Wednesday, April 17, 2024
Home / Rumah Tangga / Ragam Kue Lebaran yang Wajib Dicicipi di Serangkaian Panen Lebaran

Ragam Kue Lebaran yang Wajib Dicicipi di Serangkaian Panen Lebaran

Kue Lebaran atau dikenal juga dengan kue di hari raya Idul Fitri, selalu menjadi salah satu sajian yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia di setiap tahunnya. Serangkaian panen lebaran juga tidak lengkap tanpa hadirnya berbagai ragam kue Lebaran. Di Indonesia, kue Lebaran menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar kuliner saat Idul Fitri tiba.

Setiap kue Lebaran memiliki cita rasa yang khas dan berbeda, tergantung dari bahan-bahan yang digunakan dan teknik pembuatannya. Berikut ini adalah beberapa ragam kue Lebaran yang wajib dicicipi di serangkaian panen lebaran.

1. Kue Nastar

Kue Nastar merupakan kue lebaran yang paling populer dan paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Kue ini memiliki bentuk yang bulat dan memiliki isi berupa selai nanas yang manis. Rasanya yang manis dan legit membuat kue nastar cocok untuk dijadikan teman saat berbuka puasa maupun saat kumpul bersama keluarga dan teman-teman.

2. Kue Putri Salju

Kue Putri Salju memiliki tekstur yang lembut dan renyah di mulut. Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, mentega, dan gula halus dengan topping taburan gula bubuk putih di atasnya. Dalam bahasa Inggris kue ini dikenal dengan nama Snow White Cookies. Kue ini juga sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas Indonesia untuk keluarga dan teman-teman yang berada di luar negeri.

3. Kue Lidah Kucing

Kue Lidah Kucing memiliki bentuk yang ramping dan panjang seperti lidah kucing. Kue ini berbahan dasar tepung terigu, telur, dan gula halus yang kemudian dipanggang dengan oven. Kue Lidah Kucing juga sering dihidangkan sebagai sepiringan sajian saat acara kumpul-kumpul bersama keluarga dan teman-teman.

4. Kue Kastengel

Kue Kastengel memiliki aroma yang sangat wangi dan rasa yang gurih. Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, keju kering, garam, mentega, dan telur. Kue Kastengel biasanya berbentuk segi delapan atau segi-enam. Kue ini digemari karena memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dari jenis kue-kue lainnya.

5. Kue Kaastangel Keju dan Coklat

Kue Kaastangel Keju dan Coklat adalah kue Lebaran gabungan antara keju dan coklat yang menyejukkan lidah. Kue ini cukup populer di Indonesia dan dijadikan sebagai pendamping kue kastangel. Kekayaan rasa dari kombinasi coklat dan keju, menjadikan kue ini banyak disukai oleh semua kalangan.

6. Kue Semprit

Kue semprit memiliki tekstur yang lembut dan rasanya yang legit. Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, mentega, gula, dan telur. Kue semprit biasanya berbentuk seperti tongkat atau seperti lubang-lubang kecil. Kue ini cocok disajikan saat bersantai bersama keluarga atau teman-teman.

7. Kue Lapis Legit

Kue Lapis Legit merupakan hidangan kue tradisional yang sangat populer di Indonesia. Kue ini terbuat dari telur, mentega, tepung terigu, susu, gula, dan bermacam-macam bumbu seperti kayu manis, vanili, dan cengkeh. Kue ini membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pembuatannya karena harus memanggangnya terlebih dahulu dalam oven.

8. Kue Onde-onde

Kue onde-onde merupakan kue tradisional khas Tionghoa yang juga banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Kue ini terbuat dari tepung ketan, gula merah, dan wijen. Rasanya manis dan legit, dan teksturnya kenyal. Kue ini biasanya dicampur dengan kelapa parut yang telah dipanggang dan halus.

9. Kue Bolu Ketan Hitam

Kue Bolu Ketan Hitam juga disebut sebagai kue Bolu Karang. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasanya yang manis namun tidak terlalu kuat. Kue ini berbeda dengan kue bolu yang biasanya terbuat dari tepung terigu, kue bolu ketan ini terbuat dari tepung ketan hitam dengan kebanyakan dikukus daripada dipanggang.

10. Kue Lebaran Kering Lainnya

Selain kue-kue yang telah disebutkan di atas, ada juga kue Lebaran kering lainnya seperti kaastangel pandan, nastar keju, kue segitiga, sagon, dan masih banyak lagi. Semua kue Lebaran kering ini memiliki cita rasa yang lezat dan sangat cocok dihidangkan saat serangkaian panen lebaran.

FAQs

Q: Apakah kue Lebaran hanya bisa dinikmati saat Idul Fitri tiba?
A: Tidak, kue Lebaran bisa dinikmati kapan pun di seluruh tahun.

Q: Seberapa lama kue Lebaran bisa bertahan?
A: Kue Lebaran bisa bertahan selama beberapa hari tergantung dari jenis kuenya, biasanya selama 3-7 hari.

Q: Bagaimana cara menyimpan kue Lebaran?
A: Kue Lebaran bisa disimpan di dalam wadah yang tertutup rapat dan ditempatkan di tempat yang sejuk.

Q: Apakah semua jenis makanan pantangan bisa dihindari saat Idul Fitri?
A: Ya, semua jenis makanan pantangan sebaiknya dihindari agar tubuh bisa pulih kembali setelah melakukan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Q: Apa saja jenis isian yang biasanya ada pada kue-kue Lebaran?
A: Beberapa isian yang biasanya ada pada kue-kue Lebaran adalah selai nanas, keju, gula merah, kacang, coklat, dan wijen.

Cek Artikel Ini Sis..

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera Kue kering lucu imut menjadi salah satu …