Saturday, March 2, 2024
Home / Rumah Tangga / 10 Resep Masakan Sederhana untuk Praktisi Kecil

10 Resep Masakan Sederhana untuk Praktisi Kecil

10 Resep Masakan Sederhana untuk Praktisi Kecil

Siapa bilang masak itu susah dan membutuhkan waktu lama? Bagi seorang praktisi kecil yang memiliki waktu terbatas, tetap dapat membuat masakan lezat dari bahan-bahan sederhana dan mudah didapatkan. Berikut ini adalah 10 resep masakan sederhana yang dapat dibuat dengan mudah oleh praktisi kecil:

1. Nasi Goreng

Siapa yang tidak mengenal nasi goreng? Nasi goreng merupakan salah satu masakan Indonesia yang terkenal di dunia. Nasi goreng dapat dibuat dengan mudah hanya dengan beberapa bahan sederhana seperti nasi, bawang putih, bawang merah, bawang bombay, garam, gula, dan kecap manis. Anda juga dapat menambahkan bahan lain sesuai selera seperti telur, ayam, atau udang.

2. Ayam Goreng Telur Asin

Ayam goreng dan telur asin merupakan paduan yang nikmat dan mudah dibuat. Potong ayam kecil-kecil, lalu tumis bawang putih, bawang merah, dan daun salam. Setelah itu, masukkan ayam dan tambahkan air secukupnya. Masak hingga ayam empuk, kemudian tambahkan telur asin dan daun bawang yang telah diiris.

3. Sayur Asem

Sayur asem adalah masakan yang cukup populer di Indonesia. Sayur asem dibuat dengan menggunakan sayuran seperti kacang panjang, melinjo, dan labu siam yang dikombinasikan dengan bumbu seperti asam, gula, garam, dan cabe merah. Sayur asem dapat dihidangkan dengan nasi hangat dan sambal.

4. Bakwan Jagung

Bakwan jagung merupakan camilan yang nikmat dan mudah dibuat. Campurkan jagung yang telah dipotong dengan tepung terigu, bawang putih, garam, dan kaldu ayam. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bola-bola kecil dan goreng hingga kecokelatan.

5. Sup Ikan

Sup ikan adalah masakan yang lezat dan mudah dihidangkan. Masak irisan ikan bersama bawang putih, bawang merah, dan jahe dalam air. Setelah itu, tambahkan sayuran seperti wortel dan daun bawang. Tambahkan garam, gula, dan merica secukupnya untuk memberikan rasa yang lebih nikmat.

6. Tumis Kangkung

Tumis kangkung merupakan salah satu masakan sayuran yang sederhana dan lezat. Tumis kangkung dengan bawang putih, bawang merah, dan cabai merah sesuai selera. Tambahkan sedikit air dan garam, aduk hingga sayuran matang. Sajikan dengan nasi hangat.

7. Capcay Goreng

Capcay goreng adalah masakan sayuran yang enamnya sangat populer di Indonesia. Potong sayuran seperti wortel, kembang kol, buncis, sawi hijau, dan jamur. Tumis dengan bawang putih, bawang merah, dan saus tiram. Tambahkan sedikit air dan bumbui dengan garam dan merica sesuai selera.

8. Tempe Bacem

Tempe bacem adalah masakan khas Jawa yang terbuat dari tempe yang digoreng dan direbus dengan bumbu seperti kecap manis, gula, garam, dan daun salam. Tempe bacem biasanya dihidangkan bersama nasi putih dan sambal.

9. Soto Ayam

Soto ayam adalah masakan Indonesia yang terkenal dengan kuah kaldu ayamnya yang nikmat. Rebus ayam bersama bawang putih, bawang merah, dan jahe dalam air hingga empuk. Tambahkan sayuran seperti kentang dan wortel, dan bumbui dengan garam dan merica sesuai selera.

10. Martabak Mini

Martabak mini adalah camilan yang populer di Indonesia. Campurkan tepung, ragi, air, gula, dan garam hingga adonan kalis. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bola-bola kecil dan diamkan selama 1 jam. Goreng bola-bola tersebut hingga kecokelatan, dan isi dengan coklat atau keju.

FAQs

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat semua masakan di atas?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat masakan di atas bervariasi tergantung pada jenis masakan yang akan dibuat. Namun, rata-rata waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 30-60 menit.

2. Apa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat masakan di atas?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat masakan di atas cukup sederhana dan mudah didapatkan, seperti bawang putih, bawang merah, sayuran, ikan, dan daging.

3. Apakah masakan di atas cocok untuk dijual di warung makan?

Ya, masakan di atas cocok untuk dijual di warung makan. Masakan tersebut relatif mudah dan cepat dibuat, serta memiliki rasa yang lezat dan nikmat.

4. Apakah masakan di atas dapat disimpan dalam freezer?

Beberapa masakan di atas seperti ayam goreng telur asin, sayur asem, dan sup ikan dapat disimpan dalam freezer. Namun, beberapa masakan yang menggunakan sayuran segar seperti capcay goreng dan tumis kangkung sebaiknya tidak disimpan dalam freezer untuk menjaga kelezatannya.

Cek Artikel Ini Sis..

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera Kue kering lucu imut menjadi salah satu …