Monday, May 27, 2024
Home / Rumah Tangga / Kue Lebaran Favorit yang Wajib Dibeli di Pasar Tradisional

Kue Lebaran Favorit yang Wajib Dibeli di Pasar Tradisional

Kue Lebaran Favorit yang Wajib Dibeli di Pasar Tradisional

Di negara Indonesia, Lebaran adalah salah satu perayaan penting yang dirayakan oleh mayoritas masyarakat Indonesia yang beragama Islam. Hari raya ini menjadi tradisi yang telah berlangsung sejak dulu kala, dimana masyarakat Indonesia biasanya merayakan Lebaran dengan berkunjung ke rumah sanak saudara dan kerabat, selain itu juga diwajibkan untuk memberikan kue sebagai salah satu bentuk kebersamaan dalam merayakan Hari Raya.

Kue Lebaran biasanya beragam jenis dan rasa tergantung dari daerah masing-masing, namun terdapat beberapa jenis kue Lebaran yang menjadi favorit wajib untuk dibeli di pasar tradisional, berikut ini adalah beberapa jenis kue Lebaran favorit tersebut.

1. Kastangel

Kastangel adalah salah satu jenis kue Lebaran yang paling familiar bagi masyarakat Indonesia, dengan bentuk dan rasanya yang sangat khas. Kastangel terbuat dari campuran tepung terigu, gula, telur, dan mentega yang kemudian dipanggang dengan bentuk kotak kecil. Kue ini biasanya disajikan dalam kotak kue sebagai oleh-oleh atau sebagai perlengkapan untuk merayakan Hari Raya Lebaran.

2. Putri Salju

Putri Salju adalah jenis kue Lebaran yang namanya sangat unik dan mengundang selera, kue ini berbentuk seperti kue kering yang terletak di atas toples. Kue ini terbuat dari campuran tepung, gula dan mentega yang diaduk hingga lembut. Setelah itu kue ini akan dicetak menjadi bentuk yang kecil, kemudian akan dilapisi dengan taburan gula halus hingga membentuk seperti kulit putih salju yang indah.

3. Kue Semprit

Kue Semprit adalah jenis kue Lebaran yang terkenal di pasar tradisional, kue ini biasanya disajikan dalam kaleng kecil lengkap dengan tutup yang dapat digunakan pada kesempatan berikutnya. Kue Semprit terbuat dari campuran tepung terigu, gula, kuning telur, dan mentega. Setelah itu adonan tersebut dibentuk sedemikian rupa menjadi bentuk yang kecil dan unik, kemudian akan dipanggang hingga matang di dalam oven.

4. Nastar

Nastar adalah jenis kue Lebaran yang sangat favorit di Indonesia, bahkan kue ini dikenal sebagai kue spesial yang hanya disajikan pada saat Lebaran. Kue Nastar terbuat dari campuran tepung terigu, gula, kuning telur, margarine, dan nanas yang sudah dihaluskan. Setelah itu adonan tersebut dibentuk sedemikian rupa menjadi bentuk bola, kemudian dioles dengan kuning telur pada permukaannya sebelum dipanggang hingga matang.

5. Kue Lapis

Kue Lapis adalah salah satu jenis kue Lebaran yang unik, dengan bentuknya yang mirip seperti lapisan kertas berwarna-warni. Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, telur, gula, dan santan yang kemudian dicetak secara bergantian hingga membentuk lapisan kue yang unik. Kue Lapis biasanya disajikan dalam kotak kue atau dalam plastic wrap, dengan rasanya yang manis dan lezat.

FAQs

Q: Apa saja jenis kue Lebaran yang paling populer di Indonesia?

A: Ada banyak jenis kue Lebaran yang populer di Indonesia, namun beberapa jenis yang paling terkenal di antaranya adalah Nastar, Kastangel, Putri Salju, Kue Semprit dan Kue Lapis.

Q: Apakah semua jenis kue Lebaran dapat ditemukan di pasar tradisional?

A: Tidak semua jenis kue Lebaran dapat ditemukan di pasar tradisional, namun sebagian besar jenis kue Lebaran dapat ditemukan di pasar tradisional atau toko-toko kue kering di seluruh Indonesia.

Q: Bagaimana cara memilih kue Lebaran yang baik?

A: Untuk memilih kue Lebaran yang baik, kita harus memperhatikan kualitas bahan-bahan yang digunakan pada kue tersebut, pastikan kue tersebut dijaga dengan baik agar tidak hancur atau lembek, dan periksa masa kadaluarsa kue tersebut sebelum membeli.

Q: Apakah ada kue Lebaran yang hanya dapat ditemukan di daerah tertentu saja?

A: Ya, setiap daerah di Indonesia memiliki kue khas Lebaran yang berbeda-beda, seperti Kue Rangin dan Dodol di Bali, Kue Keranjang dan Kue Bandros di Bandung, dan Kue Apem di Palembang.

Q: Kapan waktu yang baik untuk membeli kue Lebaran di pasar tradisional?

A: Waktu terbaik untuk membeli kue Lebaran di pasar tradisional adalah di awal bulan Ramadhan, karena biasanya toko kue tradisional akan menyediakan aneka jenis kue Lebaran dengan harga yang lebih murah.

Cek Artikel Ini Sis..

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera Kue kering lucu imut menjadi salah satu …