Sunday, March 3, 2024
Home / Rumah Tangga / Inspirasi Resep Kue Kering Tradisional Indonesia yang Lezat dan Mudah Dibuat

Inspirasi Resep Kue Kering Tradisional Indonesia yang Lezat dan Mudah Dibuat

Inspirasi Resep Kue Kering Tradisional Indonesia yang Lezat dan Mudah Dibuat

Kue kering tradisional Indonesia memang memiliki cita rasa yang khas dan tentunya menggugah selera. Biasanya kue kering ini disajikan pada saat momen spesial seperti hari raya Idul Fitri, Natal, Tahun Baru, atau pun acara keluarga. Namun bagaimana jika Anda ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah? Berikut adalah beberapa inspirasi resep kue kering tradisional Indonesia yang lezat dan tentunya mudah dibuat.

1. Kue Lidah Kucing

Kue lidah kucing adalah salah satu kue kering yang paling populer dan sangat mudah dibuat. Bahan yang dibutuhkan adalah kuning telur, mentega, gula halus, tepung terigu, susu bubuk, dan air. Pertama-tama, campurkan kuning telur dan mentega hingga rata, lalu tambahkan gula halus dan aduk lagi. Setelah itu, masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk rata kembali. Terakhir, tambahkan air hingga adonan bisa dibentuk dan masukkan ke dalam plastik segitiga. Kemudian, potong ujung plastik segitiga dan semprotkan adonan ke atas loyang yang telah diolesi mentega dan tepung terigu. Panggang selama sekitar 15-20 menit hingga berwarna keemasan.

2. Kastengel

Kastengel adalah salah satu kue kering yang memiliki rasa gurih dan keju yang khas. Bahan yang dibutuhkan adalah keju cheddar parut, mentega, tepung terigu, garam, dan kuning telur. Pertama-tama, campurkan keju cheddar parut dan mentega hingga rata, lalu tambahkan tepung terigu dan garam, aduk rata kembali. Bentuk adonan menjadi kotak-kotak kecil lalu olesi dengan kuning telur. Panggang selama sekitar 20 menit hingga berwarna kecokelatan.

3. Putri Salju

Putri salju adalah salah satu kue kering yang cocok untuk disajikan di acara-acara yang lebih formal. Bahan yang dibutuhkan adalah tepung terigu, tepung maizena, gula halus, mentega, dan vanili. Pertama-tama, campurkan tepung terigu, maizena, dan gula halus ke dalam satu wadah. Lalu masukkan mentega dan vanili, aduk rata hingga tercampur sempurna. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulat kecil dan panggang selama sekitar 15 menit hingga berwarna putih.

4. Nastar

Nastar adalah salah satu kue kering yang memiliki rasa manis dan asam dari selai nanas yang menghiasi bagian atasnya. Bahan yang dibutuhkan adalah tepung terigu, mentega, gula halus, kuning telur, susu bubuk, selai nanas, dan keju cheddar parut. Pertama-tama, campurkan mentega, gula halus, dan kuning telur hingga rata, lalu tambahkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk rata kembali. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulat kecil dan sisipkan selai nanas di tengah adonan, lalu tutup kembali dengan adonan. Olesi bagian atas kue dengan kuning telur dan taburi keju cheddar parut. Panggang selama sekitar 20-25 menit hingga berwarna kecokelatan.

5. Kue Bangkit

Kue bangkit adalah salah satu kue kering yang memiliki tekstur renyah dan melt-in-your-mouth. Bahan yang dibutuhkan adalah tepung ketan, tepung terigu, gula halus, santan, dan kuning telur. Pertama-tama, campurkan tepung ketan dan tepung terigu ke dalam satu wadah, lalu tambahkan gula halus dan aduk rata kembali. Setelah itu, masukkan santan dan kuning telur hingga adonan bisa dibentuk. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil dan panggang selama sekitar 20-25 menit hingga berwarna putih bersih.

FAQs

1. Berapa lama masa simpan kue kering tradisional Indonesia?

Masa simpan kue kering tradisional Indonesia bervariasi tergantung pada jenis kue dan cara penyimpanan. Umumnya, kue kering ini bisa bertahan hingga satu bulan jika disimpan dalam wadah kedap udara dan ditempatkan di tempat yang sejuk dan kering.

2. Bisakah kue kering tradisional Indonesia dijadikan oleh-oleh?

Tentu saja! Kue kering tradisional Indonesia sangat cocok dijadikan oleh-oleh karena tampilannya yang cantik dan tentunya memiliki citarasa yang lezat. Pastikan untuk memilih kue yang tahan lama agar bisa bertahan selama perjalanan.

3. Apa yang harus dilakukan jika adonan kue terlalu lembek atau terlalu keras?

Jika adonan kue terlalu lembek, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dibentuk dengan mudah. Sedangkan jika adonan terlalu keras, tambahkan cairan seperti air, susu, atau telur satu persatu hingga adonan menjadi lebih lembut.

Cek Artikel Ini Sis..

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera Kue kering lucu imut menjadi salah satu …