Friday, June 21, 2024
Home / Rumah Tangga / Tradisi Unik Hari Raya Lebaran: Istilah Angpao dan Artinya

Tradisi Unik Hari Raya Lebaran: Istilah Angpao dan Artinya

Tradisi Unik Hari Raya Lebaran: Istilah Angpao dan Artinya

Hari Raya Lebaran atau yang lebih dikenal sebagai Idul Fitri merupakan hari yang sangat penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, Idul Fitri merupakan salah satu hari besar yang ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat, baik itu Muslim atau pun non-Muslim. Pada hari yang suci ini, masyarakat biasanya melakukan berbagai macam persiapan, mulai dari membersihkan rumah hingga membeli baju baru untuk menghadiri acara salat Idul Fitri.

Salah satu tradisi yang sangat populer pada Hari Raya Lebaran di Indonesia adalah membagikan angpao kepada orang-orang terdekat seperti keluarga, teman, dan tetangga. Angpao sendiri berasal dari bahasa Hokkien, yaitu “ang” yang berarti “merah”, dan “pao” yang berarti “sampul”. Dalam tradisi Tionghoa, angpao berisi uang dan diberikan oleh orang tua atau kerabat dewasa kepada anak-anak pada Tahun Baru Imlek.

Namun, pada Hari Raya Lebaran, angpao diisi dengan berbagai macam barang seperti uang tunai, kue-kue, atau bahkan barang-barang elektronik. Biasanya angpao diberikan oleh orang tua atau kerabat yang lebih tua kepada anak-anak atau orang-orang yang lebih muda sebagai bentuk kasih sayang dan doa baik. Selain itu, angpao juga dapat diberikan sebagai tanda terima kasih atau ucapan selamat datang kepada tamu yang datang berkunjung.

Terdapat beberapa istilah angpao yang populer digunakan pada Hari Raya Lebaran. Berikut adalah beberapa di antaranya beserta artinya:

1. “Lebaran” atau “Idul Fitri” Angpao

Angpao jenis ini biasanya diberikan kepada saudara atau kerabat dekat yang masih berstatus lajang atau masih bersekolah. Angpao ini berisi sejumlah uang tunai dan tersedia dalam berbagai ukuran dan warna.

2. “Pulang Kampung” Angpao

Angpao ini biasanya diberikan kepada orang yang mudik atau pulang kampung. Angpao ini dapat berisi uang tunai atau makanan seperti ketupat atau opor ayam.

3. “Ucapan Terima Kasih” Angpao

Angpao ini diberikan sebagai ucapan terima kasih atas bantuan atau kebaikan yang diberikan oleh seseorang. Isi angpao biasanya berupa ucapan terima kasih atau uang tunai.

4. “Tamu” Angpao

Angpao ini diberikan sebagai ucapan selamat datang bagi tamu yang berkunjung ke rumah pada Hari Raya Lebaran. Isi angpao biasanya berupa makanan atau minuman ringan.

FAQs

Q: Apakah seharusnya angpao diberikan hanya kepada anak-anak?
A: Tidak. Angpao dapat diberikan pada siapa saja, baik itu anak-anak atau orang-orang yang lebih tua. Pada Hari Raya Lebaran, angpao biasanya diberikan sebagai bentuk kasih sayang atau tanda terima kasih.

Q: Apakah bagi-bagi angpao harus dilakukan pada Hari Raya Lebaran?
A: Tidak harus. Tradisi angpao pada Hari Raya Lebaran hanya merupakan salah satu contoh dari berbagai macam tradisi yang dilakukan pada hari tersebut. Bagi-bagi angpao dapat dilakukan pada berbagai acara seperti pernikahan, ulang tahun, atau bahkan saat berkunjung ke rumah seseorang.

Q: Apa saja barang yang dapat diisi dalam angpao?
A: Barang-barang yang dapat diisi dalam angpao sangat beragam, tergantung dari kebiasaan dan budaya masyarakat setempat. Beberapa barang yang umum diisi dalam angpao adalah uang tunai, kue-kue, atau bahkan barang-barang elektronik kecil seperti power bank atau kabel charger.

Q: Bagaimana cara memberikan angpao dengan sopan dan sesuai adat?
A: Cara memberikan angpao dapat berbeda-beda tergantung dari kebiasaan dan budaya masyarakat setempat. Namun, biasanya angpao diberikan dengan tangan kanan, diikuti dengan ucapan selamat atau doa baik. Dalam tradisi Tionghoa, angpao juga harus diberikan dengan tangan kanan kepada orang yang lebih tua atau senior, setelah itu baru dapat membuka sampul angpao. Hal ini merupakan tanda penghormatan dan rasa sopan santun yang tinggi dalam budaya Tionghoa.

Cek Artikel Ini Sis..

Perbandingan Lengkap Smartphone Terbaru 2024: Fitur, Performa, dan Harga

Perbandingan Lengkap Smartphone Terbaru 2024: Fitur, Performa, dan Harga Pendahuluan Tahun 2024 telah tiba, dan …