Saturday, March 2, 2024
Home / Rumah Tangga / Menikmati Kelezatan Kue Lebaran Putri Salju yang Legendaris

Menikmati Kelezatan Kue Lebaran Putri Salju yang Legendaris

Menyambut datangnya bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, tidak lengkap rasanya jika tak menikmati camilan khas lebaran dari berbagai penjuru Indonesia. Salah satu camilan khas yang tak boleh terlewat adalah kue putri salju. Kue legendaris ini semakin terkenal seiring dengan perubahan zaman. Tidak hanya dapat ditemukan di Indonesia, kue putri salju ini juga ada di beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Kelezatan kue putri salju sangat diminati oleh banyak orang. Dibuat dari bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapat seperti tepung terigu, gula halus, mentega, dan telur, dengan harapan agar pada saat akan disajikan mempunyai rasa yang enak dan gurih. Kue putri salju ini tidak hanya disajikan pada hari raya Idul Fitri, namun kue ini juga biasa dijadikan hidangan untuk acara-acara tertentu, seperti acara pesta ulang tahun, pertunangan, dan acara pernikahan.

Proses Pembuatan Kue Putri Salju

Kue putri salju ini terlihat sangat simpel, namun proses pembuatannya sangat detail dan memerlukan ketelitian. Kue putri salju harus dipanggang pada suhu yang tepat dan selama waktu yang tepat pula. Proses pembuatan kue putri salju ini memakan waktu lebih kurang 2 – 4 jam, tergantung dari jumlah kue yang akan dibuat.

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat kue putri salju:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

– 350 gram tepung terigu protein rendah
– 100 gram gula halus
– 250 gram mentega tawar, suhu ruang
– 2 butir kuning telur
– 1/2 sendok teh vanili bubuk
– Gula halus untuk taburan

Cara membuat:

1. Campurkan tepung terigu, gula halus, dan vanili bubuk. Aduk rata.

2. Tambahkan mentega tawar, kuning telur, dan aduk lagi hingga tercampur rata.

3. Ambil sedikit adonan kue, bulatkan, kemudian tekan-tekan dengan tangan hingga berkerut.

4. Susun di atas loyang yang sudah dioles mentega, jangan terlalu rapat karena kue akan mengembang saat dipanggang.

5. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan pada suhu 150 – 160 derajat Celcius selama kurang lebih 20 menit.

6. Setelah matang, angkat dan biarkan dingin.

7. Taburi gula halus di atas kue putri salju.

Kue putri salju yang enak dan lezat harus dibuat sesuai resep, agar tetap empuk dan tidak keras. Jika resepnya tidak sesuai, kue putri salju juga dapat menjadi tidak enak dan tidak lezat.

FAQs

1. Bagaimana mendapatkan rasa yang enak pada kue putri salju?

Untuk mendapatkan rasa yang enak pada kue putri salju, pastikan bahan-bahan yang digunakan adalah bahan-bahan yang berkualitas dan segar. Selain itu, ikuti resep dengan benar dan tepat.

2. Apakah kue putri salju dapat disajikan ketika masih hangat?

Tidak, kue putri salju tidak boleh disajikan ketika masih hangat. Kue putri salju harus didinginkan terlebih dahulu agar tidak meleleh dan tetap empuk.

3. Berapa lama masa simpan kue putri salju?

Masa simpan kue putri salju adalah kurang lebih satu minggu jika disimpan dalam wadah tertutup rapat dan diletakkan di tempat yang kering dan sejuk.

4. Apakah kue putri salju dapat disimpan dalam freezer?

Ya, kue putri salju dapat disimpan dalam freezer selama kurang lebih 1-2 bulan jika disimpan dalam wadah tertutup rapat dan dibungkus dengan plastik rapat.

Kue putri salju memang menjadi camilan khas yang tak boleh dilewatkan ketika Idul Fitri tiba. Kelezatannya akan membuat siapa saja tergoda untuk memakannya. Dengan resep yang mudah dan bahan-bahan yang mudah didapat, siapapun dapat membuat kue putri salju dengan mudah. Selamat mencoba dan selamat berlebaran!

Cek Artikel Ini Sis..

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera Kue kering lucu imut menjadi salah satu …