Saturday, March 2, 2024
Home / Rumah Tangga / Mengetahui Tarif Angpao Imlek Tionghoa di Indonesia

Mengetahui Tarif Angpao Imlek Tionghoa di Indonesia

Mengetahui Tarif Angpao Imlek Tionghoa di Indonesia

Pada masa perayaan Imlek atau Tahun Baru Imlek, banyak orang di Indonesia memberikan hadiah dalam bentuk uang yang disebut sebagai “angpao”. Angpao biasanya diberikan oleh orang tua, paman, bibi, dan orang dewasa lainnya kepada anak-anak atau generasi yang lebih muda, sebagai bentuk penghormatan dan doa agar anak-anak tersebut diberkati dengan keberuntungan dan kesejahteraan di masa depan.

Namun, tidak semua orang tahu berapa tarif atau jumlah uang yang seharusnya dimasukkan ke dalam angpao. Berikut ini adalah panduan untuk mengetahui tarif angpao Imlek Tionghoa di Indonesia.

Tarif Angpao Imlek Tionghoa di Indonesia

Pada dasarnya, tarif angpao Imlek Tionghoa berbeda-beda tergantung pada wilayah, kebiasaan, dan keadaan finansial seseorang. Namun, terdapat nilai tarif angpao yang lazim dipakai sebagai acuan di Indonesia, yaitu sebagai berikut:

1. Anak-anak di bawah umur 12 tahun: Rp. 20.000 – Rp. 50.000

2. Anak-anak di antara umur 12 hingga 18 tahun: Rp. 50.000 – Rp. 100.000

3. Orang dewasa dan anggota keluarga yang lahir di tahun yang sama dengan Tahun Baru Imlek: Rp. 100.000 – Rp. 500.000

4. Orang dewasa dan teman-teman: Rp. 50.000 – Rp. 200.000

Harap diingat bahwa nilai uang dalam angpao bukanlah hal yang paling penting. Yang terpenting adalah niat baik dan kebersamaan saat merayakan Tahun Baru Imlek bersama keluarga dan teman-teman.

FAQs (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apakah angpao harus diberikan dalam amplop merah?

Iya, angpao harus diberikan dalam amplop merah atau yang disebut “hongbao”. Warna merah dipercaya dapat membawa keberuntungan dan kebahagiaan di Tahun Baru Imlek.

2. Apakah bisa memberikan angpao kepada orang dewasa yang bukan keluarga dekat?

Bisa. Angpao juga bisa diberikan kepada teman-teman atau orang dewasa yang tidak memiliki hubungan keluarga dekat dengan Anda. Biasanya tarif angpao yang diberikan kepada teman-teman akan lebih rendah dibandingkan dengan angpao yang diberikan kepada keluarga.

3. Apakah ada tarif angpao yang lebih tinggi daripada Rp. 500.000?

Tidak ada aturan yang mengatur batas tarif angpao. Namun, angka Rp. 500.000 sering dianggap sebagai batas atas. Jumlah uang yang diberikan dalam angpao juga seharusnya disesuaikan dengan keadaan finansial Anda.

Dalam merayakan Tahun Baru Imlek, angpao adalah salah satu tradisi yang tetap dijaga dan dihargai oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Meskipun tarif angpao tidak dipanjangkan kepada orang dewasa, tetapi tetap menjadi cara yang baik untuk menunjukkan hormat dan kasih sayang dalam keluarga dan masyarakat. Selamat merayakan Tahun Baru Imlek!

Cek Artikel Ini Sis..

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera Kue kering lucu imut menjadi salah satu …