Thursday, June 13, 2024
Home / Rumah Tangga / 10 Resep Masakan Simple untuk Anak yang Mudah Dibuat dan Lezat

10 Resep Masakan Simple untuk Anak yang Mudah Dibuat dan Lezat

10 Resep Masakan Simple untuk Anak yang Mudah Dibuat dan Lezat

Mama atau ayah pasti selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, termasuk dalam hal makanan. Banyak orangtua yang merasa kesulitan mencari menu makanan yang disukai anak-anak, apalagi jika anak-anak cenderung pemilih dan sulit makan. Berikut ini adalah 10 resep masakan simple untuk anak yang mudah dibuat dan lezat.

1. Telur Dadar

Telur dadar adalah salah satu masakan sederhana yang banyak disukai anak-anak. Selain mudah dibuat, telur dadar juga dapat diolah dengan bahan-bahan yang sederhana dan sehat. Cara membuatnya pun sangat mudah, campurkan 2 butir telur dengan garam, merica, dan bawang putih yang telah dicincang. Tuangkan adonan pada wajan yang telah dipanaskan dengan sedikit minyak goreng. Tunggu hingga telur matang dan siap disajikan.

2. Nasi Goreng

Nasi goreng adalah makanan favorit banyak orang, termasuk anak-anak. Untuk membuat nasi goreng, gunakan nasi yang telah dingin. Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabe hijau hingga harum, kemudian tambahkan wortel, kol, dan sayuran lainnya. Setelah sayuran matang, tambahkan nasi dan aduk rata. Tambahkan kecap manis dan kecap asin, garam dan merica sesuai selera. Masukkan telur yang telah dicampur dan aduk rata. Sajikan dengan irisan mentimun atau tomat.

3. Ayam Goreng

Ayam goreng adalah salah satu hidangan yang disukai banyak anak-anak. Namun, untuk membuat ayam goreng yang sehat dan enak, sebaiknya gunakan bahan-bahan natural dan seimbang. Potong ayam sesuai selera, lalu rendam dengan bumbu yang terdiri dari garam, merica, bawang putih, dan bawang merah. Setelah 30 menit, balur ayam dengan tepung terigu dan oleskan telur kocok. Goreng ayam hingga matang dan kecoklatan. Hal yang harus diperhatikan saat menggoreng ayam adalah minyak yang dipakai harus paling sedikit setinggi setengah dari dadu ayam agar ayam matang sempurna dan crunchy.

4. Sayur Kuah

Sayur kuah adalah salah satu hidangan sehat yang bisa disajikan untuk anak-anak. Caranya pun cukup sederhana, potong sayuran seperti wortel, kentang, sawi atau buncis sesuai selera. Kemudian, tumis bawang putih hingga harum, masukkan sayur dan tambahkan air. Tunggu hingga sayuran menjadi lunak, kemudian campurkan dengan kaldu ayam atau sapi. Tambahkan garam dan merica secukupnya. Sajikan dengan nasi putih hangat dan sate ayam atau telur dadar.

5. Mie Kuah

Mie kuah adalah salah satu makanan yang sangat digemari anak-anak. Untuk membuat mie kuah, rebus mie sampai matang. Kemudian, tumis bawang putih, bawang merah, dan tumis hingga harum. Masukkan air secukupnya dan tunggu hingga mendidih. Tambahkan sayuran yang sudah diiris seperti wortel, sawi hijau, kembang kol, atau lombok hijau. Setelah sayuran matang, tambahkan mie dan aduk rata. Tambahkan kaldu ayam atau sapi dan garam secukupnya.

6. Pepes Ikan

Selain makanan yang gurih, anak-anak juga perlu makanan yang sehat. Pepes ikan adalah salah satu makanan sehat yang disukai anak-anak. Caranya, campurkan ikan yang sudah dipotong-potong dengan bumbu seperti garam, bawang putih, serai, kemiri, dan daun jeruk purut. Setelah bumbu tercampur rata dengan ikan, bungkus ikan dengan daun pisang. Panggang pepes ikan hingga matang dan siap disajikan.

