Friday, June 21, 2024
Home / Rumah Tangga / Berbagai Ucapan Selamat Lebaran dalam Bahasa Sunda

Berbagai Ucapan Selamat Lebaran dalam Bahasa Sunda

Berbagai Ucapan Selamat Lebaran dalam Bahasa Sunda

Lebaran atau yang lebih dikenal dengan Idul Fitri adalah salah satu momen istimewa yang dirayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Pada momen ini, umat Muslim menjalin silaturahmi dengan keluarga dan kerabat, serta memberikan ucapan selamat Lebaran kepada satu sama lain.

Bagi orang Sunda, rasa syukur dan kebahagiaan menjelang Lebaran biasanya diungkapkan dalam berbagai ucapan selamat Lebaran yang ceria dan penuh kehangatan. Berikut adalah beberapa ucapan selamat Lebaran dalam Bahasa Sunda yang bisa kamu gunakan untuk mengucapkan selamat kepada orang-orang tersayangmu.

1. Sugeng rame, sugeng damai, sugeng karesep ka sadaya orang nu teu bisa hadir. Selamat Idul Fitri!

Artinya: Semoga ramai, semoga damai, dan semoga berkenan untuk semua orang yang tidak bisa hadir. Selamat Idul Fitri!

Ucapan selamat Lebaran yang pertama ini biasanya diucapkan oleh orang Sunda untuk menyampaikan harapan baik dan juga permohonan maaf. Dalam Bahasa Sunda, “Sugeng” artinya doa atau harapan, “Rame” artinya ramai atau meriah, “Damai” artinya tenang, dan “Karesep” artinya berkenan atau menyenangkan. Sedangkan “Sadaya” artinya semua dan “Teu bisa hadir” artinya tidak bisa hadir.

2. Mugi rahayu lebaran teu kabagi kami nu kersa da Wangunan. Selamat Idul Fitri!

Artinya: Semoga damai Lebaran tidak membawa virus dan penyakit kepada kami yang berada di Wangunan. Selamat Idul Fitri!

Ucapan selamat Lebaran yang kedua ini biasanya diucapkan oleh orang Sunda yang ingin menyampaikan harapan agar Lebaran di tahun ini dapat berjalan dengan aman, nyaman, dan tentram dari berbagai macam virus dan penyakit. Dalam Bahasa Sunda, “Mugi” artinya semoga, “Rahayu” artinya damai, dan “Teu kabagi” artinya tidak membawa.

3. Dirgahayu bingah di jantenkeun dina nu nyenengkeun. Selamat Idul Fitri!

Artinya: Dirgahayu hari yang dijadikan sebagai hari yang menyenangkan. Selamat Idul Fitri!

Ucapan selamat Lebaran yang ketiga ini biasanya diucapkan oleh orang Sunda untuk menyampaikan rasa syukur dan kebahagiaan sukses menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh serta merayakan Idul Fitri dengan seluruh keluarga besar. Dalam Bahasa Sunda, “Dirgahayu” artinya hari istimewa atau bersejarah, “Bingah” artinya senang atau gembira, dan “Jantenkeun” artinya dijadikan.

4. Hatur nuhun ka sadaya urang nu ngiriman lalang ucinga maraneh. Selamat Idul Fitri!

Artinya: Terima kasih kepada semua orang yang menerima lalang ucinga maraneh dari kami. Selamat Idul Fitri!

Ucapan selamat Lebaran yang keempat ini biasanya diucapkan oleh orang Sunda untuk menyampaikan rasa terima kasih karena telah menerima dan menikmati hidangan khas Sunda seperti lalang ucinga maraneh atau lalapan sayur dengan sambal. Dalam Bahasa Sunda, “Hatur nuhun” artinya terima kasih, “Urang” artinya orang, “Ngiiriman” artinya mengirimkan, dan “Lalang ucinga maraneh” artinya lalapan sayur dengan sambal.

5. Tiasa sukes di ngarankeun, jantenkeun nempel di satia ka sadaya. Selamat Idul Fitri!

Artinya: Semoga sukses dalam menyandang gelar pangkat, dan semoga selalu bersahabat dengan semua orang. Selamat Idul Fitri!

Ucapan selamat Lebaran yang kelima ini biasanya diucapkan oleh orang Sunda untuk menyampaikan harapan agar karier seseorang di tempat kerja semakin sukses dan juga permohonan maaf atas segala kesalahan yang pernah dilakukan. Dalam Bahasa Sunda, “Tiasa sukes” artinya semoga sukses, “Ngarankeun” artinya menyandang gelar pangkat, “Jantenkeun” artinya dijadikan, dan “Satia” artinya sahabat atau kawan.

FAQs

1. Apa arti dari ucapan selamat Lebaran “Sugeng rame, sugeng damai, sugeng karesep ka sadaya orang nu teu bisa hadir. Selamat Idul Fitri!”?

Jawaban: Ucapan selamat Lebaran ini artinya semoga Lebaran menjadi ramai, damai, dan juga memberikan kebahagiaan untuk semua orang.

2. Apa arti dari ucapan selamat Lebaran “Mugi rahayu lebaran teu kabagi kami nu kersa da Wangunan. Selamat Idul Fitri!”?

Jawaban: Ucapan selamat Lebaran ini artinya semoga Lebaran di tahun ini berjalan dengan aman, nyaman, dan tentram dari berbagai macam virus dan penyakit yang ada.

3. Apa arti dari ucapan selamat Lebaran “Dirgahayu bingah di jantenkeun dina nu nyenengkeun. Selamat Idul Fitri!”?

Jawaban: Ucapan selamat Lebaran ini artinya dirgahayu atau selamat hari yang menjadi hari yang menyenangkan untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga besar.

4. Apa arti dari ucapan selamat Lebaran “Hatur nuhun ka sadaya urang nu ngiriman lalang ucinga maraneh. Selamat Idul Fitri!”?

Jawaban: Ucapan selamat Lebaran ini artinya terima kasih karena telah menerima dan menikmati hidangan khas Sunda seperti lalang ucinga maraneh atau lalapan sayur dengan sambal.

5. Apa arti dari ucapan selamat Lebaran “Tiasa sukes di ngarankeun, jantenkeun nempel di satia ka sadaya. Selamat Idul Fitri!”?

Jawaban: Ucapan selamat Lebaran ini artinya semoga sukses dalam karier di tempat kerja, serta selalu bersahabat dengan semua orang dan juga memohon maaf atas segala kesalahan yang pernah dilakukan.

Cek Artikel Ini Sis..

Perbandingan Lengkap Smartphone Terbaru 2024: Fitur, Performa, dan Harga

Perbandingan Lengkap Smartphone Terbaru 2024: Fitur, Performa, dan Harga Pendahuluan Tahun 2024 telah tiba, dan …