Sunday, March 3, 2024
Home / Rumah Tangga / Resep Masakan Diet dari Telur: Enak dan Sehat

Resep Masakan Diet dari Telur: Enak dan Sehat

Resep Masakan Diet dari Telur: Enak dan Sehat

Memasak adalah salah satu cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kamu. Namun, ketika ingin menurunkan berat badan, kamu harus memilih makanan-makanan yang rendah kalori. Dalam hal ini, telur adalah salah satu bahan makanan yang sangat baik untuk dimasak dalam menu diet kamu. Telur mengandung nutrisi tinggi yang mampu membantu menurunkan berat badan. Yuk, simak beberapa resep masakan diet dari telur yang enak dan sehat!

1. Telur kukus

Telur kukus merupakan salah satu menu yang paling simpel dan mudah disiapkan. Kamu hanya perlu menyiapkan panci kukus dan menaruh telur dalamnya. Masak selama 6-7 menit hingga matang. Telur kukus dapat dijadikan sebagai sarapan atau makanan ringan di siang hari. Tambahkan garam, lada, dan bawang putih jika ingin menambah rasa.

2. Sandwic telur
Sandwich telur terdiri dari roti gandum panggang, irisan tomat, selada, dan telur dadar. Masak telur dadar terlebih dahulu hingga matang, lalu gunakan sebagai isi sandwich. Selain sehat, sandwich telur juga sangat praktis dan mudah dibawa saat bepergian.

3. Omelet sayuran
Omelet sayuran adalah menu yang sangat cocok bagi kamu yang ingin memasukkan sayuran ke dalam diet harian kamu. Potong daun bawang, bawang putih, jamur, dan paprika kecil-kecil. Masak sayuran dalam satu wadah, dan tambahkan telur yang telah dikocok saat sayuran hampir matang. Taburi garam dan lada atau rempah pilihan kamu pada permukaan masakan. Tunggu beberapa menit hingga matang dan siap untuk disajikan!

4. Telur rebus

Telur rebus merupakan menu yang sangat mudah sekaligus menyehatkan. Rebus telur dalam air selama 10-12 menit. Telur rebus cocok dijadikan sebagai camilan di siang hari atau tambahan pada salad.

FAQs
1. Apa saja manfaat dari telur bagi kesehatan?
Telur mengandung nutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan seperti protein, vitamin D, asam folat, dan selenium. Berbagai jenis minuman dan makanan diet yang menggantikan kekurangan nutrisi dalam tubuh, sering kali mengandung unsur-unsur yang merugikan, seperti kalori tinggi dan kadar gula berlebih. Telur dapat membantu menggantikan kekurangan nutrisi dalam tubuh yang disebabkan oleh menu diet yang kurang sehat.

2. Bagaimana cara memilih telur yang baik untuk dimasak?
Pilihlah telur berkualitas baik yang memiliki kulit yang bersih, tidak pecah atau retak. Ketika dibandingkan dengan telur ayam biasa, telur organik atau telur non-GMO cenderung lebih baik. Jika kamu khawatir tentang keamaamanan makanan, pilihlah telur yang dijual dari peternakan lokal dan memiliki label dari lembaga yang mengatur keamanan makanan.

3. Berapa banyak telur yang aman dikonsumsi dalam satu hari?
Menurut American Heart Association, konsumsi satu telur per hari aman untuk kebanyakan orang. Namun, kamu dapat membicarakan jumlah telur yang aman dengan dokter atau ahli gizi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan diet kamu.

4. Apakah telur dapat menambah berat badan?
Telur mengandung lemak dan kolesterol, sehingga jika dikonsumsi berlebihan dapat menambah berat badan. Namun, jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat dan dimasak dengan cara yang benar, telur dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Kandungan protein pada telur dapat membantu melancarkan metabolisme dan mengurangi nafsu makan.

Cek Artikel Ini Sis..

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera Kue kering lucu imut menjadi salah satu …