis makanan ringan yang populer di Indonesia. Ada banyak sekali varian rasa dan bentuk kue kering yang bisa kita temukan, mulai dari kue sagu, kastengel, nastar, dan masih banyak lagi. Kue kering juga sering dijadikan sebagai camilan atau oleh-oleh saat berkunjung ke rumah teman atau kerabat.

Bagi kamu yang suka membuat kue di rumah, tentu saja mencoba resep kue kering oven adalah hal yang wajib. Selain lebih praktis, hasilnya juga lebih enak dan renyah dibandingkan dengan kue kering yang digoreng. Berikut adalah resep kue kering oven yang mudah dan praktis untuk kamu coba di rumah.

Bahan-bahan:

– 250 gram tepung terigu serbaguna
– 150 gram mentega tawar
– 100 gram gula tepung
– 1 butir telur
– 1/2 sendok teh vanili bubuk
– 1/4 sendok teh garam
– Topping sesuai selera (coklat, wijen, keju, dll)

Cara membuat:

1. Oven dipanaskan terlebih dahulu pada suhu 160 derajat Celsius.
2. Kocok mentega tawar hingga lembut dan berwarna pucat. Kemudian, tambahkan gula tepung dan vanili bubuk dan kocok lagi hingga tercampur rata.
3. Masukkan telur dan kocok lagi hingga tercampur rata.
4. Campur tepung terigu dan garam secara perlahan ke adonan mentega sambil terus diaduk. Pastikan adonan tidak terlalu kalis atau terlalu keras.
5. Ambil sedikit adonan dan bentuk sesuai selera (bisa bulat, kotak, atau lainnya). Letakkan di atas loyang yang telah dilapisi kertas baking.
6. Taburkan topping sesuai selera di atas kue yang telah dibentuk tadi.
7. Panggang kue dalam oven yang telah dipanaskan selama 15-20 menit atau hingga matang dan berwarna kekuningan.
8. Angkat kue dan biarkan dingin sebelum disajikan atau disimpan dalam toples atau wadah kedap udara.

Pro tips:

1. Penggunaan mentega tawar mempengaruhi rasa dan tekstur kue. Jika kamu ingin kue kering yang lebih renyah dan gurih, gunakan mentega asin atau mentega campur asin dan tawar.
2. Adonan yang terlalu kalis akan membuat kue kering keras dan susah dikunyah. Jika adonan terlalu kalis, tambahkan sedikit susu cair atau air.
3. Jangan meletakkan kue terlalu rapat satu sama lain pada loyang karena kue akan mengembang saat dipanggang.
4. Saat menaburkan topping di atas kue, gunakan sedikit saja agar tidak membuat kue menjadi berat dan tidak matang sempurna di bagian atas.
5. Jika kamu ingin membuat kue kering dalam jumlah yang banyak, gunakan loyang yang besar dan panggang dalam beberapa kali. Jangan memaksakan untuk memanggang semua kue dalam satu waktu karena hasilnya tidak akan merata dan kue bisa gosong di bagian atas.

Itulah tadi resep kue kering oven yang mudah dan praktis beserta pro tips dari kami. Selamat mencoba membuat kue kering di rumah dan jangan lupa untuk berikan sentuhan kreatif pada topping-nya agar lebih menarik dan lezat. Semoga berhasil!

Cek Artikel Ini Sis..

Perbandingan Lengkap Smartphone Terbaru 2024: Fitur, Performa, dan Harga

Perbandingan Lengkap Smartphone Terbaru 2024: Fitur, Performa, dan Harga Pendahuluan Tahun 2024 telah tiba, dan …