Sunday, March 3, 2024
Home / Rumah Tangga / Rahasia Enaknya Kue Lebaran Bandung yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Rahasia Enaknya Kue Lebaran Bandung yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Rahasia Enaknya Kue Lebaran Bandung yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Kue Lebaran adalah salah satu hal yang sangat dinanti-nanti oleh masyarakat Indonesia, khususnya bagi yang beragama Islam. Tidak terkecuali di kota Bandung, kue Lebaran menjadi salah satu sarana untuk mempererat tali silaturahmi antara saudara dan teman-teman.

Namun, tidak semua kue Lebaran dibuat sama. Setiap daerah memiliki keunikan dan kekhasan dalam membuat kue Lebaran. Di Bandung, terdapat banyak sekali jenis kue Lebaran yang memiliki cita rasa yang enak dan lezat. Apa saja kue Lebaran Bandung yang tidak boleh kamu lewatkan? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Nastar

Nastar merupakan kue yang sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia, terlebih pada saat perayaan Lebaran. Kue ini terbuat dari adonan kue yang dibentuk bulat-bulat kecil dengan isian selai nanas di dalamnya.

Di Bandung, nastar dikembangkan menjadi banyak varian rasa yang lebih menarik untuk dicoba. Selain rasanya yang manis dan renyah, keseruan dalam memakan nastar ini ada di dalam isian nanasnya yang berukuran besar dan legit.

2. Putri Salju

Putri Salju memiliki kekhasan pada tekstur kue ini yang sangat empuk dan renyah saat dimakan. Kue ini terbuat dari tepung terigu, gula halus, vanili, margarine dan diberi bahan pelengkap seperti kacang almond atau kenari yang dihaluskan.

Di Bandung, putri salju memiliki tambahan keju di dalamnya yang berperan menambah cita rasa dan kelezatan kue ini.

3. Kastengel

Kastengel juga menjadi favorit di perayaan Lebaran. Kue ini terbuat dari bahan-bahan seperti tepung terigu, keju, telur, dan margarin dan memiliki bentuk segitiga. Rasa kue ini gurih, padat, dan renyah sehingga enak untuk disantap.

Di Bandung, kastengel dibuat menjadi lebih variatif dengan menambahkan olahan kacang almond dan wijen yang membuat ketagihan untuk dicicipi.

4. Kaastengels mozarella

Sebagai alternatif dari kebanyakan kastengel yang ada, di Bandung terdapat varian kaastengel mozarella dengan bahan dasar seperti biasa, tetapi dengan tambahan keju mozarella di dalamnya. Cita rasa keju mozarella yang kenyal akan menjadi kejutan bagi lidahmu.

5. Dadar Gulung

Dadar gulung adalah kue yang terbuat dari bahan-bahan seperti tepung terigu, santan kelapa, telur dan gula pasir. Kue ini diisi dengan kelapa parut yang dicampur dengan gula jawa yang dimasak hingga mengental.

Di Bandung, dadar gulung dibuat dengan isi kelapa yang lebih banyak dan padat sehingga rasa legit dari dadar gulung sangat terasa.

6. Lapis Legit

Lapis legit adalah kue yang memiliki banyak namun memiliki ciri khas susunan berlapis-lapis warna kuning dan cokelat, membuat tampilannya yang khas. Kue ini terbuat dari tepung terigu, mentega, telur, gula pasir, dan susu kental manis.

Di Bandung, lapis legit dibuat dengan campuran bahan seperti kecuali kuning telur, merica bubuk, kayu manis, dan juga bahan pewarna alami seperti kunyit dan pandan.

7. Kue Keju

Kue keju merupakan salah satu jenis kue yang mudah dijumpai di banyak toko kue. Kue ini terbuat dari bahan-bahan seperti tepung terigu, keju parut, margarin, telur dan gula.

Di Bandung, terdapat keunikan pada rasa keju yang sangat lezat dan oleh-oleh yang pas menambah semarak perayaan Lebaran.

8. Biji Ketapang

Biji ketapang terbuat dari tepung ketan yang dijadikan adonan, kemudian digoreng dengan berbagai varian rasa seperti keju dan cokelat. Rasa renyah biji ketapang sangat pas untuk dijadikan salah satu kue Lebaran.

Di Bandung, biji ketapang juga dijadikan varian dengan rasa abon dan dibuat dengan bahan-bahan berkualitas.

9. Soes Buah

Soes buah adalah kue yang memiliki bentuk bundar dengan isian berbagai buah yang dicincang dan dicampur dengan krim, butter atau whipped cream yang gurih. Di Bandung, soes buah dengan varian isian alpokat juga dijual untuk menambah pengalaman menikmati kue Lebaran yang lebih beragam.

FAQs

Apa saja kue Lebaran yang khas di Bandung?

Kue Lebaran khas Bandung antara lain nastar, putri salju, kastengel, kaastengel mozarella, dadar gulung, lapis legit, kue keju, biji ketapang, dan soes buah.

Apakah kue-kue Lebaran Bandung dikemas khusus untuk dijadikan oleh-oleh?

Ya, kue-kue Lebaran Bandung dikemas dengan kemasan yang khusus untuk dijadikan oleh-oleh seperti kotak bingkisan atau kemasan plastik yang berkualitas.

Apakah kue-kue Lebaran Bandung dapat dipesan secara online?

Ya, banyak toko kue Lebaran Bandung yang menyediakan layanan pembelian secara online dengan pilihan pengiriman dan metode pembayaran yang mudah.

Bagaimana cara memilih toko kue Lebaran yang baik dan berkualitas di Bandung?

Anda bisa mencari toko kue Lebaran yang baik dan berkualitas melalui rekomendasi dari teman atau keluarga, membaca review pada situs online, dan memastikan bahwa kue yang dijual bermutu dan menggunakan bahan-bahan berkualitas.

Cek Artikel Ini Sis..

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera Kue kering lucu imut menjadi salah satu …