Saturday, July 27, 2024
Home / Rumah Tangga / 10 Resep Masakan Mudah Rumahan untuk Pemula

10 Resep Masakan Mudah Rumahan untuk Pemula

Saat ini, banyak orang yang mulai mencari resep masakan mudah rumahan untuk pemula, karena kebanyakan orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah akibat pandemi. Memasak sendiri menjadi solusi yang tepat untuk menghemat pengeluaran sekaligus dapat menambah keragaman menu saat menjalani waktu di rumah.

Berikut adalah 10 resep masakan mudah rumahan untuk pemula yang bisa dicoba:

1. Nasi Goreng

Nasi goreng adalah masakan yang mudah dan cepat dibuat. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah nasi, telur, bawang merah, bawang putih, kecap manis, minyak goreng, dan garam. Anda bisa menambahkan daging atau sayuran sesuai selera.

2. Sate Ayam

Sate ayam juga mudah dibuat dan tidak membutuhkan banyak bahan. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah ayam fillet atau dada fillet, bawang putih, ketumbar, merica, garam, minyak goreng, dan bambu tusuk sate.

3. Sayur Sop

Sayur sop sangat cocok untuk anak-anak yang sulit makan sayuran. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah wortel, jagung manis, kentang, sawi, tomat, lada hitam, garam, dan kaldu ayam.

4. Soto Ayam

Soto ayam ala rumahan ini bisa dibilang mudah dipraktekkan dan disajikan. Yang diperlukan adalah ayam, bawang putih, kemiri, daun salam, kunyit, serai, kaldu ayam, bubuk merica, kapulaga, dan kecap manis.

5. Mie Goreng

Mie goreng adalah salah satu masakan favorit banyak orang. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah mie instan, telur, bawang merah, bawang putih, kecap manis, garam, dan minyak goreng. Anda juga bisa menambahkan daging atau sayuran sesuai selera.

6. Ayam Goreng

Ayam goreng gurih dan renyah ini bisa dijadikan menu spesial di hari libur dan merayakan momen spesial. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah ayam, bawang putih, merica, garam, tepung terigu, dan minyak goreng.

7. Nasi Uduk

Nasi uduk bisa menjadi alternatif untuk nasi putih yang biasa disajikan sehari-hari. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah beras, santan, daun pandan, serai, daun salam, garam, dan minyak goreng.

8. Pepes Ikan

Pepes ikan bisa dijadikan pilihan menu sehat yang cocok untuk kamu yang ingin menjaga kesehatan. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah ikan, daun pisang, bawang putih, bawang merah, cabe merah, garam, daun jeruk purut, dan air asam.

9. Gado-gado

Gado-gado adalah salah satu makanan khas Indonesia yang mudah dibuat dan nikmat dimakan. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah tempe, tahu, bumbu kacang, bayam, kentang, timun, tomat, tauge, dan kerupuk.

10. Bubur Ayam

Bubur ayam mudah dibuat dan bisa dijadikan menu sarapan yang mengenyangkan. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah beras, ayam, bawang putih, merica, garam, kaldu ayam, dan ketupat. Tambahkan juga kerupuk goreng, suwiran ayam, dan daun bawang untuk penambah cita rasa.

FAQs

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak masakan-masakan di atas?

Waktu yang dibutuhkan untuk memasak masakan di atas berbeda-beda tergantung dari masakan yang ingin dibuat. Ada masakan yang memerlukan waktu lebih cepat dan ada juga yang membutuhkan waktu lebih lama.

2. Apakah saya harus membeli bahan-bahan yang mahal untuk membuat masakan di atas?

Tidak, kebanyakan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat masakan di atas tidak terlalu mahal dan mudah didapat di pasar tradisional atau supermarket.

3. Apakah saya harus mengikuti resep dengan tepat?

Idealnya ya. Agar hasil masakannya sesuai dengan yang diharapkan, Anda perlu mengikuti resep dengan tepat. Namun demikian, tidak masalah jika Anda mengubah sedikit bahan atau cara memasaknya agar mencocokan dengan selera pribadi.

4. Bagaimana cara mengetahui jika makanan yang saya masak sudah matang?

Untuk mengetahui jika makanan yang dimasak sudah matang, coba untuk mengecek tekstur maupun aroma masakan. Sekiranya sudah terasa empuk, mengeluarkan aroma yang harum, dan tidak terdapat bagian yang mentah, berarti masakan sudah matang.

Itulah 10 resep masakan mudah rumahan untuk pemula yang bisa dicoba di rumah. Selamat mencoba!

Cek Artikel Ini Sis..

Lirik Lagu dan Terjemahan You Are The Reason: Mengungkap Makna di Balik Kata-kata

Lirik Lagu dan Terjemahan You Are The Reason: Mengungkap Makna di Balik Kata-kata Ketika mendengarkan …