Saturday, July 27, 2024
Home / Belanja / Tips Kendalikan Nafsu Belanja

Tips Kendalikan Nafsu Belanja

Sifat matre yang berujung konsumerisme berlebihan atau boros yang berlebihan tidak baik, apalagi sampai merugikan diri sendiri, misalnya berbelanja barang-barang mahal yang tidak dibutuhkan.

Buat kamu yang pernah nonton film berjudul Confessions Of a Shopaholic yang rilis pada 2009, pasti tau ya, film tersebut menceritakan seorang yang kecanduan berbelanja sampai merugikan diri sendiri dan terlilit banyak utang kartu kredit. Ingat, jangan sampai menghalalkan segala cara untuk mendapatkan hal-hal yang diinginkan.

Namun, sifat buruk tersebut dapat dicegah dan dimulai dari diri sendiri dan dimulai sekarang. Berikut cara mengatasi materialisme dan konsumerisme yang tidak terkendali, seperti dilansir Tempo:

Jadilah diri sendiri 
Jangan terlalu berlebihan dalam penampilan dan jadilah diri sendiri. Pakaian tidak perlu mahal asal nyaman dan cocok dengan penampilan, dengan begitu Anda akan lebih percaya diri. Meskipun di Hari Raya atau hari istimewa lain, ingin tampil berbeda boleh saja, tapi tetap harus sesuai kemampuan. Jangan terlalu memaksakan diri memakai barang trendi yang tidak cocok dengan diri sendiri.

Atur keuangan
Bijaklah dalam mengatur keuangan seiring berjalannya waktu dalam hidup. Kebutuhan akan semakin banyak dan bertambah, jangan sampai susah sendiri. Belanja boleh, tapi jangan sampai kalap.

Perhatikan lingkungan
Tinggalkan lingkungan yang membuat Anda menjadi materialistis. Ketahuilah bahwa itu adalah sifat yang buruk. Terus-menerus membeli barang-barang yang tidak perlu akan membuat diri tidak memikirkan masa depan dan benda yang seharusnya lebih dibutuhkan.

Tren tanpa akhir
Jangan terlalu mengikuti tren dan mewajibkan untuk bergaya keren karena tren tidak ada habisnya. Tren akan selalu lebih menarik dan membuat kita jadi ingin memiliki barangnya, namun biasanya tren dari barang-barang bermerek memiliki harga yang tidak murah.

Jika terus memaksakan diri untuk mengikuti tren, akan membuat diri tidak bisa mengatur keuangan dan kehilangan kesempatan membeli barang yang lebih dibutuhkan. Dengan cara tersebut, konsumerisme dan materialisme dapat terkendali tanpa merugikan diri sendiri di waktu yang akan datang. Yuk lebih bijak lagi dalam berbelanja.

Cek Artikel Ini Sis..

Limited Edition! 700 Pasang Sneakers Adidas x Prada

Sneakers dan tas Adidas x Prada Merk Adidas dan Prada memperkenalkan dua produk dari kolaborasi …

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.