Saturday, March 2, 2024
Home / Rumah Tangga / Mudahnya Membuat Resep Kue Lebaran Coklat yang Lezat dan Bergizi

Mudahnya Membuat Resep Kue Lebaran Coklat yang Lezat dan Bergizi

Mudahnya Membuat Resep Kue Lebaran Coklat yang Lezat dan Bergizi

Lebaran tak lengkap rasanya tanpa kue-kue yang lezat dan bermakna. Salah satu jenis kue yang selalu jadi favorit adalah kue coklat. Selain enak, kue coklat juga mudah dibuat dan bisa dimodifikasi dengan berbagai bahan agar lebih kaya gizi. Berikut adalah resep mudah membuat kue coklat yang lezat dan bergizi untuk lebaran.

Bahan-bahan:

– 1/2 cangkir tepung terigu
– 1/4 cangkir tepung almond
– 1/4 cangkir coklat bubuk
– 1/3 cangkir gula kelapa
– 2 sdm minyak kelapa
– 1 sdt baking powder
– 1/4 sdt garam
– 1/2 cangkir susu almond
– 1/4 cangkir dark chocolate chips

Cara membuat:

1. Panaskan oven pada suhu 350 derajat Fahrenheit atau sekitar 175 derajat Celsius. Siapkan loyang, oleskan dengan sedikit minyak kelapa atau bungkus dengan kertas roti.
2. Campurkan tepung terigu, tepung almond, coklat bubuk, gula kelapa, baking powder, dan garam dalam sebuah mangkuk besar.
3. Tambahkan minyak kelapa dan susu almond. Aduk hingga adonan tercampur rata.
4. Masukkan dark chocolate chips ke dalam adonan dan aduk lagi hingga tercampur merata.
5. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Ratakan permukaan.
6. Panggang kue selama sekitar 20-25 menit atau hingga matang. Tes tusuk tengah kue dengan tusuk gigi, jika keluar bersih berarti kue sudah matang sempurna.
7. Angkat kue dari oven dan biarkan dingin sebentar di atas rak. Sajikan dalam piring saji atau simpan dalam wadah kedap udara.

Tips:

– Jika tidak suka almond, bisa diganti dengan tepung ketan atau tepung jagung.
– Dark chocolate chips bisa diganti dengan dark chocolate chunks, kismis, kacang-kacangan, atau toppings lain sesuai selera.
– Kue coklat ini cocok juga untuk mereka yang menjalani diet rendah karbohidrat atau vegan, karena tidak menggunakan bahan-bahan olahan atau produk hewani.

FAQs

1. Apakah kue coklat ini aman untuk penderita diabetes?
Kue coklat ini mengandung gula kelapa yang lebih rendah glikemik daripada gula biasa, namun tetap diharapkan untuk mengonsumsinya dengan porsi yang sehat dan sesuai dengan rekomendasi dokter.

2. Bisakah tepung terigu diganti dengan tepung beras atau tepung ubi jalar?
Bisa, namun hal itu akan mempengaruhi tekstur dan rasa kue yang dihasilkan. Tepung terigu masih menjadi pilihan yang paling umum digunakan dalam membuat kue coklat.

3. Berapa lama kue dapat disimpan?
Kue ini dapat disimpan dalam wadah kedap udara atau kulkas selama 3-5 hari atau lebih lama tergantung kondisi penyimpanan dan cuaca.

4. Bisakah kue di-freeze?
Ya, kue ini dapat di-freeze dalam wadah tertutup rapat selama beberapa minggu. Untuk mengonsumsinya, diamkan terlebih dahulu pada suhu ruangan selama beberapa saat hingga agak lembut.

Dengan resep mudah dan beragamnya varian yang bisa dimodifikasi, kue coklat tetap menjadi kue favorit yang tak boleh absen dalam acara lebaran. Selamat mencoba membuat dan menikmatinya!

Cek Artikel Ini Sis..

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera Kue kering lucu imut menjadi salah satu …