Friday, June 21, 2024
Home / Rumah Tangga / Mengenal Jenis-Jenis Angpao Lebaran yang Biasa Diberikan di Indonesia

Mengenal Jenis-Jenis Angpao Lebaran yang Biasa Diberikan di Indonesia

Mengenal Jenis-Jenis Angpao Lebaran yang Biasa Diberikan di Indonesia

Lebaran identik dengan beragam tradisi dan budaya yang unik. Salah satu tradisi yang paling populer di Indonesia saat lebaran tiba adalah memberikan angpao sebagai bentuk ucapan selamat dan doa untuk keluarga dan orang-orang terdekat. Angpao sendiri merupakan amplop berisi uang yang disematkan sebagai simbol kebahagiaan dan harapan baik.

Namun, tahukah Anda bahwa di Indonesia terdapat berbagai jenis angpao yang biasa diberikan saat lebaran tiba? Berikut ini adalah lima jenis angpao lebaran yang biasa diberikan di Indonesia:

1. Salam

Salam merupakan istilah dalam bahasa Jawa yang berarti ucapan selamat atau salam. Angpao Salam biasanya diberikan oleh orang yang lebih tua kepada anak-anak dan keluarganya. Angpao jenis ini memiliki motif yang bervariasi, mulai dari bunga hingga karakter kartun yang sedang populer di kalangan anak-anak.

2. Syawal

Angpao Syawal biasanya diberikan oleh orang dewasa kepada anak-anak yang masih sekolah atau belum bekerja. Syawal sendiri merujuk pada bulan Hijriah yang merupakan bulan ketujuh dalam kalender Islam dan menjadi bulan yang spesial selama perayaan lebaran. Angpao jenis ini memiliki motif yang seringkali dihiasi dengan gambar telur dan bentuk bulan sabit yang melambangkan datangnya bulan Syawal.

3. Lebaran

Angpao Lebaran biasanya diberikan oleh orang dewasa kepada teman-teman atau kerabat yang sudah bekerja atau sudah menikah. Angpao jenis ini memiliki desain yang lebih elegan dan terkadang dicetak dengan nama pengirim dan ucapan selamat atau doa untuk penerima.

4. Kuningan

Angpao Kuningan biasanya diberikan oleh orang tua atau orang tua mertua kepada menantunya. Kuningan sendiri merujuk pada hari Jumat Kliwon atau Kuningan dalam kalender Jawa. Angpao jenis ini memiliki gambar yang dihiasi dengan ornamen-ornamen yang khas dari budaya Jawa, seperti batik dan gambar wayang.

5. Bordir

Angpao Bordir biasanya diberikan oleh orang dewasa kepada keluarga yang lebih muda atau kerabat yang baru menikah. Angpao jenis ini dilengkapi dengan bordiran atau sulaman di bagian depannya yang menambah kesan eksklusif dan bergengsi.

Pertanyaan Umum

1. Apakah ada batasan jumlah uang yang harus dimasukkan di dalam angpao?

J: Tidak ada aturan baku yang menetapkan jumlah uang yang harus dimasukkan dalam angpao. Namun, biasanya orang-orang memberikan sejumlah uang yang sesuai dengan kemampuan finansial dan hubungan antara pengirim dan penerima.

2. Bagaimana cara memberikan angpao yang benar?

J: Saat memberikan angpao, pastikan untuk memberikan dengan tangan kanan dan dengan sikap yang sopan dan ramah. Anda juga bisa memberikan angpao sambil menyertakan doa dan harapan baik untuk orang yang menerimanya.

3. Apakah ada angpao khusus yang diberikan saat pernikahan?

J: Ya, saat pernikahan, angpao biasanya diberikan oleh tamu undangan sebagai bentuk dukungan dan doa untuk pasangan yang menikah. Jumlah uang yang dimasukkan dalam angpao biasanya tergantung kepada status dan hubungan antara tamu undangan dengan pasangan yang menikah.

4. Apa yang harus dilakukan dengan angpao yang diterima?

J: Angpao yang diterima sebaiknya disimpan dengan baik dan tidak dibuka di tempat umum. Selain itu, pastikan untuk memberikan ucapan terima kasih kepada pengirim sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas niat baik yang telah diberikan.

Cek Artikel Ini Sis..

Perbandingan Lengkap Smartphone Terbaru 2024: Fitur, Performa, dan Harga

Perbandingan Lengkap Smartphone Terbaru 2024: Fitur, Performa, dan Harga Pendahuluan Tahun 2024 telah tiba, dan …