Friday, April 19, 2024
Home / Rumah Tangga / Ucapan Idul Fitri 2022 ala Bahasa Jawa untuk Kirim di WhatsApp

Ucapan Idul Fitri 2022 ala Bahasa Jawa untuk Kirim di WhatsApp

Ucapan Idul Fitri 2022 ala Bahasa Jawa untuk Kirim di WhatsApp

Tidak terasa Ramadan telah berlalu dan hari raya Idul Fitri tiba. Bagi orang Jawa, hari raya ini tentunya menjadi momen yang sangat dirayakan. Salah satu cara untuk menyambutnya adalah dengan mengirimkan ucapan Idul Fitri ala Bahasa Jawa melalui WhatsApp. Berikut beberapa contoh ucapan yang dapat kita kirimkan kepada keluarga, kerabat, dan teman-teman pada hari raya Idul Fitri tahun 2022.

1. “Selamat Idul Fitri, mugi-mugi pada ngisor iki sering diwarnai kewan dan kamulyan. Asil rukun, tata tentrem lan suwung ing dunya lan akherat.” (Artinya: Selamat Idul Fitri, semoga ke depannya selalu dipenuhi dengan kebiasaan baik dan keberkahan. Semoga keharmonisan, ketenteraman, dan ketenangan selalu ada di dunia maupun akhirat).

2. “Minal Aidin Wal Faidzin, nyuwun pangapunten sak uga susuh sedayu ingkang asrip petengan. Met jawahe yekti kanggo ngameni cetha keluweh asring sepi ing lathi.” (Artinya: Mohon maaf lahir dan batin, semoga teruslah berkembang di dalam kesucian yang ada. Semoga kebahagiaan tulus dapat mengalir dan menyapu kesepian di hati kita).

3. “Sugeng Seruling Kembang, nrimaning ing pandum maring kabudayan lan tamansari utama. Gusti Allah menaro mungguh bisakah kalih sane pati tinitih, lenyap.” (Artinya: Selamat Hari Raya Idul Fitri, mari kita senantiasa menghargai budaya dan pandangan hidup yang baik. Tuhan telah menghapuskan semua dosa dan penebusan telah datang).

4. “Sugeng Wahono Dino Raya, aja angga manggung gara-gara dosa sekti masehi endah utama. Wiji jaga-jaga, lungguhing satus kabunayakan ingkang kahurungan.” (Artinya: Selamat Hari Raya Idul Fitri, janganlah hanyut dalam dosa dan kesedihan yang menghantui masa lalu. Bersikap bijaksana dan berfikir untuk kebaikan bersama).

5. “Gresik-Sapadi Premunti, nggugah sirompatan gegana nggreen mau nyuwun pangapunten, tangi-tengu sedayu mugi urip lan karya jangka ingkang swabawa.” (Artinya: Selamat Hari Raya Idul Fitri, semoga kita mampu merespon tantangan demi tantangan dalam hidup ini, dan memohon maaf untuk seluruh kesalahan yang dilakukan. Semoga kehidupan dan karya kebanggaan kita tetap memberikan keberhasilan.

FAQs tentang Ucapan Idul Fitri 2022 ala Bahasa Jawa untuk Kirim di WhatsApp:

1. Apa maksud “Sugeng Wahono Dino Raya”?

“Sugeng Wahono Dino Raya” adalah semboyan yang artinya Selamat Hari Raya Idul Fitri.

2. Apa pengertian “Kabudayan lan tamansari utama”?

Kabudayan berarti budaya atau kebiasaan, sedangkan tamansari utama berarti pandangan atau cara hidup tertentu.

3. Apa itu “Sugeng Seruling Kembang”?

“Sugeng Seruling Kembang” adalah kalimat selamat hari raya Idul Fitri dalam bahasa Jawa yang artinya “Selamat Hari Raya Idul Fitri”.

4. Apa itu “Gresik-Sapadi Premunti”?

“Gresik-Sapadi Premunti” adalah ungkapan dalam Bahasa Jawa yang artinya selamat hari raya Idul Fitri.

5. Bagaimana cara membuat ucapan Idul Fitri ala Bahasa Jawa?

Untuk membuat ucapan Idul Fitri ala Bahasa Jawa, bisa menggunakan berbagai kosa kata Bahasa Jawa, atau dengan mengacu pada contoh-contoh ucapan di atas. Pastikan juga untuk menyampaikan kalimat dengan nada yang sopan dan menghormati lawan bicara.

Cek Artikel Ini Sis..

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera Kue kering lucu imut menjadi salah satu …