Sunday, March 3, 2024
Home / Rumah Tangga / Mudahnya Membuat Kue Lebaran Tanpa Oven

Mudahnya Membuat Kue Lebaran Tanpa Oven

Mudahnya Membuat Kue Lebaran Tanpa Oven

Lebaran sudah di depan mata, dan tentunya kita sudah mulai sibuk mempersiapkan segala sesuatunya termasuk kue khas lebaran. Namun, tak semua rumah dilengkapi dengan oven, sehingga membuat kue menjadi sedikit lebih sulit. Tak perlu khawatir, dengan beberapa tips dan trik berikut ini, kita masih bisa membuat kue lebaran yang lezat tanpa harus menggunakan oven.

1. Cara Memasak Menggunakan Rice Cooker

Tak banyak yang tahu bahwa memasak kue ternyata bisa dilakukan menggunakan rice cooker. Meski hasilnya berbeda dengan yang dihasilkan oven, tapi setidaknya kita bisa tetap menyajikan kue khas lebaran.

Cara membuatnya cukup mudah, pertama-tama kita siapkan adonan kue seperti biasa. Setelah itu, sediakan panci kecil dan hias dengan alas dari kain atau handuk. Tuangkan sedikit air ke dalam panci tersebut dan masukkan adonan kue ke dalamnya.

Berikutnya, masukkan panci kecil yang sudah diisi dengan adonan ke dalam rice cooker dan atur pengaturan menjadi mode memasak nasi. Biarkan selama kurang lebih 30-40 menit atau hingga adonan mengembang dan matang.

2. Menggunakan Steamer

Cara lain yang bisa digunakan untuk menggantikan oven dalam membuat kue lebaran adalah dengan menggunakan alat steamer. Alat ini bisa kita temukan dalam bentuk cetakan kue steamed yang biasa digunakan untuk membuat bolu kukus.

Caranya, kita ambil cetakan steamed dan oleskan margarin atau minyak goreng tipis-tipis ke dalamnya. Kemudian, tuang adonan kue ke dalam cetakan dan masukkan ke dalam steamer yang sudah dipanaskan sebelumnya.

Kita biarkan selama kurang lebih 30-40 menit hingga matang dan angkat dari steamer. Kue pun siap dihidangkan.

3. Menggunakan Wajan dan Teflon

Cara terakhir yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan wajan atau teflon. Langkah-langkahnya hampir sama dengan memasak kue di rice cooker, yang membedakan hanya menggunakan wajan sebagai alat memasak.

Pertama-tama, kita tuangkan sedikit minyak atau margarin ke dalam wajan atau teflon dan panaskan. Kemudian, masukkan adonan kue ke dalamnya dan tutup wajan dengan tutup rapat.

Biarkan selama kurang lebih 20-30 menit dengan mengecek bagian bawah kue agar tidak gosong. Jangan lupa untuk mengecek kematangan adonan agar tidak kurang matang atau bahkan gosong.

FAQs

1. Apakah hasil kue yang dihasilkan dari cara-cara di atas sama dengan menggunakan oven?

Tentu saja, hasil dari cara-cara di atas akan berbeda dengan yang dihasilkan dari oven. Namun, setidaknya dengan cara-cara di atas, kue masih bisa kita buat meskipun tidak dilengkapi dengan oven.

2. Apa saja kue yang bisa dibuat dengan menggunakan cara-cara di atas?

Kue apa saja bisa dibuat dengan cara-cara di atas, seperti kue nastar, bolu kukus, dadar gulung, klepon, dan lainnya.

3. Apa yang harus diperhatikan dalam membuat kue menggunakan cara-cara di atas?

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kue menggunakan cara-cara di atas adalah, memperhatikan kematangan adonan agar tidak terlalu matang atau kurang matang, serta menjaga agar tak gosong saat dimasak. Selain itu, perhatikan waktu memasak agar kue tidak terlalu lama ataupun terlalu singkat.

Cek Artikel Ini Sis..

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera Kue kering lucu imut menjadi salah satu …