Saturday, March 2, 2024
Home / Rumah Tangga / Kelezatan Kue Lebaran Jadul yang Tetap Dikenang

Kelezatan Kue Lebaran Jadul yang Tetap Dikenang

Kelezatan Kue Lebaran Jadul yang Tetap Dikenang

Lebaran, hari raya yang penuh dengan keceriaan dan silaturahmi bersama keluarga. Selain itu, hari raya ini tentunya identik dengan hidangan yang lezat dan membuat lidah bergoyang. Salah satu hidangan yang tidak dapat lepas dari tradisi lebaran adalah kue lebaran. Tidak hanya kue lebaran modern dengan berbagai macam bentuk dan rasa, kue lebaran jadul tetap melekat dalam ingatan kita.

Seiring berjalannya waktu, banyak kue lebaran jadul yang mulai hilang dan tidak lagi ditemukan di pasaran, namun kenangan rasanya tetap melekat. Berikut ini adalah beberapa kue lebaran jadul yang tetap dikenang dan dirindukan oleh banyak orang.

1. Kastengel
Kastengel adalah kue yang rasanya begitu khas dan nikmat. Kue ini terbuat dari bahan-bahan simpel seperti tepung terigu, mentega, gula, telur, dan keju. Kue ini seringkali dibentuk menjadi kotak-kotak kecil dan berwarna kuning pucat.

2. Putri Salju
Putri Salju adalah kue yang ringan dan renyah, dengan taburan gula halus yang menyerupai salju. Kue ini terbuat dari bahan-bahan seperti tepung terigu, mentega, gula, dan telur.

3. Nastar
Nastar adalah kue yang umumnya berbentuk bulat dan diisi dengan selai nanas di bagian dalamnya. Kue ini memiliki tekstur yang renyah dan gurih di bagian luar, serta manis dan lembut di bagian dalam.

4. Semprit
Semprit adalah kue kering yang berbentuk bulat atau bunga, dengan tekstur yang renyah dan garing. Kue ini terbuat dari bahan-bahan seperti tepung terigu, gula halus, mentega, dan telur.

5. Lidah Kucing
Lidah Kucing adalah kue yang seringkali dijadikan sebagai teman saat minum teh. Kue ini berbentuk tipis dan pipih, dengan tekstur yang lembut dan renyah. Kue ini seringkali dipadukan dengan warna-warna khas seperti coklat, rose, dan kuning.

FAQs

1. Apa itu kue lebaran jadul?
Kue lebaran jadul adalah kue-kue tradisional yang telah lama ada dan menjadi bagian dari tradisi lebaran di Indonesia.

2. Apa saja jenis kue lebaran jadul yang masih dijual di pasaran?
Beberapa jenis kue lebaran jadul yang masih dijual di pasaran antara lain Kastengel, Putri Salju, Nastar, Semprit, Lidah Kucing, dan masih banyak lagi.

3. Bagaimana cara membuat kue lebaran jadul?
Cara membuat kue lebaran jadul sangat beragam tergantung dari jenis kue yang ingin dibuat. Namun, umumnya memerlukan bahan-bahan seperti tepung terigu, mentega, gula, telur, atau bahan-bahan tambahan seperti keju, nanas, dan lain sebagainya.

4. Apakah kue lebaran jadul lebih enak dibandingkan dengan kue lebaran modern?
Sudah menjadi hal yang tergantung selera masing-masing. Namun, kue lebaran jadul memiliki cita rasa dan aromanya yang khas dan sulit dipertukarkan dengan hidangan lebaran lainnya.

Cek Artikel Ini Sis..

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera Kue kering lucu imut menjadi salah satu …