Sunday, March 3, 2024
Home / Rumah Tangga / Menikmati Kue Lebaran Khas Jawa Timur yang Lezat

Menikmati Kue Lebaran Khas Jawa Timur yang Lezat

Menikmati Kue Lebaran Khas Jawa Timur yang Lezat

Lebaran adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama umat muslim. Pada saat tersebut, banyak hal yang dilakukan untuk meleburkan kebersamaan, seperti bertemu sanak saudara dan tetangga, hingga membuat kue lebaran sebagai hidangan khas.

Salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki banyak variasi kue lebaran adalah Jawa Timur. Kue lebaran dari Jawa Timur terkenal dengan cita rasa yang lezat, aroma yang sedap, dan memiliki variasi yang bervariasi.

Berikut adalah beberapa kue lebaran khas Jawa Timur yang harus dicicipi:

1. Lapis Legit

Kue Lapis Legit asal Jawa Timur terbuat dari setumpuk lapisan kue yang tipis dan memiliki aroma dan rasa manis yang nikmat. Kue ini biasanya diperjualbelikan dalam berbagai ukuran dan harganya juga bervariasi.

Penyajian kue lapis legit biasanya dilakukan dengan cara memotong setiap lapisannya dan dimasukkan ke dalam oven untuk sedikit dipanggang. Saat disajikan, kue ini terlihat cantik dengan warna coklat keemasan dan semakin nikmat ketika dimakan dengan secangkir teh hangat.

2. Kue Lumpur

Kue Lumpur sangat terkenal di Jawa Timur. Kue ini terbuat dari tepung ketan yang diberi bahan-bahan seperti kelapa parut, gula merah dan santan. Biasanya kue ini disajikan dalam mangkuk kecil yang berbentuk seperti ceker ayam.

Kue lumpur memiliki tekstur yang lembut dan gurih dan jika disajikan dengan tepat, kue ini bisa bertahan selama berhari-hari. Biasanya, kue ini juga memiliki perbedaan rasa dan warna yang berbeda-beda, tergantung pada bahan-bahan yang digunakan.

3. Kue Talam

Nama “talam” diambil dari bahan utama dalam pembuatan kue ini, yaitu batagor. Kue Talam terbuat dari campuran singkong parut, tepung ketan, air beras, garam, dan gula.

Kue Talam memiliki rasa gurih dan asin pada bagian bawahnya, serta rasa manis pada bagian atasnya. Penyajian kue Talam biasanya dilakukan dengan menaburkan topping kacang atau kelapa pada bagian atas kue.

4. Kue Rangi

Kue Rangi terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan santan kelapa dan daun pandan. Setelah dicetak, kue ini kemudian diberi perisa seperti gula dan vanila.

Kue ini memiliki bentuk yang menarik dan cantik di mata. Kue Rangi biasanya disajikan dalam warna hijau atau kuning dengan beragam perisa yang bisa memuaskan lidah siapa saja.

5. Kue Kaasstengels

Kue Kaasstengels adalah kue lebaran khas Jawa Timur yang terbuat dari campuran tepung, mentega, keju parut, dan telur. Kue semacam ini biasanya dijadikan hidangan favorit untuk disajikan dalam acara-acara tertentu, termasuk Lebaran.

Kue Kaasstengels memiliki rasa yang gurih, enak, dan lezat. Daya tarik utama dari kue ini adalah keju parut yang memberikan rasa gurih pada kue.

FAQs:

1. Apakah semua kue dari Jawa Timur cocok untuk disajikan dalam Lebaran?

Tidak semua kue dari Jawa Timur cocok untuk disajikan dalam lebaran. Ada beberapa kue yang terlalu lembut atau mudah rusak sehingga disarankan untuk tidak dijadikan sebagai hidangan lebaran.

2. Apa yang membuat kue lebaran khas Jawa Timur berbeda dari kue lebaran di daerah lain?

Kue lebaran khas Jawa Timur memiliki citarasa dan aroma yang khas dengan keunikan tampilannya yang berbeda-beda. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kue lebaran khas Jawa Timur juga berbeda dari daerah lain.

3. Bagaimana cara membuat kue lebaran khas Jawa Timur?

Untuk membuat kue lebaran khas Jawa Timur, kita perlu mempelajari tentang bahan-bahan dan resep yang dibutuhkan. Biasanya, diinternet atau media sosial kita bisa menemukan berbagai macam resep dan cara membuat kue lebaran khas Jawa Timur.

Cek Artikel Ini Sis..

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera Kue kering lucu imut menjadi salah satu …