Friday, June 21, 2024
Home / Rumah Tangga / Resep Kue Lebaran Khas Betawi yang Dapat Anda Coba di Hari Raya

Resep Kue Lebaran Khas Betawi yang Dapat Anda Coba di Hari Raya

Resep Kue Lebaran Khas Betawi yang Dapat Anda Coba di Hari Raya

Hari Raya Idul Fitri selalu menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh keluarga Indonesia. Salah satu hal yang selalu dinanti di hari tersebut adalah kue lebaran. Kue lebaran menjadi simbol dari tradisi dan budaya masyarakat Indonesia. Salah satu kue lebaran yang tidak boleh terlewatkan adalah kue khas Betawi. Kue satu ini selalu menggugah selera dengan rasa manis yang memikat. Berikut adalah beberapa resep kue lebaran khas Betawi yang dapat Anda coba di rumah.

1. Kue nastar keju

Kue nastar keju adalah varian nastar yang terbuat dari tepung terigu, margarin, gula, telur, keju, dan selai nanas. Cara membuatnya adalah campurkan terigu, margarin, dan gula hingga rata. Lalu, campurkan dengan telur dan keju hingga kalis. Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga dan bentuk sesuai dengan selera. Oleskan dengan selai nanas dan masukkan dalam oven selama kurang lebih 20 menit. Matikan oven dan biarkan nastar keju dingin.

2. Kue putri salju

Kue putri salju termasuk dalam kelompok kue kering yang mudah disajikan. Kue ini cukup terkenal di banyak daerah di Indonesia, termasuk Betawi. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu tepung terigu, maizena, mentega, dan gula halus. Campurkan semua bahan dalam wadah dan aduk hingga rata. Ambil sedikit adonan dan bulatkan lalu panggang selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, dinginkan terlebih dahulu. Masukkan kue ke dalam wadah yang berisi gula halus, agar gula akan menempel sempurna dengan kue.

3. Kue kaastengel

Kue kaastengel merupakan kue kering yang terbuat dari tepung terigu, margarin, telur, keju cheddar, dan garam. Campurkan tepung terigu dengan margarin hingga rata. Lalu, masukkan telur satu per satu dan aduk hingga kalis. Masukkan keju cheddar yang sudah diparut. Adonannya kemudian dipotong-potong dan dibentuk seperti huruf V yang berjajar. Panggang selama kurang lebih 15 – 20 menit.

4. Kue lapis legit

Kue lapis legit merupakan kue yang sangat populer di Indonesia dan seringkali dijadikan sebagai cemilan saat hari raya. Untuk membuat kue lapis legit, Anda membutuhkan bahan seperti tepung terigu, mentega, gula pasir, telur, susu kental manis, coklat bubuk, tepung maizena, dan baking powder. Campurkan mentega dan gula, lalu tambahkan telur satu per satu hingga rata. Masukkan tepung terigu yang sudah diayak dan aduk rata. Lalu tambahkan coklat bubuk, susu kental manis, tepung maizena, dan baking powder. Aduk rata dan masukkan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega dan dioven selama kurang lebih 45 menit.

5. Kue kering coklat nanas

Kue kering coklat nanas adalah varian kue nastar yang dicampur dengan campuran coklat. Bahan yang dibutuhkan termasuk tepung terigu, mentega, gula pasir, kuning telur, coklat bubuk, selai nanas, dan telur untuk olesan. Campurkan mentega dengan gula pasir dan kuning telur hingga rata. Tambahkan tepung terigu dan coklat bubuk, aduk rata. Ambil sedikit adonan dan bentuk bulat pipih, lalu isi dengan selai nanas. Oleskan telur pada bagian atas kue dan panggang selama kurang lebih 15 menit.

FAQs

1. Apakah bahan-bahan pada resep kue lebaran khas Betawi mudah didapat?
Bahan-bahan yang dibutuhkan pada resep kue lebaran khas Betawi sebagian besar dapat ditemukan di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Beberapa bahan juga dapat ditemukan dalam toko online.

2. Apakah kue lebaran khas Betawi harus menggunakan bahan-bahan yang original?
Tentu saja tidak. Anda dapat menggunakan bahan-bahan yang sesuai dengan selera dan preferensi Anda.

3. Apakah resep kue lebaran khas Betawi dapat dimodifikasi sesuai dengan selera?
Ya, tentu saja. Anda dapat mengubah beberapa bahan sesuai dengan selera dan preferensi Anda.

4. Bagaimana cara menyimpan kue lebaran khas Betawi agar tetap segar?
Untuk hasil yang lebih tahan lama, Anda dapat menyimpan kue di dalam kotak yang tertutup rapat. Jangan lupa letakkan kertas roti di bagian bawah kotak agar kue tidak menempel. Simpan kue di tempat yang kering dan jangan terlalu banyak dipegang agar tidak hancur.

Cek Artikel Ini Sis..

Perbandingan Lengkap Smartphone Terbaru 2024: Fitur, Performa, dan Harga

Perbandingan Lengkap Smartphone Terbaru 2024: Fitur, Performa, dan Harga Pendahuluan Tahun 2024 telah tiba, dan …