Sunday, May 26, 2024
Home / Rumah Tangga / 5 Resep Masakan Diet Enak yang Mengenyangkan

5 Resep Masakan Diet Enak yang Mengenyangkan

Diet terkadang terasa sulit dan membosankan tetapi itu tidak perlu selalu terjadi. Ada banyak resep masakan diet enak yang dapat menjaga kebutuhan nutrisi sekaligus berbagai macam variasi untuk menambah kelezatan makananmu. Pandemi Covid-19 membuat banyak orang berjuang untuk menjaga kesehatan mereka dengan kebiasaan makan dan hidup yang lebih sehat. Memasak makanan sehat dan bergizi dengan resep masakan diet yang mengenyangkan adalah cara yang tepat untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Berikut adalah 5 Resep Masakan Diet Enak yang Mengenyangkan yang dapat kamu buat di rumah.

1. Sup Sayur dengan Tahu

Sup sayur dengan tahu adalah makanan yang cocok untuk diet sehat. Selain sayurannya yang mengenyangkan, tahu juga menjadi sumber protein yang baik. Untuk membuat sup sayur ini, kamu membutuhkan bahan-bahan seperti wortel, kol, tahu, bawang bombay, saos tomat, kaldu ayam, dan air. Potong semua sayuran menjadi dadu, lalu rebus dengan kaldu ayam hingga matang secara merata. Sisihkan sayuran dan kaldu ayam, lalu tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan saos tomat dan air, dan masak hingga mendidih. Masukkan kembali sayuran dan tahu, lalu biarkan hingga matang. Sup sayur ini dapat dikonsumsi saat lunch ataupun dinner.

2. Ayam Panggang dengan Sayuran

Ayam panggang dengan sayuran adalah pilihan yang sehat dan enak untuk kamu jadikan menu diet. Untuk membuatnya, kamu membutuhkan ayam fillet, kentang, broccoli, wortel, bawang putih, minyak zaitun, dan garam. Cuci bersih ayam fillet, lalu lumuri dengan bawang putih, minyak zaitun, dan garam. Letakkan diatas panggangan dalam oven selama 25 menit hingga matang. Sementara menunggu ayam panggang, kamu bisa mematangkan kentang, broccoli dan wortel dengan cara dipanggang atau direbus. Setelah matang, letakkan ayam panggang dan sayuran diatas piring saji dan nikmati.

3. Nasi Goreng Sayur

Nasi goreng sayur yang sehat dan nikmat yang bisa menjadi makanan diet mu. Untuk membuat nasi goreng sayur, siapkan bahan-bahan seperti nasi, sayuran (wortel, kol, buncis, jagung), bawang putih, bawang bombay, kecap manis dan minyak goreng. Iris semua sayuran dan bumbu, lalu panaskan minyak di wajan. Masukkan bawang putih, bawang bombay dan irisan sayuran kemudian aduk hingga bumbu merata. Setelah itu tambahkan kecap manis, aduk rata dan masukkan nasi putih. Aduk rata kembali dan biarkan sebentar hingga nasi matang. Sajikan nasi goreng sayur dalam porsi yang cocok untukmu.

4. Salmon Panggang dengan Sayuran Salad

Salmon panggang dengan sayuran salad adalah pilihan sehat yang kaya nutrisi. Untuk membuatnya, kamu membutuhkan ikan salmon, brokoli, wortel, tomat ceri, paprika, terong, minyak zaitun, cuka apel dan madu. Potong salmon menjadi beberapa bagian dan lumuri dengan minyak zaitun, garam, dan merica. Panggang salmon pada suhu 200 derajat celcius selama 10-15 menit. Sementara itu, siapkan salad sayuran dengan memotong sayuran seperti brokoli, wortel, tomat ceri, paprika dan terong. Campurkan cuka apel, madu dan minyak zaitun ke dalam salad, aduk dan sajikan bersama salmon panggang.

5. Telur Dadar dengan Sayur-sayuran

Ini adalah pilihan yang baik untuk makanan pagimu. Telur dadar dengan sayur-sayuran cocok untuk kamu yang ingin mengonsumsi protein. Untuk membuat telur dadar ini kamu membutuhkan telur, wortel, bawang putih, brokoli, minyak zaitun, dan garam. Potong wortel dan brokoli, lalu kukus hingga matang. Tumis bawang putih dengan minyak zaitun hingga harum. Tambahkan sayuran ke wajan dan aduk hingga tercampur rata. Setelah itu, masukkan telur dan aduk campuran tersebut hingga merata. Telur dadar ini bisa dimakan dengan salad sayuran lainnya atau bisa juga dicampurkan dengan nasi.

FAQs

1. Apakah makanan diet selalu tidak enak?

Tidak selalu. Ada banyak resep masakan diet yang enak dan mengenyangkan. Kamu bisa mencobanya dan menemukan makanan diet yang cocok dan enak untukmu.

2. Apakah saya harus menghindari makanan tertentu saat diet?

Tidak selalu. Saat diet kamu tetap boleh makan makanan favoritmu. Namun, pastikan dalam jumlah yang seimbang dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuhmu.

3. Apa penyebab sulitnya menurunkan berat badan?

Penyebab sulitnya menurunkan berat badan bisa disebabkan oleh kebiasaan makan dan kurangnya aktivitas fisik. Penting untuk mengontrol asupan kalori dan melakukan olahraga secara teratur.

4. Apakah makanan kaya protein baik untuk diet?

Iya, makanan kaya protein seperti daging ayam, ikan, dan tahu dapat membantu menjaga kenyang lebih lama dan membakar lemak tubuh.

5. Apakah diet seimbang dan sehat penting?

Penting sekali. Diet seimbang dan sehat dapat menjaga kesehatan tubuh, meningkatkan energi dan mendukung aktivitas sehari-hari. Diet seimbang dan sehat juga dapat meningkatkan kualitas hidupmu.

Cek Artikel Ini Sis..

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera Kue kering lucu imut menjadi salah satu …