Friday, April 19, 2024
Home / Rumah Tangga / Resep Masakan Tumis Simple yang Mudah Dicoba di Rumah

Resep Masakan Tumis Simple yang Mudah Dicoba di Rumah

Resep Masakan Tumis Simple yang Mudah Dicoba di Rumah

Tumis adalah salah satu jenis masakan yang sangat populer di Indonesia dan dapat dengan mudah ditemukan di banyak rumah makan atau warung makan. Tumis juga merupakan masakan yang mudah dan cepat dibuat di rumah, karena membutuhkan bahan-bahan yang mudah dicari dan diolah. Berikut ini ada beberapa resep tumis simple yang mudah dicoba di rumah:

1. Tumis Sayur – Sayuran

Tumis sayur-sayuran adalah pilihan yang sangat sehat untuk dikonsumsi sehari-hari. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah beberapa jenis sayuran seperti wortel, buncis, kol, dan sawi, serta bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, lada hitam, garam, dan kaldu bubuk. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan menumis bawang putih dan bawang merah terlebih dahulu, kemudian masukkan sayuran yang telah dicuci dan dipotong-potong. Tambahkan sedikit air dan bumbu-bumbu, dan tumis selama beberapa menit sampai sayur-sayuran matang dan tercampur dengan rata.

2. Tumis Ayam

Tumis ayam adalah salah satu jenis tumisan yang sangat mudah dibuat dan lezat. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah daging ayam yang telah dipotong-potong menjadi bentuk kecil, bawang bombay, bawang putih, cabai merah, daun bawang, jahe, saus tiram, garam, dan kaldu bubuk. Cara membuatnya cukup sederhana, yaitu dengan menumis bawang bombay dan bawang putih terlebih dahulu, kemudian masukkan ayam dan tumis hingga berwarna kecoklatan. Tambahkan cabai merah, daun bawang, jahe, dan bumbu-bumbu lainnya. Masak hingga semuanya tercampur rata dan ayam menjadi empuk.

3. Tumis Udang

Tumis udang adalah pilihan yang sangat lezat dan mudah dalam memasak. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah udang yang sudah dikupas dan dibuang kepalanya, bawang putih, cabe merah, bawang bombay, saus tiram, kaldu bubuk, dan garam secukupnya. Cara membuatnya cukup dengan menumis bawang putih dan bawang bombay terlebih dahulu, kemudian masukkan cabe merah dan udang. Tambahkan saus tiram dan bumbu-bumbu lainnya, masak hingga udang matang dan semua bumbu tercampur.

4. Tumis Tahu

Tumis tahu merupakan pilihan yang sangat cocok bagi yang vegetarian. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah tahu yang telah dipotong kecil-kecil, wortel, bawang putih, saus tiram, garam, kaldu bubuk, dan bawang bombay. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan menumis bawang putih dan bawang bombay terlebih dahulu, kemudian masukkan tahu dan wortel. Tambahkan saus tiram dan bumbu-bumbu lainnya, masak hingga tahu matang dan semua bumbu tercampur rata.

FAQs

1. Apakah tumis itu sehat?

Tumis merupakan salah satu jenis masakan yang sehat, karena tidak menggunakan bahan-bahan yang digoreng dan tidak memiliki kandungan kalori yang tinggi.

2. Bahan utama untuk tumis apa saja?

Bahan utama untuk tumis dapat berupa sayuran, daging, atau seafood, tergantung dari selera dan preferensi masing-masing orang.

3. Apakah tumis harus menggunakan saus tiram?

Tidak wajib, saus tiram hanyalah bumbu tambahan yang umum digunakan dalam masakan tumis.

4. Berapa lama waktunya untuk membuat tumis?

Waktu memasak tumis tergantung dari jenis tumisan yang dibuat dan juga jumlah porsi. Namun, secara umum tidak akan memakan waktu lebih dari 20-30 menit.

Cek Artikel Ini Sis..

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera

Kue Kering Lucu Imut, Jajanan yang Menggugah Selera Kue kering lucu imut menjadi salah satu …