Sunday, March 3, 2024
Home / Rumah Tangga / 10 Resep Takjil Mudah dan Cepat untuk Buka Puasa

10 Resep Takjil Mudah dan Cepat untuk Buka Puasa

Ramadan telah tiba dan kedekatan hari raya tentu menjadi hal yang terasa sangat dalam di hati kita. Puasa yang dilakukan selama satu bulan penuh tentunya harus disyukuri karena masih diberi kesempatan untuk beribadah di bulan suci ini. Selain ibadah, ada juga tradisi yang sudah menjadi hal yang tak lepas dalam bulan puasa yaitu takjil yang digunakan untuk buka puasa. Untuk kalian yang terkadang masih bingung dalam mencari resep takjil, berikut ada 10 resep takjil mudah dan cepat untuk buka puasa.

1. Es Teler

Siapa yang tidak kenal es teler? Minuman yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Rasanya yang segar menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Langkah-langkah yang perlu kita lakukan adalah menyiapkan kelapa muda yang sudah diparut, agak gula, cincau, stroberi yang sudah diiris, daging nangka yang sudah dipotong kecil-kecil, air santan, dan es batu. Setelah itu, kita bisa mencampurkan semua bahan tersebut dan menikmati kesegarannya.

2. Es Campur

Selain es teler, ada juga es campur yang punya rasa yang tidak kalah enaknya. Kita hanya perlu menyiapkan beberapa bahan seperti kelapa muda, nata de coco, tape ketan hitam, potongan buah naga, jelly, air gula, es batu yang banyak. Campurkan semua bahan tersebut ke dalam mangkuk, tambahkan air gula, kemudian disajikan dengan es batu yang banyak.

3. Es Kelapa Muda

Sudah pasti tertarik dengan minuman satu ini. Selain rasa yang segar, es kelapa muda juga memberikan sensasi tersendiri saat disantap. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah membelah kelapa muda secara merata, lalu memotong daging di dalamnya menjadi bagian-bagian kecil. Kemudian kelapa muda yang sudah dibelah tadi diisi dengan daging kelapa tersebut dan ditambahkan es batu sebagai pelengkap.

4. Kolak Pisang

Selain minuman, ada juga makanan yang bisa kita jadikan sebagai takjil untuk menemani buka puasa yaitu kolak pisang. Kolak pisang ini bisa menjadi alternatif yang pas untuk menggantikan makanan yang biasa kita beli. Kita hanya perlu menyiapkan pisang yang sudah dipotong-potong, santan, gula pasir, air, dan daun pandan. Cara memasaknya pun gampang, kita bisa mencampurkan semua bahan dan memasaknya hingga matang.

5. Bubur Sumsum

Bubur sumsum menjadi salah satu hidangan penutup yang sangat populer saat bulan puasa. Pada intinya, bubur sumsum ini terbuat dari tepung beras yang diberi sedikit gula dan larutan pandan sehingga memiliki aroma yang khas. Setelah itu, bubur sumsum ini bisa disajikan beserta kuah santan yang dicampur dengan garam dan gula.

6. Bubur Ketan Hitam

Sudah pasti kita dihadapkan dengan hidangan yang satu ini. Selain rasanya yang enak, bubur ketan hitam juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Untuk membuatnya, kita hanya perlu menyiapkan beras ketan hitam, santan kental, dan garam secukupnya. Cara memasaknya cukup gampang, tinggal merebus beras ketan hitam dan santan hingga mendidih, kemudian tambahkan garam sesuai selera.

7. Kolak Biji Salak

Kolak biji salak juga bisa menjadi alternatif makanan yang pas untuk takjil buka puasa. Kita hanya perlu menyiapkan salak yang sudah dikupas, santan kelapa, gula jawa, dan daun pandan sebagai bumbu penyedap. Resep ini sangat gampang, kita cukup merebus biji salak hingga mendidih, tambahkan santan kelapa dan gula jawa kemudian aduk hingga matang.

8. Klepon

Klepon terkadang menjadi pilihan alternatif masyarakat Indonesia dalam mencari hidangan takjil. Kita hanya perlu menyiapkan tepung ketan, kelapa parut, gula merah dan air pandan. Langkah-langkah pengerjaannya cukup mudah, kita tinggal mencampurkan tepung ketan dengan air pandan, lalu membentuk bulatan kecil yang diisi dengan gula merah. Setelah itu, bulatan kecil tadi direbus dan dicampurkan dengan kelapa parut sebagai topping.

9. Es Buah

Es buah menjadi hidangan penutup yang sangat populer di Indonesia. Langkah-langkahnya yang cukup mudah, membuat es buah menjadi favorit dalam mencari takjil. Kita hanya perlu menyiapkan beberapa buah yang sudah dipotong-potong seperti semangka, melon, jeruk, nanas, dan banyak es batu. Kemudian kita bisa mencampurkan semua buah tadi dan menambahkan sirup agar rasanya lebih nikmat.

10. Pudding Mangga

Pudding mangga menjadi alternatif yang pas bagi kita yang tidak terlalu minat dengan hidangan yang manis. Kita hanya perlu menyiapkan susu, agar-agar bubuk, gula, dan mangga. Setelah itu, kita bisa merebus susu dengan mengaduk agar-agar dan gula hingga matang. Kemudian, mangga bisa dipotong kecil-kecil dan dimasukkan ke dalam semua bahan tadi.

Dengan adanya 10 resep takjil mudah dan cepat untuk buka puasa di atas, tentunya akan mempermudah kita dalam mencari inspirasi dalam menyajikan takjil yang enak dan bergizi. Namun, mungkin terdapat pertanyaan-pertanyaan yang kerap muncul seputar takjil. Oleh karena itu, berikut beberapa pertanyaan yang terkadang muncul dan jawabannya.

FAQs:

1. Apa Itu Takjil?

Takjil adalah hidangan yang disajikan saat berbuka puasa. Takjil biasanya terdiri dari makanan dan minuman yang manis dan segar, sehingga bisa memulihkan kekuatan setelah berpuasa seharian.

2. Apa yang Menjadi Pilihan Utama dalam Memilih Takjil?

Biasanya, dalam memilih takjil, orang akan memprioritaskan kandungan nutrisinya yang cukup dan juga rasa yang nikmat.

3. Apa yang Harus Dihindari dalam Memilih Takjil?

Dalam memilih takjil, ada beberapa hal yang harus dihindari terutama dalam memilih makanan dan minuman. Hindari makanan yang berlemak dan juga makanan yang terlalu pedas.

4. Apa Yang Harus Diperhatikan agar Takjil Cepat Selesai Disajikan?

Agar takjil cepat selesai disajikan, kita bisa menyiapkan bahan-bahan dan alat dengan baik sebelum memasak. Selain itu, memasak dengan mendahulukan yang agak sulit biasanya akan lebih mempercepat waktu.

5. Apakah Takjil Harus Diolah Secara Tradisional?

Takjil tidak harus selalu diolah secara tradisional. Dalam memasak takjil, kita bisa menggunakan cara yang mudah dan cepat namun tetap enak dan bergizi.

Demikianlah artikel tentang 10 resep takjil mudah dan cepat untuk buka puasa beserta FAQs yang dapat jadi referensi bagi kita dalam menyajikan takjil yang enak, segar, dan penutup yang cocok bagi sahur atau pun berbuka puasa. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dan selamat mencoba resepnya!

Cek Artikel Ini Sis..

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera Kue kering lucu imut menjadi salah satu …