Wednesday, February 21, 2024
Home / Rumah Tangga / Resep Kue Lebaran Sederhana dan Hemat untuk Keluarga

Resep Kue Lebaran Sederhana dan Hemat untuk Keluarga

Resep Kue Lebaran Sederhana dan Hemat untuk Keluarga

Lebaran merupakan momen yang selalu dinanti-nanti oleh umat Muslim di seluruh dunia. Hari raya ini juga selalu identik dengan sajian kue-kue yang lezat dan beragam. Namun, bukan berarti semua kue lebaran harus mahal dan sulit untuk dibuat. Anda bisa membuat kue lebaran yang sederhana dan hemat untuk keluarga tercinta. Yuk, simak beberapa resep kue lebaran sederhana berikut ini.

1. Nastar
Nastar adalah kue lebaran yang sangat populer. Kue ini berbentuk bulat dan di dalamnya terdapat selai nanas yang manis. Untuk membuat kue nastar, anda membutuhkan 250 gram tepung terigu, 200 gram margarin, 60 gram gula bubuk, 1 butir kuning telur dan selai nanas secukupnya. Kocok margarin dengan gula hingga lembut, tambahkan kuning telur dan kocok lagi hingga tercampur rata. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga campuran terlihat rata. Ambil sedikit adonan dan pipihkan, lalu beri selai nanas di tengah adonan. Rapatkan adonan dan bentuk bulat. Panggang di oven selama 15 menit dengan suhu 160 derajat Celsius dan kue nastar siap disajikan.

2. Putri Salju
Putri salju adalah kue lebaran yang terbuat dari campuran tepung, gula, mentega, dan vanili. Kue ini sangat mudah dibuat dan harganya juga terjangkau. Untuk membuat putri salju, anda membutuhkan 200 gram tepung terigu, 100 gram tepung maizena, 150 gram mentega, 100 gram gula halus, dan 1 sendok teh vanilla. Campurkan semua bahan hingga tercampur dengan baik. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil dan letakkan di atas loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti. Panggang di dalam oven selama 20 menit dengan suhu 150 derajat Celsius. Setelah matang, taburkan gula halus di atas putri salju dan kue siap dihidangkan.

3. Kue Kastengel
Kue kastengel sangat mudah membuatnya dan sangat cocok untuk disajikan ketika berkumpul dengan keluarga dan teman-teman di hari raya. Untuk membuat kue kastengel, anda membutuhkan 250 gram tepung terigu, 200 gram keju cheddar parut, 150 gram margarin, 50 gram susu kental manis, dan 1 butir kuning telur. Campurkan tepung terigu, keju cheddar, dan margarin hingga menjadi adonan kalis. Tambahkan susu kental manis dan aduk rata. Ambil sedikit adonan, pipihkan dan beri potongan keju di tengahnya. Bentuk adonan menjadi seperti jari dengan pantangan panggang selama 20 menit dengan suhu 170 derajat Celsius. Setelah matang, kue kastengel siap disajikan.

FAQ
1. Berapa lama resep kue lebaran dapat bertahan?
Kue-kue lebaran sederhana umumnya dapat bertahan hingga 3-7 hari jika disimpan di dalam wadah tertutup dan di dalam lemari es.
2. Apa yang harus dilakukan jika adonan kue terlalu lembek?
Jika adonan kue terlalu lembek, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit hingga adonan terlihat kalis.
3. Bagaimana cara membuat kue lebaran yang lezat namun tetap hemat?
Anda bisa mengganti bahan-bahan mahal dengan bahan yang harganya lebih terjangkau namun tetap memberikan rasa yang lezat. Misalnya, mengganti keju cheddar dengan keju parut.
4. Bagaimana cara menyimpan kue lebaran agar awet dan tidak cepat basi?
Kue lebaran dapat disimpan dalam wadah tertutup dan ditempatkan di dalam lemari es untuk menjaga kelembapannya.
5. Bisakah kue lebaran dibuat dengan menggunakan bahan yang halal?
Tentu saja bisa. Pastikan semua bahan yang digunakan adalah bahan halal dan sesuai dengan aturan agama.

Cek Artikel Ini Sis..

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera Kue kering lucu imut menjadi salah satu …