Monday, May 27, 2024
Home / Rumah Tangga / Mengenal Ucapan Selamat Hari Raya dalam Bahasa Arab

Mengenal Ucapan Selamat Hari Raya dalam Bahasa Arab

Mengenal Ucapan Selamat Hari Raya dalam Bahasa Arab

Hari Raya Idul Fitri atau biasa disebut hari Lebaran merupakan hari yang sangat penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Pada hari raya tersebut, mereka merayakan kemenangan setelah berpuasa selama satu bulan penuh. Lebaran juga menjadi waktu untuk bertemu keluarga dan teman-teman, serta berbagi kebahagiaan dengan sesama.

Ucapan Selamat Hari Raya merupakan bagian penting dari tradisi Lebaran. Selain menjadi ungkapan rasa syukur dan sekaligus bermaaf-maafan, ucapan selamat juga menjadi simbol kebaikan dan toleransi antara sesama.

Bagi umat Muslim Indonesia, bahasa Arab menjadi salah satu bahasa yang selalu dijadikan pilihan untuk mengucapkan selamat hari raya. Namun, tidak semua orang paham dengan ungkapan-ungkapan bahasa Arab yang biasa digunakan dalam Lebaran. Oleh karena itu, pada artikel ini akan diulas beberapa ungkapan selamat Hari Raya dalam bahasa Arab, beserta artinya.

1. “Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum.”

Ucapan ini seringkali digunakan sebagai salam perpisahan usai berbuka puasa pada malam takbiran. Taqabbalallahu minna wa minkum berarti “Semoga Allah menerima amal ibadah kita” atau “Semoga Allah menerima puasa kita”. Sementara shiyamana wa shiyamakum bermakna “puasa kita” dan “puasa kamu”.

2. “Eid Mubarak”

Ucapan ini seringkali digunakan oleh umat Muslim dari negara-negara non-Arab pada Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Eid Mubarak bermakna “Selamat Hari Raya”. Salah satu varian dari ucapan tersebut adalah “Kullu ‘am wa antum bi khair”, yang dapat diartikan sebagai “Semoga Anda dan keluarga selalu sehat dan bahagia”.

3. “Taqabbalallahu minna wa minkum”

Ucapan ini juga dapat digunakan pada Hari Raya Idul Adha. Taqabbalallahu minna wa minkum berarti “Semoga Allah menerima amal ibadah kita”. Ucapan ini juga dapat diartikan sebagai “Selamat Hari Raya Idul Adha”.

4. “Kullu am wa antum bi khair”

Ucapan selamat Hari Raya yang satu ini sangat dikenal di kalangan umat Muslim Singapura, Malaysia, dan Brunei. Kullu am wa antum bi khair memiliki arti “Semoga Anda selalu baikk sepanjang tahun”.

5. “Taqqaballahu minna wa minkum”

Ucapan selamat idul Fitri ini bisa kita gunakan ketika bertemu teman atau kerabat pada saat lebaran. Taqqaballahu minna wa minkum bisa diartikan sebagai “Semoga Allah menerima segala amal baik kita dan kalian”. Ucapan ini juga bisa digunakan pada saat kita bermaaf-maafan.

FAQs

1. Apa bedanya ucapan “Eid Mubarak” dengan “Taqabbalallahu minna wa minkum”?

Eid Mubarak merupakan ucapan umum yang dapat digunakan pada Hari Raya Idul Fitri maupun Idul Adha, sedangkan Taqabbalallahu minna wa minkum lebih spesifik digunakan pada Hari Raya Idul Fitri atau sebagai salam perpisahan pada malam takbiran di bulan Ramadhan.

2. Mana yang lebih umum digunakan, ucapan “Taqabbalallahu minna wa minkum” atau “Eid Mubarak”?

Keduanya sama-sama umum digunakan oleh umat Muslim. Namun, penggunaan kemungkinan berbeda-beda di setiap daerah atau negara.

3. Apakah “Kullu am wa antum bi khair” hanya digunakan pada Hari Raya Idul Fitri?

Tidak, ucapan tersebut dapat digunakan pada setiap hari raya, termasuk Hari Raya Idul Adha.

4. Apakah semua orang wajib mengucapkan salam perpisahan pada malam takbiran?

Tidak wajib, namun biasanya dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur dan sekaligus bermaaf-maafan di akhir bulan Ramadan.

Cek Artikel Ini Sis..

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera Kue kering lucu imut menjadi salah satu …