Friday, June 21, 2024
Home / Rumah Tangga / 5 Resep Masakan Cemilan Simple untuk Dibuat di Rumah

5 Resep Masakan Cemilan Simple untuk Dibuat di Rumah

Cemilan adalah salah satu jenis makanan ringan yang sering disajikan sebagai teman ngobrol atau menonton televisi. Namun, tidak selamanya cemilan harus dibeli di luar, karena kita juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Selain lebih terjamin kebersihannya, membuat cemilan sendiri juga bisa dikreasikan sesuai dengan selera dan budget yang dimiliki. Berikut adalah 5 resep masakan cemilan simple yang dapat dibuat di rumah.

1. Martabak mini keju
Resep ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang menyukai martabak namun tidak bisa menghabiskan satu porsi. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:
– 4 lembar kulit lumpia
– 50 gr keju parut
– 2 butir telur
– 1/4 sdt merica bubuk
– Garam secukupnya
– Minyak untuk menggoreng

Cara membuatnya, kocok dua butir telur, kemudian tambahkan keju parut, merica bubuk, dan garam secukupnya. Aduk rata. Siapkan kulit lumpia, taruh adonan keju di tengah kulit lumpia dan lipat seperti martabak. Goreng dengan minyak panas hingga kecoklatan. Tiriskan dan sajikan.

2. Kentang goreng ala restoran
Siapa yang tidak suka kentang goreng? Cemilan yang satu ini selalu jadi andalan banyak orang. Namun, terkadang kentang goreng yang kita buat di rumah tidak secrispy dan secocok dengan kentang goreng di restoran. Nah, dengan resep ini kamu bisa membuat kentang goreng yang crunchy seperti di restoran. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:
– 2 buah kentang ukuran sedang
– 1 sdt maizena
– 1/2 sdt garam
– 1/4 sdt lada bubuk
– Minyak untuk menggoreng

Cara membuatnya, kupas dan potong kentang sesuai dengan selera. Cuci dan keringkan. Campurkan maizena, garam, dan lada bubuk. Aduk rata. Tambahkan kentang dan gulingkan hingga merata. Panaskan minyak dalam wajan dan goreng kentang dalam minyak yang sudah panas hingga kentang terlihat kering dan crispy. Tiriskan dan sajikan.

3. Kue putu ayu
Kue putu ayu adalah salah satu kue tradisional yang cukup populer di Indonesia. Dengan bahan-bahan yang tidak sulit didapat dan cara membuat yang mudah, kue putu ayu bisa jadi pilihan cemilan yang lezat. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:
– 100 gr tepung terigu
– 100 gr tepung sagu
– 100 gr gula pasir
– 2 butir telur
– 200 ml santan kental
– 1/2 sdt vanili bubuk
– 1/2 sdt baking powder
– Garam secukupnya
– Daun pandan secukupnya
– Tusuk sate untuk mengaduk

Cara membuatnya, campurkan tepung terigu, tepung sagu, baking powder, dan garam secukupnya. Aduk rata. Tambahkan gula pasir dan aduk kembali. Tambahkan telur dan santan, aduk rata hingga tidak ada yang menggumpal. Tambahkan vanili bubuk dan aduk kembali. Potong daun pandan, iris kecil-kecil dan tambahkan ke adonan. Tuang adonan ke dalam cetakan kue atau daun pisang. Kukus selama kurang lebih 15-20 menit. Angkat dan sajikan.

4. Churros renyah
Churros adalah cemilan khas Spanyol yang kini juga sudah populer di Indonesia. Biasanya, churros disajikan dengan gula bubuk atau coklat leleh sebagai sausnya. Kalau mau bikin sendiri di rumah, kamu hanya memerlukan beberapa bahan berikut ini:
– 250 ml air
– 1 sdm gula pasir
– 1/2 sdt garam
– 75 gr mentega
– 150 gr tepung terigu
– 2 butir telur
– Minyak untuk menggoreng
– Gula pasir

Cara membuatnya, rebus air, gula, garam, dan mentega hingga mendidih. Matikan api dan tambahkan tepung terigu sedikit-sedikit sambil diaduk dengan spatula hingga adonan tercampur rata. Tambahkan telur satu per satu sambil terus diaduk se­hingga adonan kalis. Masukkan adonan ke dalam plastic pastry bag yang sudah dilengkapi dengan nozzle bintang. Semprotkan adonan ke dalam minyak panas dengan panjang sesuai selera. Goreng hingga churros mengembang dan kecoklatan. Angkat dan tiriskan, taburi dengan gula pasir.

5. Pisang goreng krispi
Pisang goreng juga menjadi salah satu cemilan favorit banyak orang. Dalam resep ini, kita akan mencoba membuat pisang goreng krispi yang tentunya akan lebih enak dan renyah. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:
– Pisang ambon
– 100 gram tepung terigu
– 2 sendok makan gula pasir
– 1/4 sendok teh garam
– 1 sendok teh baking powder
– 125 ml air es
– Minyak untuk menggoreng

Cara membuatnya, campurkan tepung terigu, gula pasir, garam, dan baking powder. Aduk rata dan pada saat akan digunakan, tuang air es sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga tepung larut. Potong pisang dengan ukuran sesuai selera. Celupkan pisang ke dalam adonan tepung hingga terlapisi rata. Goreng pisang yang sudah ditaburi tepung di dalam minyak yang sudah dipanaskan hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

FAQs:
1. Apakah resep-resep ini cocok untuk pemula yang baru belajar memasak?

Ya, resep-resep tersebut cocok untuk pemula yang baru belajar memasak. Tidak ada bahan yang rumit atau teknik memasak yang sulit untuk dipelajari.

2. Apakah bahan yang digunakan untuk membuat cemilan tersebut mudah didapat?

Ya, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat cemilan tersebut mudah didapat di toko-toko bahan makanan.

3. Apakah resep-resep tersebut bisa dijadikan ide pilihan cemilan saat acara kumpul-kumpul?

Tentu saja bisa. Cemilan yang dihasilkan sangat cocok untuk dijadikan pilihan pada saat acara kumpul-kumpul, teman ngobrol, atau menonton televisi.

4. Bagaimana cara menyimpan cemilan yang sudah jadi?

Sebaiknya cemilan yang sudah jadi segera dimakan atau bisa disimpan di dalam wadah tertutup untuk menjaga kebersihan dan kesegarannya.

5. Apakah resep-resep tersebut cocok untuk vegetarian?

Sebagian besar resep di atas cocok untuk vegetarian, kecuali kue putu ayu yang mengandung telur. Namun, telur bisa digantikan dengan bahan lain yang cocok untuk vegetarian.

Cek Artikel Ini Sis..

Perbandingan Lengkap Smartphone Terbaru 2024: Fitur, Performa, dan Harga

Perbandingan Lengkap Smartphone Terbaru 2024: Fitur, Performa, dan Harga Pendahuluan Tahun 2024 telah tiba, dan …