Wednesday, July 24, 2024
Home / Rumah Tangga / Berikan Angpao Lebaran dengan Gaya Unik di Tempat Ini

Berikan Angpao Lebaran dengan Gaya Unik di Tempat Ini

Berikan Angpao Lebaran dengan Gaya Unik di Tempat Ini

Lebaran merupakan momen spesial bagi umat muslim di seluruh dunia. Hari raya Idul Fitri selalu diidentikan dengan suasana ramai, berkumpul bersama keluarga, dan berkunjung ke tempat-tempat spesial seperti rumah sanak saudara atau tempat wisata yang disukai. Selain berkunjung, menjalin silaturahmi, dan meminta maaf, tradisi angpao juga menjadi hal yang tak lepas dari perayaan Lebaran. Namun, bagaimana jika kamu ingin memberikan angpao dengan gaya yang unik? Berikut adalah tempat-tempat di Indonesia yang dapat menjadi pilihanmu untuk melakukan hal tersebut.

1. Kampung Pelangi, Semarang

Kampung Pelangi tidak hanya terkenal karena keindahan warna-warni rumahnya, melainkan juga karena tradisi baru yang dimulai di tahun 2019. Pada saat Lebaran, warung-warung atau tempat usaha di kampung tersebut memberikan angpao dengan ciri khas warna-warni yang menyerupai corak kampung. Kamu bisa merasa lebih dekat dengan warga kampung Pelangi dan memberikan angpao yang berbeda dari biasanya.

2. Warung Kopi Umbul Sidomukti, Magelang

Warung Kopi Umbul Sidomukti menjadi salah satu tempat yang wajib Kamu kunjungi jika ingin memberikan angpao dengan gaya yang unik. Selain dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman, kamu juga akan disuguhkan pemandangan alam yang indah. Pada saat Lebaran, Warung Kopi Umbul Sidomukti memberikan angpao dengan desain yang lucu dan menarik seperti gambarnya berupa kopi, tumbuhan, atau berdasarkan tema lain yang diangkat. Kamu bisa memberikan angpao di sini sambil menikmati suasana kekinian dan kopi yang lezat.

3. Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta

Tempat wisata yang satu ini sudah tidak diragukan lagi kepopulerannya. Selain di dalamnya terdapat beragam budaya daerah yang dipamerkan, Taman Mini Indonesia Indah juga terkenal dengan sajian kuliner Nusantara yang lezat. Pada saat Lebaran, kamu bisa datang ke sana dan meramaikan suasana dengan memberikan angpao dalam bentuk kearifan lokal seperti miniatur rumah adat, alat musik tradisional, dan lain-lain.

4. Streetscape Jalan Kaliurang, Yogyakarta

Tempat satu ini menjadi incaran para penggemar makanan dan muda-mudi Yogyakarta. Jalan Kaliurang menjadi salah satu area kuliner yang ramai dikunjungi, terutama pada malam hari. Pada saat Lebaran, Streetscape Jalan Kaliurang memberikan angpao dengan desain yang unik, seperti wajah tokoh-tokoh populer, atau gambar lucu yang menarik perhatian. Selain itu, suasana ramai dan nyaman di sini semakin melengkapi momen berkesan saat memberikan angpao di tempat ini.

5. The Maja House, Bandung

The Maja House mungkin menjadi tempat yang belum banyak diketahui, namun hal tersebut tidak mengurangi keunikan tempat ini. The Maja House berlokasi di kawasan perkampungan yang terletak di tengah kota Bandung dan dirancang dengan konsep vintage. Pada saat Lebaran, kamu bisa datang ke The Maja House dan memberikan angpao dengan desain yang klasik dan elegan sesuai dengan konsep The Maja House. Kamu juga bisa menikmati makanan lezat dan interior yang instagramable di dalamnya.

FAQs

1. Apa itu angpao?

Angpao atau yang biasa disebut ‘sedekah’ adalah suatu hal yang dilakukan pada saat perayaan tertentu seperti Lebaran. Angpao berupa uang yang diberikan kepada orang lain sebagai bentuk kasih sayang, dan ucapan selamat atas perayaan yang sedang dijalani.

2. Apakah angpao hanya berupa uang?

Angpao pada dasarnya berupa uang, namun belakangan ini angpao banyak yang diberikan dengan desain yang unik hingga menjadi suvenir istimewa.

3. Ada berapa variasi desain angpao?

Desain angpao sangat banyak variasinya, tergantung pada lokasi atau tempat yang melakukan tradisi ini. Ada desain angpao yang berbentuk rumah adat, miniatur makanan, ataupun tokoh-tokoh populer sesuai dengan tema yang diangkat.

4. Apa tujuan memberikan angpao pada saat Lebaran?

Tradisi memberikan angpao pada saat Lebaran bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan menjadi sarana kasih sayang antar saudara ataupun keluarga. Ada juga yang melakukannya sebagai bentuk pemberian doa dan ucapan selamat atas perayaan ini.

Cek Artikel Ini Sis..

Menjaga Kesehatan Global: Pentingnya Vaksinasi COVID-19 dalam Menghadapi Pandemi

Menjaga Kesehatan Global: Pentingnya Vaksinasi COVID-19 dalam Menghadapi Pandemi Sejak awal tahun 2020, dunia mengalami …