7. Sandwich

Sandwich adalah makanan serba guna yang praktis dan bisa dijadikan sebagai bekal anak-anak ke sekolah. Untuk membuat sandwich, ambil 2 lembar roti tawar dan oleskan mayones atau selai kacang di atasnya. Isi roti dengan telur dadar, potongan daging ayam atau sapi, dan potongan sayuran seperti tomat dan timun. Susun sandwich sesuai selera dan potong menjadi 4 bagian.

8. Bakso

Bakso adalah salah satu jenis makanan yang sangat digemari anak-anak. Untuk membuat bakso, campurkan daging sapi giling dengan bawang putih, garam, lada, dan tepung sagu. Setelah adonan tercampur rata, bulat-bulatkan adonan dan masak dalam air mendidih. Setelah bakso matang, tambahkan mie rebus dan sayuran seperti sawi atau bakso goreng. Tambahkan bumbu seperti kecap manis, kecap asin, dan merica secukupnya.

9. Martabak

Martabak adalah salah satu makanan favorit anak-anak. Biasanya martabak diisi dengan telur, daging, dan sayuran. Cara membuatnya cukup mudah, ambil 2 lembar kulit lumpia atau kulit pangsit. Letakkan satu lembar kulit di atas lainnya dan beri isian telur gulung, daging cincang, dan potongan sayuran. Lipat kiri dan kanan kulit ke tengah dan bergulung hingga rapat. Goreng martabak kecil dalam minyak panas hingga kecoklatan. Sajikan martabak dengan sambal kacang atau saus tomat.

10. Nasi Tim

Nasi tim adalah makanan yang lezat dan cocok untuk anak-anak. Caranya cukup sederhana, rebus nasi pada air hingga air menjadi 1 cm dari permukaan nasi. Tambahkan bahan-bahan seperti potongan wortel, jagung, sayuran dan ikan atau daging pada nasi. Letakkan panci rice cooker pada api sedang-kecil, masukkan nasi dan bahan-bahan tadi dan nasi akan matang dan kuahnya terserap dalam nasi. Nasi tim siap disajikan untuk anak-anak.

Pro Tips:

1. Pilih bahan-bahan sehat dan alami
Untuk makanan anak-anak, pastikan bahan-bahan yang digunakan sehat dan alami. Hindari penggunaan bahan-bahan yang mengandung bahan pengawet, pewarna, dan perasa buatan.

2. Pilih bahan-bahan yang sesuai dengan selera anak
Ketika memilih bahan-bahan, pastikan bahan-bahan yang dipilih sesuai dengan selera anak. Hal ini akan membantu memudahkan proses penyajian makanan.

3. Jangan takut mencoba resep baru
Berani mencoba resep baru akan membantu memperluas variasi makanan yang disajikan untuk anak-anak. Cobalah berbagai resep dan perhatikan respon anak terhadap makanan tersebut.

4. Perhatikan ukuran porsi dan nutrisi
Perhatikan ukuran porsi makanan yang diberikan pada anak, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Pastikan makanan yang disajikan juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan anak.

Dengan 10 reseps masakan simple untuk anak yang mudah dibuat dan lezat, mama atau ayah tidak perlu lagi bingung mencari menu makanan yang sesuai dengan selera anak. Dengan memberikan makanan sehat dan lezat, anak-anak dapat tumbuh dengan sehat dan kuat. Selamat mencoba!

Cek Artikel Ini Sis..

Perbandingan Lengkap Smartphone Terbaru 2024: Fitur, Performa, dan Harga

Perbandingan Lengkap Smartphone Terbaru 2024: Fitur, Performa, dan Harga Pendahuluan Tahun 2024 telah tiba, dan …