Friday, April 19, 2024
Home / Rumah Tangga / Berapa Banyak Hongbao yang Harus Diberikan pada Tahun Baru Imlek?

Berapa Banyak Hongbao yang Harus Diberikan pada Tahun Baru Imlek?

Tahun baru Imlek, juga dikenal sebagai Tahun Baru Cina, telah tiba! Dan satu hal yang pasti dimana orang pada tahun baru Imlek selalu lakukan adalah memberikan hongbao atau angpao pada keluarga, teman, dan orang terdekat mereka. Tetapi, seberapa banyak uang yang harus diberikan dan kepada siapa? Berikut adalah panduan tentang berapa banyak hongbao yang harus diberikan pada Tahun Baru Imlek.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang berapa banyak hongbao yang harus diberikan, perlu diketahui apa itu hongbao. Hongbao adalah amplop merah yang biasanya berisi uang. Tradisi memberikan hongbao pada Tahun Baru Imlek berasal dari mitos Tionghoa yang mengatakan bahwa kekuatan adil dari Nian, seekor monster mitos Tionghoa, sangat takut terhadap warna merah dan suara petasan. Secara umum, memberikan hongbao dipercayai untuk membawa keberuntungan pada penerima.

Sekarang kita masuk ke topik utama, berapa banyak hongbao yang harus diberikan pada Tahun Baru Imlek? Ini tergantung pada banyak faktor, seperti status sosial, relasi, dan hubungan antara pemberi hongbao dan penerima. Berikut adalah beberapa panduan umum untuk memberikan hongbao:

1. Memberikan hongbao pada anak-anak

Memberikan hongbao pada anak-anak adalah tradisi yang umum terjadi pada Tahun Baru Imlek. Jumlah uang yang diberikan biasanya bergantung pada usia anak tersebut. Di Indonesia, orang tua akan memberikan hongbao sekitar ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung pada kemampuan dan kesediaan mereka.

2. Memberikan hongbao pada orang dewasa

Memberikan hongbao pada orang dewasa tergantung pada hubungan dan status sosial antara pemberi dan penerima. Pada umumnya, orang dewasa yang belum menikah akan diberikan hongbao sedikit lebih rendah daripada yang sudah menikah. Sedangkan, pada Tahun baru Imlek, orang tua akan memberikan hongbao sekitar ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung pada kemampuan dan kesediaan mereka.

3. Memberikan hongbao pada keluarga

Dalam tradisi Tionghoa, memberikan hongbao pada keluarga dianggap sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan. Jumlah uang yang diberikan tergantung pada ikatan keluarga dan status sosial. Pada umumnya, orang tua akan memberikan hongbao lebih banyak kepada anggota keluarga yang lebih muda.

4. Jangan memberikan jumlah uang yang ganjil

Jumlah uang yang dibungkus dalam hongbao juga menjadi pertimbangan yang penting. Pada tradisi Tionghoa, jumlah uang ganjil dianggap kurang beruntung, sementara jumlah uang genap dianggap sebagai simbol keserasian. Oleh karena itu, hindari memberikan jumlah uang yang ganjil.

FAQs

Q: Siapa yang harus memberikan hongbao?

A: Secara tradisional, hongbao diberikan oleh orang yang sudah menikah untuk orang yang belum menikah dan kepada anak-anak.

Q: Apakah ada jumlah minimal atau maksimal uang yang harus diberikan?

A: Tidak ada jumlah uang yang pasti. Hal ini tergantung pada kemampuan dan kesediaan masing-masing individu.

Q: Stimulans ekonomi Hongbao terletak pada uang yang diberikan atau kain merah yang meliputi uang?

A: Stimulans ekonomi dapat ditemukan pada uang yang diberikan, yang memungkinkan untuk membeli barang-barang dan jasa yang dibutuhkan. Kain merah sebenarnya merepresentasikan keberuntungan dan keberhasilan di tahun yang baru.

Q: Apakah orang asing juga dapat memberikan hongbao?

A: Ya, orang asing juga dapat memberikan hongbao jika mereka berada dalam hubungan yang dekat dengan keluarga atau teman Tionghoa.

Q: Apa yang harus dilakukan jika Anda menerima hongbao?

A: Penerima hongbao harus mengambil amplop tersebut dengan kedua tangan dan mengucapkan terima kasih. Jangan buka hongbao di depan pemberi.

Cek Artikel Ini Sis..

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera Kue kering lucu imut menjadi salah satu …