Sunday, March 3, 2024
Home / Rumah Tangga / Berapa Besar Hongbao yang Sebaiknya Diberikan dalam Pernikahan?

Berapa Besar Hongbao yang Sebaiknya Diberikan dalam Pernikahan?

Berapa Besar Hongbao yang Sebaiknya Diberikan dalam Pernikahan?

Pernikahan adalah sebuah acara yang sangat spesial bagi pasangan yang akan menikah dan keluarganya. Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk membuat acara pernikahan menjadi berkesan dan penuh kebahagiaan. Salah satu hal yang sangat penting dan seringkali menjadi perhatian adalah hadiah atau uang hongbao yang akan diberikan kepada pasangan yang akan menikah.

Tidak jarang, banyak tamu undangan yang bingung atau bahkan merasa kesulitan dalam menentukan besaran uang hongbao yang sebaiknya diberikan dalam pernikahan. Padahal, memberikan uang hongbao yang sesuai dengan harapan dapat memperlihatkan rasa sayang dan dukungan terhadap pasangan yang akan menikah.

Untuk itu, ada beberapa hal yang dapat menjadi acuan dalam menentukan besaran uang hongbao yang sebaiknya diberikan dalam pernikahan. Berikut ini ialah ulasannya.

1. Pertimbangkan Kepentingan Pasangan yang Menikah

Pada dasarnya, setiap pasangan mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda dalam mempersiapkan pernikahannya. Ada pasangan yang mengutamakan dekorasi, makanan, hingga fotografi, dan sebagainya. Oleh sebab itu, sebaiknya tamu undangan berusaha untuk mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan kepentingan pasangan dalam melaksanakan pernikahannya.

2. Berdasarkan Hubungan dengan Pasangan yang Menikah

Jika tamu undangan adalah orang tua, keluarga atau teman akrab pasangan yang akan menikah, maka tidak masalah untuk memberikan hongbao yang lebih besar dari tamu undangan yang tidak berhubungan dekat dengan pasangan. Sebagai contoh, untuk keluarga dekat dapat memberikan hongbao sekitar Rp 1-3 juta atau lebih, sedangkan untuk teman saja dapat memberikan hongbao sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta.

3. Berdasarkan Budget dan Kemampuan Finansial

Memberikan hongbao tidak seharusnya menjadi beban bagi tamu undangan. Sebelum menentukan besaran hongbao, sebaiknya tamu undangan menyesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing. Jangan sampai karena memberikan hongbao yang terlalu besar membuat keuangan terganggu.

FAQs

1. Bukankah memberikan hongbao adalah kesempatan untuk memperlihatkan kemampuan finansial?
Meskipun memberikan uang hongbao dapat memperlihatkan kemampuan finansial, tetapi tidak dianjurkan untuk memberikan hongbao yang terlalu besar hingga membuat keuangan terganggu.

2. Bagaimana jika saya tidak dapat memberikan hongbao sama sekali?
Memberikan hadiah atau tidak memberikan hongbao pada pernikahan merupakan hak tamu undangan. Meskipun tidak memberikan hongbao, tetapi tamu undangan dapat memberikan doa dan dukungan kepada pasangan yang menikah.

3. Apakah hongbao harus diberikan dengan uang tunai?
Uang tunai memang menjadi pilihan yang paling umum dalam memberikan hongbao dalam pernikahan. Akan tetapi, jika tamu undangan tidak bisa memberikan hongbao dengan uang tunai, dapat memberikan hadiah berupa barang yang bermanfaat bagi pasangan yang akan menikah.

4. Apakah ada kebiasaan memberikan hongbao di luar negeri?
Ya, dalam beberapa negara seperti Jepang dan Korea Selatan, memberikan uang sebagai hadiah pada pernikahan adalah hal yang umum dilakukan. Namun, besaran hongbao yang diberikan biasanya disesuaikan dengan hubungan antara tamu undangan dan pasangan yang menikah.

Cek Artikel Ini Sis..

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera Kue kering lucu imut menjadi salah satu …